Tips memilih peralatan makan untuk bayi Anda

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tips memilih peralatan makan untuk bayi Anda – Piring atau mangkuk yang baik untuk bayi adalah yang ukurannya tidak terlalu besar, berbentuk bulat dengan sisi melengkung sehingga anak mudah menyendok makanannya. Kalau bisa, pilihlah yang ada pegangan tangannya, ada alasnya yang blsa menempel pada meja kursi makan, atau yang ada lapisan untuk diisi air panas agar makanan tetap hangat. Mangkuk tersebut sebaiknya terbuat dari bahan melamin atau plastik, sehingga tak mudah pecah.

Untuk bayi yang baru pertama kali diberi makanan padat, sebaiknya Anda menggunakan sendok yang tidak terlalu dalam/cekung, dan tidak punya tepi yang keras atau tajam. Untuk bayi usia ,l-6 bulan, pilihlah sendok yang bergagang panjang, dan terbuat dari karet arau plastik yang lunak dan fleksibel, sehingga tidak akan melukai gusinya.

Pada saat anak sudah mulai senang memegang-megang sendok di usia 9-12 bulan, Anda dapat menggunakan sendok yang agak lebar dan pendek dengan gagang pegangan yang agak tebal Sendok seperti rtu lebih mudah dipegang daripada yang pegangannya berbentuk kurva. Apalagi bagi anak yang belum terampil menggerakkan sendok secara berputar.

Anak yang mulai terampil makan dengan sendok membutuhkan sendok standar orang dewasa yang bentuknya Lebih kecil Penggunaan garpu bisa drmulai bila si kecil kelak berusia tiga tahun. Sebaiknya garpu terbuat dari plastik dan berbentuk kecil, serta ujung-ujungnya tumpul.

Penggunaan sendok dan garpu memang memerlukan waktu latihan yang cukup lama. Cangkir yang tepat untuk bayi yang baru belajar minum bentuknya tidak terlalu besar, kokoh dan stabil. Cangkir buiat dengan dua pegangan dan bibir cangkir diberi tutup serupa dot adalah yang paling aman dan mudah digunakan bayi. Untuk anak yang lebih besar bisa digunakan cangkir tanpa pegangan, tetapi tetap dengan penutup menyenrpai dot atau bisa juga dengan sedotan. Cangkir jenis ini gunanya untuk melatih anak agar kelak terampil menggunakan gelas. Anda sebaiknya memilih cangkir yang terbuat dari plastik atau melamin agar tidak mudah pecah.

Selain berbagai peralatan makan di atas, untuk mempermudah pekerjaan saat mempersiapkan makanan bayi, Anda juga membutuhkan berbagai perlengkapan lainnya. Beberapa jenis perlengkapan yang mungkin Anda butuhkan tersebut adaiah sebagai berikut.

Majalah Ayahbunda

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!