(021) 546343778

5 Cara diet yang aman untuk ibu setelah melahirkan

IBU & BUAH HATI
Menu-makanan-sehat-untuk-diet-300x300

Ini dia Cara diet yang aman untuk ibu menyusui setelah melahirkan:

1.MAKAN SEDIKIT TAPI SERING
Ibu baru disarankan untuk makan tiga kali sehari ditambah dengan dua sampai tiga kali camilan sehat per hari. Makan dengan frekuensi sering penting karena jika menyusui, Anda membutuhkan kalori yang cukup untuk memproduksi ASI. Untuk memastikan produksi ASI cukup, Anda juga membutuhkan minum air yang cukup.

Anda butuh ‘bahan bakar’. Ketika Anda melewatkan makan, nilai gula dalam darah Anda bisa turun. Makan sering akan membantu tubuh Anda untuk mengisi energi kembali yang mungkin saja saat itu nilainya sudah cukup rendah.

2. PERHATIKAN APA YANG TUBUH ANDA KATAKAN
Debra Waterhouse, RD, MPH, seorang ahli gizi dari California, AS dan penulis buku “Outsmarting the Femqle Fat Cell-After Pregnanclt” , menyarankan Anda untuk menanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan berikut

Apakah saya lapar? Jika Anda memang lapar, maka makanlah. Namun jika Anda tidak merasa lapar apakah Anda merasa lelah atau bosan? Maka jawabannya bukanlah makan, tapi istirahat, meneiepon teman, jalan jalan ke luar rumah atau bermain dengan bayi Anda.

Bolehkah saya makan? Ketika Anda sangat menginginkan makanan seperti es krim cokelat dan ketika Anda mendapatkannya bisa saja menghabiskannya dalam porsi besar. Anda bisa menyiasatinya dengan memilih makanan sehat yang iain terlebih dulu ketimbang menghabiskan porsi besar es krim cokelat. Cobalah makan yogurt atau kacang dulu, setelah itu makan es
krim dengan porsi yang lebih sedikit.

Apakah saya sudah cukup kenyang? Jika jawabannya ya, saya merasa kenyang, maka berhentilah makan. Kebanyakan orang tidak mengecek apa yang mereka makan. Mereka menghabiskan semua makanan yang ada di piring dan bisa tambah lagi dan iagi. Coba untuk berhenti sejenak setlap gigitan ke 5 atau ke 10. Jika Anda merasa cukup kenyang dan perut terasa penuh maka berhentilah makan.

Cara diet untuk ibu setelah melahirkan

3.HATI-HATI DENGAN UKURAN PORSI MAKAN
Jika Anda memilih untuk membeli makanan, hati-hati dengan porsinya. Para penjual makanan sekarang cenderung menawarkan makanan dengan porsi besar mulai dari salad hingga minuman bersoda. Bijaksanalah ketika Anda memesan makanan. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh, bukan karena merasa dirugikan ketika mendapatkan porsi yang normal.

4.JAUHI DIET KETAT
Mengurangi kebutuhan kalori dengan drastis dengan tujuan menurunkan berat badan dengan cepat merupakan cara yang tidak disarankan oleh para ahli gizi. Cara ini merugikan tubuh karena dapat mengakibatkan penurunan kadar gula dalam darah. Selain itu tubuh masih membutuhkan kalori untuk metabolisme dan beraktivitas. Jika Anda berniat untuk menjalani diet, konsultasikan pada ahli gizi atau dokter gizi, terutama jika Anda menyusui.

5.BUATLAH MENJADI MUDAH
Membutuhkan waktu lama untuk menurunkan berat badan usai melahirkan. Maka, nikmati saja. Mengandung selama 9 bulan dan persalinan meraberi banyak pengalaman baru dalam hidup. Anda memiliki bayi baru, menyusui, dan tubuh Anda juga berusaha kembali ke bentuk semula. Tubuh Anda berusaha menyesuaikan diri. Jadi jangan terlalu menyalahkan diri sendiri jika “Anda tidak kembali langsing, secepat yang Anda inginkan.

Majalah Ayahbunda