Tips Islami Agar Anak Rajin Baca Al-Qur’an

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.Tips Islami Agar Anak Rajin Baca Al-Qur’an. Kitab suci alquran bukan hanya untuk sekedar dibaca saja, tetapi yang paling penting itu dalam membaca alquran adalah direnungkan dan juga diamalkan isi di dalamnya. membaca alquran lebih utama (afdhol) dengan merenungkannya(tadabbur.

Iman itu merupakan amalan terbaik dan seluruh ulama memberikan pendapat dengan mengatakan  pentingnya tadabbur dibanding hanya banyak qiro’ah(baca). Membaca tanpa direnungkan (tadabbur), sama saja dengan orang Fjir (ahli Maksiat dan juga orang munafik,sedangkan kalau kita membaca alquran dan sambil kita renungkan(tadabbur) akan menumbuhkan iman pada diri kita. Hadits  Rasulullah shallallahu β€˜alaihi wa salam mengatakan,

β€œ Permisalan orang munafik yang membaca alquran adalah seperti buah rasyhanah. Bau buah tersebut enak, namun rasanya pahit. β€œ (HR. Bukhari dan Muslim).

Agar anak kita rajin membaca al quran berikut ada beberapa tips yang bisa di coba

  1.       Beri contoh kepada anak

Kebiasaan orang tua dahulu menyuruh anaknya agar belajar membaca alquran, dengan menyuruhnya mengaji kepada ustadz atau ustadzah, kalau tidak mengaji akan di marahi dengan membentak dan juga memukul pakai sapu. Padahal kita sebagai orang tua jarang sekali belajar mengaji di rumah.  Jadi jika  ingin anak kita rajin baca alquran , maka kita sebagai orang tua setidaknya memberikan contoh yang baik kepada anak kita. Seperti contoh. Kita selalu merutinkan setiap selesai sholat magrib dan juga sholat subuh , kita jadwalkan membaca alquran secara rutin. Nah saat anak kita melihat , secara otomatis anak kita akan mengikuti apa yang kita kerjakan.

  1.       tadabbur terjemahan alquran

Sebagai orang tua kita bukan hanya menyuruh anak kita agar bisa membaca alquran . tetapi anak kita harus tau apa artinya bacaan alquran tersebut. Oleh karena itu kita sebagai orang tua bisa mengajak anak kita men tadabbur bacaan alquran. Kalau kita belum paham ayat yang akan kita tadabburi, kita bisa tanyakan ke ustad atau ustadzah dahulu, baru kita nanti ajarkan kepada anak kita.

  1.       Menghafal bersama

Dalam menghafal pastinya , kalau menghafalnya sendiri rata –rata akan pasti membosankan, tetapi jika kita saling berlomba menghafal, itu menjadi tantangan bagi diri kita, begitu pula saat kita mengajarkan anak kita untuk menghafal alquran, ajak anak kita menghafal alquran bersama kita, dan jika anak kita berhasil menghafal jangan lupa kita perlu kasih reward atau hadiah agar anak kita semakin antusias untuk menghafal alquran.

  1.       Beri pujian ketika di depan ayahnya.

Selalu memberikan pujian kepada anak kita, agar anak kita semakin semangat dalam membaca alquran, terutama pujian di depan suami kita atau di depan ayahnya anak – anak agar semangatnya semakin membesar dalam membaca dan juga menghafal alquran.

Begitulah Tips islami agar anak rajin baca alquran , semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para ibu-ibu pembaca. Wallahu alam bishawab.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!