Tata Cara puasa sunnah Senin kamis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tidak jauh beda dengan puasa wajib di bulan Ramadhan , dianjurkannya  sahur sebelum  besoknya mengerjakan puasa dan selalu menyegerakan  buka puasa jika waktu berbuka sudah tiba. Puasa senin dan kamis  memiliki keutamaan yang  perlu diketahui yang bisa membuat kita semangat untuk mengerjakannya . keutamaan tersebut adalah

  1.     Kita beramal dimana waktu utama yang ketika catatan amal kita dihadapkan  kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.
  2.     Untuk diri kita sendiri terutama tubuh kita  di saat mengerjakan  puasa sunnah senin kamis  itulah kesempatan tubuh kita memiliki waktu  istirahat dalam sepekan sebanyak 2 kali.

Amalan Puasa Senin Kamis ini sangat dianjurkan   untuk di kerjakan  adapun Dalil dianjurkannya  Amalan Sunnah Puasa Senin Kamis ini  yaitu:

           Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu .Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Berbagai amalan dihadapan (pada Allah) pada hari senin dan kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku berkuasa.”

          Dari ‘Aisyah, beliau mengatakan , “ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis.”

           Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu,  Rasulullah shallallahu ‘alaihi Wa sallam  pernah di Tanya mengenai amalan Puasa di hari Senin  lalu beliau menjawab :

“ Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan , hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.”

Para ulama sepakat dengan Puasa merupakan amalan yang paling utama . puasa bisa membuat  diri kita bisa menahan godaan syahwat di dunia, maka dari itu  seorang laki –laki yang masih bujang yang belum menikah , dianjurkan untuk mengerjakan amalan ibadah puasa untuk menahan menahan syahwat nya. dan puasa juga bisa  membuat kita  terlepas dari siksa di neraka dan akhirat.

Puasa juga ada yang wajib da nada yang sunnah. Puasa wajib sudah pastinya semua orang tau yaitu puasa di bulan suci Ramadhan dan  kalau yang sunnah  ada beberapa jenis puasa sunnah salah satunya puasa  Sunnah Senin Kamis.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!