(021) 5312 6107

Ketika mengajak anak makan direstoran sebaiknya anda melakukan 7 hal INI

KULINER

Tips bepergian dengan si kecil

Ketika mengajak anak makan direstoran sebaiknya anda melakukan hal ini:

1.Ajak anak berkeliling di restoran yang baru dikunjungi, bila harus menunggu agak lama. Ajak dia melihat setiap sudut, dekorasi dan menu makanan, sehingga ketika pesanan makanan tiba, si kecil sudah puas mengenal lingkungan barunya. Karena bagi anak, rasa aman di tempat baru sangat penting untuk mendukung kegiatan makan.

2. Pilih meja di sudut yang jauh dari lalu lalang pramusaji sebab pemandangan kesibukan itu membuat anak lelah. Pilih posisi yang memudahkan Anda keluar jika anak mendadak rewel, agar tidak mengganggu tamu lain.

3. Minta high chair Berdasarkan tata krama makan, saat makan posisi tubuh yang baik adalah tegak lurus, bukan membungkuk, mengangkat kaki atau duduk merosot. Duduk dengan posisi seperti itu akan mengganggu aktivitas makan. High chair dibutuhkan agar posisi duduk anak tidak terlalu rendah dari meja makan. Bila anak tidak terbiasa makan sambil duduk di high chair,kemungkinan dia akan minta dipangku saat makan. Beri kesempatan untuk duduk di pangkuan Anda untuk memberinya rasa aman. Setelah itu, minta anak duduk di high chair yang ditaruh di antara Anda dan suami.

4.Jauhkan perangkat elektronik dari meja. Jangan beri anak iPad, telepon seiular atau perangkat elektronik lainnya untuk menahannya turun dari kursi. Lebih baik ajak ia ngobrol sesekali. Pandang anak sesekali ketika Anda makan agar ia merasa aman dan tenang. Tanyakan, apakah dia menyukai makanannya.

5. Bawa sendok dan garpu. Tidak semua restoran menyediakan peralatan makan untuk anak. Bawalah peralatan makan anak untuk memudahkannya makan.

6.Tenangkan dan alihkan jika anak mulai ingin berlarian di restoran. Alihkan dengan memberinya mainan favorit, mengajak ngobrol dan membahas sesuatu yang menarik, misalnya soal air mancur di lobi restoran. Jika ia tetap rewel, ajak keluar restoran ditemani salah satu dari Anda. Katakan, “Kalau masih rewel, kita di luar saja”.

7.Take uway atau minta makanan dibungkus saja bila anak tetap tidak kooperatif, misalnya mengamuk atau sangat lasak sehingga perilakunya mengganggu. Hindari bertengkar dan berteriak di restoran. Tegurlah ia dengan intonasi rendah

Majalah Ayahbunda


error: Content is protected !!