Tips Membangun Keluarga Harmonis Menurut Islam

Cara Mendidik Anak Laki Laki

Bismillahirohmanirrohim. Tips Membangun Keluarga  Harmonis Menurut Islam. Dalam membangun sebuah keluarga yang harmonis ,memang sangat mudah tapi tidak dimudah dimana kita sebagai keturunan nabi adam Alaihi Salam. Akan selalu di ganggu oleh iblis yang di beri penangguhan untuk masuk neraka sampai hari kiamat nanti, oleh allah subhanahuwataala.

Ada beberapa tips membangun Keluarga Harmonis Menurut Islam dari situs islam Rumysho.com, sebagai berikut

  1.   Membangun rumah Tangga dengan Agama

Allah Taála Berfirman yang artinya : “Hai Orang-orang yang beriman, pelihara lah dirimu dan keluargaku dari api neraka.” ( QS. At-Tahrim:6 )

Adh-Dhahak dan Maqatik Mengenai ayat diatas, yang artinya

“Menjadikan Kewajiaban seorang muslim untuk mengajrai Keluarganya, termasuk  kerabat, sampai hamba sahaya laki-laki atau perempuan nya, ajarkanlah mereka perkara wajib yang Allah perintahkan dan larangan yang Allah larang .”( HR. Ath-Thabari, dengan sanad shahih dari jalur Said bin Abi Úrubah, dari Qatadah. Lihat Tafsir Al-Qurán Al-Ázhim,7:321)

  1.   Taat lah Isteri Kepada Suami

Di dalam rumah tangga akan akan muncul kebahagian , jika seorang istri selalu taat kepada suami . karena istri  seperti ini yang menyenangkan hati suami.

Pernah di tanyakan Kepada Rasulullah shallallahu álaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang Paling Baik?”Jawab Beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.”( HR. An-Nasai,no. 3231; Ahmad,2:251. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadist ini Hasan shahih.

  1.   Memiliki Banyak Anak

Semakin kita memiliki banyak anak, maka semakin banyak pula yang nantinya mendoakan kita tetapi kita dituntut memiliki anak yang shalih.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ánhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya

 “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputus lah amalannya kecuali tiga perkara ( yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang diambil bermanfaatnya, atau doa anak yang shalih ( HR. Muslim no.1631).

  1.   Memberi Nafkah Yang cukup

Dari Muáwiyah Al Qusyairi radhiyallahu ‘anhu, ia bertanya pada Rasulullah shallallahu  ‘alaihi wa sallam mengenai kewajiban suami pada isteri, lantas Rasulullah shallallahu  ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya

“Engkau memberinya makan sebagaimana engkau makan, engkau memberinya pakaian sebagaimana engkau berpakaian atau engkau usahakan-, dan engkau tidak memukul istrimu di wajahnya, dan engkau tidak menjelek-jelekkannya serta tidak memboikotnya ( HR.Abu Daud, no.2142. Syaikh Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

  1.   Tidak Mudah minta Cerai

Dari Tsauban , ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu  ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,

“ Wanita mana saja yang meminta talak(cerai) tanpa ada alas an yang jelas, maka haram baginya mencium bau surge.” ( HR.Abu Daud,no 2226; Tirmidzi,no. 1187; ibnu Majah, no.2055. Abu Tirmidzi mengatakan bahwa hadist ini Hasan. Al-hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad Hadist ini Shahih ).

Yang Pastinya jika kalian ingin Membangun Keluarga Harmonis Menurut Islam, selalu berjalan diatas sunnah Rasulullah shallallahu  ‘alaihi wa sallam. wallahu álam bishawab

Semoga Bermanfaat

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details