Tadabbur Alam, Mempertebal Iman dan Mengenal Ciptaan-Nya

mencari-ilmu

Sebagai seorang muslim tentunya harus selalu bersyukur kepada Allah SWT. yang senantiasa selalu memberikan kenikmatan kepada hamba-Nya. Bersyukur tidak hanya dilakukan saat mendapatkan kenikmatan yang hanya tampak saja, seperti rezeki berlimpah (uang) dan lainnya.

Sebenarnya banyak kenikmatan yang diberikan Allah dan mungkin kita belum menyadari atau mensyukurinya. Seperti halnya diberikan kesehatan jasmani dan rohani juga termasuk kenikmatan yang harus disyukuri. Jadi, sebagai seorang muslim harus selalu bersyukur dengan alam yang mencukupi kebutuhan hidup.

Ada banyak cara untuk mensyukuri kenikmatan yang diberikan-Nya, salaj satunya dengan Tadabbur. Tadabbur adalah bentuk bersyukur dengan cara merenungkan, mensyukuri, berpikir, dan menghayati tentang segala bentuk ciptaan Allah terhadap semesta dan fenomena yang terjadi. Alam semesta ini baik di langit maupun di bumi serta isinya yang indah dan luas bentuk dari Kebesaran Allah yang bisa dinikmati oleh mata dengan keindahannya.

Dengan merenungkan atau tadabur terhadap Ciptaan Tuhan tentu bisa menambah keimanan seseorang terhadap-Nya. Allah memulai dengan hari Ahad dan mengakhirinya dengan hari JUmat saat menciptakan bumi dan langit beserta isinya atau dalam kurun waktu 6 hari. sehingga umat muslim menjadikan hari jumat sebagai hari raya karena pada hari itulah Allah SWT. menyelesaikan penciptaan langit dan bumi beserta semua isinya.

Mempertebal Iman dengan Penciptaan Langit dan Bumi

Proses Penciptaan Alam

Sebenarnya antara sains dengan Al-Qur’an saling berkaitan dan sejalan dalam penciptaan alam. Allah menciptakan langit dan bumi membutuhkan waktu seperti yang tadi disebutkan, yaitu 6 hari. Setelah terjadinya ledakan yang dahsyat terjadilah evolusi bintang yang berkembang menjadi matahari dan sistem tata tata surya lainnya.

Saat peristiwa itu terjadi disebut sebagai t=0 yang menjadi pertanda dimulainya perhitungan waktu dan menghasilkan hidrogen. dalam proses evolusi ini menghasilkan helium dan bentuk unsur lainnya karena reaksi nuklir yang dialami hidrogen.

Tuhan Menciptakan Langit dan Bumi sebenarnya di dahului dengan bumi terlebih dahulu, Allah menciptakan bumi dalam dua masa. setelah selesai dua masa barulah menciptakan kelengkapan bumi dalam dua masa juga, dan untuk menyempurnakan pencipyaan-Nya memerlukan empat masa.

Setelah penciptaan bumi selesai barulah Allah menciptakan langit yang dilanjutkan dengan penyempurnaan tujuh langit. Allah juga menghiasi langit dengan begitu indah, yaitu menciptakan bintang, meteor, galaksi, dan lainnya. keindahan yang bisa dinikmati untuk dengan mata ini tentunya sebagai seorang muslim harus memiliki atau melakukan Tadabbur terhadap alam semesta atau Taddabur Alam.

Tanda-tanda Kebesaran Allah

dengan mentadabburi alam tentunya sudah tahu tentang segala sesuatu yang ada di langit dan bumi sebagai bukti kebesaran Allah. Tidak hanya yang kelihatan mata saja yang termasuk keagungan-Nya, hal yang tidak kasat matapun masuk keagungan Allah, seperti neraka dan surga. Banyak keagungan Allah yang sudah dirasakan dan dinikmati karena keindahannya. Banyak yang tercipta dari fenomena alam yang terkadang dianggap aneh, justru dengan fenomena alam bisa menambah keimanan seorang muslim.

Tanda Kebesaran Allah di Bumi yang mungkin belum disadari adalah kapal laut dan banteranya. tidak sedikit yang mungkin tidak pernah berpikir tentang bagaimana kapal tidak tenggelam saat berlayar? Sedangkan benda-benda lainnya tenggelam. Itu semua terjawab dalam firman Allah pada surahAsy-Syura ayat 32 yang artinya berbunyi: “Dan diantara tanda-tanda Kekuasaan-Nyaialah Kapal-kapal ditengah (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung.”

Penciptaan Allah yang tidak luput dari kebesarannya selanjutnya adalah burung yang berterbangan di langit.sebelumnya mungkin hanya melihat burung berkeliaran dengan bebas di langit menggunakan sayapnya tanpa berpikir bagaimana caranya. Hal tersebut juga termasuk keagunganAllah yang terdapat didalam firman-Nya di surat An-Nahl: 79.

Keagungan Allah lainnya diantaranya, adanya pergantian siang dan malam yang terdapat di dalam suratAl-Fussilat: 37,adanya pembatas antarasungan dan air laut yang dijelaskan dalam Ar-Rahman ayat 19-20 yang merupakan Ayat tentang Kebesaran Allah. Dan masih banyaak kebesaran Allah di bumi ini atau semuanya addalah bentuk kebesaran-Nya.

Macam-macam Ciptaan-Nya

ciptaan allah

dengan merenungi segala sesuatu dialam ini atau tadabur alam bisa bisa menambah keimanan dan wawasan terhadap sains. Macam-macam Ciptaan Allah diantaranya: matahari, bintang, udara, daratan, lautan atau lebih tepatnya segala sesuatu yang ada di bumi dan langit semuanya ciptaan-Nya. Ciptaan Allah yang sering disadari adalah yang banyak dikunjungi untuk memanjakan mata, seperti tempat wisata mulai dari gunung hingga pantai.

Dengan berwisata dan menikmati keindahannya harus mengingat bahwasanya itu semua Alam Semesta Ciptaan Allah yang patut disyukuri dan dinikmati. Jadi, jangan sampai kita hanya pergi liburan saja tanpa bersyukur terhadap kebesaran-Nya. Hal tersebut perlu diperhatikan karena bisa menambah keimanan kita. Sehingga tidak akan sia-sia saja atau sekedar membuang waktu tanpa mendalami manfaat dibaliknya.

Firman yang Menganjurkan Bertadabbur

bertadabbur bisa dikatakan sebagai perintah yang harus dilakukan sebagai bentuk bersyukur kebesaran-Nya. Perintah bertaddabur sendiri sudah ada di dalam Al-Qur’an, diantaranya:

yang pertama TAddabur ayat terdapat di suratAn-Nisa ayat 68 yang inti artinya adalah akan banyak pertentangan di daammnya jika seandainya a-quran bukan firman atau berasadariAah SWT. Surat al-mu’minun ayat 68 adalah firman Allah yang juga menganjur kan seorang muslim untuk bertaddabur.

yang ketiga terdapatb di firman Allah Surat Shad ayat 29 juga menganjur kan untuk bertaddabur dengan memperhatikan ayat-ayat-Nya dan mempeajarinya bagi yang merenungkannya atau berpikir. Dan firmanAllah yang menganjurkan bertaddabur yang terakhir terdapat di dalam surat Muhammad ayat 24 yang berisikan untuk merenungkan ciptaan Allah dan menyadari keanguangan serta kebesaran dari-Nya.

Dengan bertaddabur tentu sebagai seorang muslim bisa mensyukuri dan menikmati Indahnya Ciptaan Allah yang memanjakan mata dan bermanfaat bagi kehidupan. selain itu,sudah dijelaskan dengan bertaddabur bisa meningkatkan keiamanan seorang muslim, mengurangi sifatsombong dengan berada di alam yang luas. dan tidak lupa juga bermanfaat mrnghilangkan pikiran atau energi negative yang mungkin selama ini ada di dalam hati seseorang. Seseorang sangat mudha untuk bertaddabur karena sejatinya kehidupan tidak terlepas dari alam dan lingkungan.

Sedekah atau menginfakkan sebagian harta atau rezeki lebih yang kita punya wajib diberikan kepada orang yang membutuhkan. hal tersebut sudah ada hukumnya dan bagi orang muslim yang mampu dan berkecukupan harus bersedekah/menginfakkan hartanya, seperti ke anak yatim biatu, fakir, miskin, hamba sahaya, dan lainnya. Dengan bersedekah kita bisa merasakan manfaatnya, diantaranya menghapus dosa, harta yang dimiliki menjadi berkah, terdapat pintu surge,dan lainnya.

Kewajiban dalam bersedekah sura tterdapat difirman-Nya yang yang terdapat di surat al-baqoroh ayat 245. Jika ingin mnesedekahkan sebagian hartanya bisa melalui Sahabat Yatim yang amanah dalam menyalurkan dana atau infak kepda yang membutuhkan. Sebagai bentuk kewajiban dan juga bersyukur terhadap rezeki lebih dari cukup yang telah diberikan Allah SWT sehingga kehidupannya cukup.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details