Tanya jawab seputar kehamilan dengan dokter kandungan

Young cheerful couple visiting a doctor

Berikut ini beberapa hasil tanya jawab seputar kehamilan dengan dokter kandungan

1.Saya (23 tahun, hamil 12 minggu) sangat menggemari kopi. Setiap hari saya minum dua gelas kepi. Apakah kopi berpengaruh terhadap kehamilan saya?
Lulu Jafar, Jakarta

dr. Yusfa Rasyid Sp.OG
Kopi yang mengandung kafein bisa menyebabkan sulit tidur, meningkatkan rasa cemas, dan memperberat mual-muntah. Selain itu, yang paling dikhawatirkan, kopi juga membuat ibu hamil malas makan. Efek tersebut tentu saja berpengaruh terhadap ibu hamil yang butuh ketenangan, tidur, makan dan minum yang cukup. Namun Anda tetap bisa minum kopi, hanya saja dikurangi. cukup segelas sehari atau sama dengan 200 cc.

2.Dua bulan lalu saya (26) melahirkan namun hingga kini masih merasakan tidak nyaman di vagina.
Bolehkah menghangatkannya dengan ramuan dan benarkah tidak boleh mencuci vagina dengan sabun khusus?
Trianiti, Jakarta

dr. Winur Widijanti, Sp.OG
Biasanya rasa kurang nyaman pada vagina pascapersalinan, terutama pada persalinan normal, disebabkan oleh proses penyembuhan luka jalan lahir. Selain itu juga akibat dari kelembaban yang berlebih di dalam masa nifas. Untuk mengatasinya, cukup basuh vagina dengan air dalam jumlah cukup setiap setelah buang air kecil dan besar. Boleh menggunakan pencuci vagina khusus apabila sangat tidak nyaman. Namun jika keluhan tidak berkurang, sebaiknya konsultasi pada dokter. Tidak dianjurkan menggunakan ramuan lain yang belum diteliti aman untuk vagina.

3. Saya (hamil 12 minggu) sering merasa lemas, cepat lelah dan kadang-kadang pandangan berkunang-kunang ketika bergerak dari duduk ke berdiri. bagaimana mengatasinya?
Kinanti, Yogyakarta

dr. Frizar lrmansyah, Sp.OG
Mata berkunang-kunang adalah akibat dari tidak lancarnya aliran darah ke otak. Selama hamil, sirkulasi darah terbagi menjadi dua bagian, ke ibu dan ke janin. Ada kemungkinan Anda mengalami hambatan aliran darah akibat kehamilan. Setiap kali hendak beranjak dari duduk, coba lakukan perlahan-lahan agar aliran darah memiliki kesempatan untuk mengalir sesuai dengan posisi tersebut. Sedangkan keluhan cepat lelah saat hamil adalah hal normal, karena kehamilan memang menyerap energi. Saat hamil, tubuh dan organ-organ Anda seperti jantung, paru-paru, ginjal dan persendian, bekerja lebih keras akibat adanya janin di dalam tubuh. Karena itu ibu hamil disarankan untuk mendapatkan istirahat
yang cukup.

Majalah Ayahbunda

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details