Tips Jitu Mengelola Keuangan Untuk Usaha Kecil

6244829a4f714a1a1391de3c_Cara mengelola keuangan usaha

Tips Jitu Mengelola Keuangan Untuk Usaha Kecil, Setiap orang pasti ingin memperoleh penghasilan dari suatu usaha yang dijalankan dan setiap pengusaha pasti ingin dapat meningkatkan setiap bisnis yang dijalankan.

Dalam hal meningkatkan sebuah bisnis, ada berbagai hal yang wajib dan perlu untuk dilakukan, salah satunya adalah mengelola sistem keuangan usaha dengan baik. Mengelola sistem keuangan bisnis tidak hanya perlu dilakukan bagi usaha berskala besar saja, namun usaha kecil dan menengah perlu melakukan hal yang demikian.

Mampu mengelola sistem keuangan dengan baik akan mempermudah setiap orang dalam mempertahankan dan meningkatkan bisnis yang mereka jalankan. Nah bagi anda yang mungkin saat ini sedang mencari bagaimana cara mengelola laporan keuangan untuk usaha kecil, berikut ini kami akan mengulas beberapa cara tersebut.

  1. Pisahkan Uang Pribadi dan Bisnis

Hal pertama yang perlu dan wajib untuk dilakukan oleh seorang pengusaha adalah memilah antara uang pribadi dan uang bisnis. Setiap uang yang diperoleh dari usaha atau bisnis harus dicatat dan dipisahkan dalam satu laporan. 

Hal ini perlu dilakukan karena nantinya akan ada banyak hal yang menghambat dan mengganggu kestabilan saldo usaha. Anda bisa membuat rekening khusus yang digunakan untuk menyimpan uang usaha secara terpisah.

  1. Buat Rincian Penggunaan Uang

Dalam hal mengelola laporan sistem keuangan usaha, anda juga perlu untuk membuat rincian penggunaan uang. Jangan terlena dengan nominal uang kas yang masih tersisa banyak sehingga anda lalai dalam pengelolaannya. Pastikan Anda tetap fokus untuk membuat perencanaan keuangan terkait pengeluaran dan pemasukan agar tak mengganggu kestabilan usaha.

  1. Pencatatan Keuangan

Lakukan sebuah pencatatan secara tertulis pada buku yang telah disiapkan khusus untuk memantau aktivitas transaksi yang telah dilakukan. Hal ini perlu untuk dilakukan karena sebuah kontrol yang baik akan mencegah anda kehilangan uang. Anda harus mencatat pengeluaran maupun pemasukkan secara rinci agar kedepannya anda tidak mengalami kesulitan untuk mengetahui sumber pengeluaran dan pemasukan.

  1. Putar Arus Kas

Keseimbangan antara arus uang dan juga belanja harus dikontrol ketersediaannya. Buatlah rencana sesuai dengan kemampuan Anda menyediakan layanan dengan jumlah uang yang bisa diputar sehingga proses transaksi masih tetap berjalan. Cek kembali utang piutang anda terhadap konsumen maupun penyuplai barang agar anda tidak lupa membayar maupun menagih uang yang belum dibayar.

  1. Siapkan Dana Darurat

Meskipun saat ini kondisi sistem keuangan anda berada di titik yang aman, namun bukan berarti anda dapat dengan santai memutar uang anda. perlu juga bagi anda untuk menyediakan dana darurat, sebab tinggi dan rendahnya minat beli masyarakat tidak akan mudah ditebak. Maka dengan tersedianya dana darurat akan membuat anda tetap bertahan ketika masa krisis melanda.

  1. Pengawasan Keuangan

Buatlah sistem administrasi yang memadai untuk mengelola aktivitas transaksi berjalan lancar. Segala hal terkait tagihan, piutang, ketersediaan barang, informasi dari supplier haruslah menjadi fokus utama agar keberlangsungan usaha Anda terjaga. Sehingga dengan adanya data secara terperinci, akan memudahkan anda dalam mengambil keputusan untuk menambah atau mengurangi ketersediaan produk seiring dengan tinggi peminatnya seorang konsumen.

Hal ini juga akan menjadi pengingat terkait hutang yang mungkin sebelumnya belum terbayar oleh salah satu konsumen anda sehingga anda dapat dengan segera melakukan penagihan hutang. 

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details