(021) 546343778

Siapa Sangka! 5 Jenis Ikan Ini Berbahaya Jika Dimakan

KULINER
ikan berbahaya

Kita semua tahu jika ikan itu sehat dan lezat. Kandungan Omega 3 yang ada di dalamnya juga baik untuk pertumbuhan otak. Namun ada jenis ikan tertentu yang akan berbahaya jika dimakan terlalu sering. Bahkan banyak ahli menyarankan jika jenis ikan itu hanya boleh dimakan sesekali atau tidak sama sekali.

Dilansir TribunTravel.com dari laman brightside.me, berikut 5 ikan yang berbahaya jika dimakan.

  1. Lele

Ikan ini dapat tumbuh dengan ukuran yang cukup besar. Untuk mempercepat pertumbuhannya, banyak petani yang memberi ikan lele hormon. Kandungan inilah yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Jika ingin mengkonsumsinya, ada baiknya pilih yang berasal dari alam bebas.

  1. Makarel

Makarel mengandung merkuri , yang bila tidak dibersihkan dengan baik maka akan terakumulasi dalam tubuh manusian dan menyebabkan berbagai penyakit.

Jika masih ingin mengkonsumsinya kami bisa memilih makarel Atlantik yang tidak berbahaya.

  1. Tuna

Tuna mengandung banyak merkuri, terutama jenis Blackfin dan tuna sirip biru.

  1. Ikan Nila

Tidak banyak asam lemak sehat dalam nila, namun konsentrasi lemak berbahaya di dalamnya hampir setinggi lemak babi. Kelebihan konsumsi ikan ini menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan membuat tubuh lebih sensitif terhadap alergi.

  1. Belut

Belut memiliki banyak lemak, dan dikenal mudah menyerap limbah industri dan pertanian di dalam air. Inilah yang membuatnya berbahaya, karena bisa mengandung merkuri.

 

Guys, jika kamu merasa tak yakin dengan jenis ikan yang kamu beli atau tangkap, ada triknya.

– Ikan segar selalu memiliki sisik mengkilap dan mata yang cerah.

– Ketika membeli ikan yang hidup dari tangki, perhatikan kebersihan airnya. Pilih ikan yang tidak berenang dekat permukaan tapi lebih ke bawah.

– Jika suka memancing dan ingin menjadikan ikan tangkapan sebagai makanan, ada baiknya periksa air sungai dimana kamu memancing. Periksa kandungan merkuri di dalamnya, jika tidak ada, maka kamu bisa bebas memancing

– Ketika membeli salmon, pilih potongan dengan benang putih di dalamnya.

Juga, jangan mengambil ikan yang memiliki titik terang pada kulit.

 

Sumber: tribuntravel.com