Ini dia Permainan yang dapat mengembangkan motorik anak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Anak-anak suka bermain dengan temannya? Coba adakan perlombaan agar permainannya juga dapat dijadikan pelatihan untuk gerak motoriknya..

Nah, jenis perlombaan ini dapat diterapkan untuk anak Anda:

1.Lomba Sendok

Ajaklah anak Anda dan teman-temannya untuk melakukan lomba sendok. Beri masing-masing anak satu sendok bergagang panjang (contoh: sendok untuk menggoreng). Pegang sendok dengan satu tangan. Isi sendok dengan benda berukuran besar dan tidak mudah jatuh misalnya penghapus atau kue-kue.

Selanjutnya minta anak berjalan tiga meter ke depan. Usahakan agar benda tidak jatuh dari sendok. Bila anak sudah mahir dengan benda yang besar di dalam sendok, ganti dengan benda yang lebih kecil seperti bola kecil atau kelereng.

Bila anak sudah kelihatan stabil, minta ia untuk memindahkan sendok ke tangan yang satunya. Anak yang tidak menjatuhkan (atau paling sedikit menjatuhkan) benda dari sendok saat berjalan dialah pemenangnya.

2.Menebak gerak pantomim

Anak-anak umumnya sangat tertarik dengan pantomim. Jadi sangat tepat melakukan kegiatan ini guna melatih kekuatan dan keseimbangan bahu juga pergelangan tangan anak. Untuk melakukannya ajaklah beberapa teman si kecil. Kita akan berlatih sambil bermain game.

Caranya pilih salah satu anak untuk menjadi pemain pantomim (aktor). Kemudian, minta sang aktor melakukan gerakan-gerakan seperti: membuat bangunan tinggi dari balok, memainkan gitar, memanjat tebing tinggi, memalu paku di dinding, menggantungkan gambar di tembok, dan gerakan-gerakan lain yang dapat melatih bahu serta tangan anak. Sementara itu, anak lainnya menebak gerakan apayangsedang dilakukan oleh sang aktor. Semua anak harus mendapat kesempatan bermain pantomim.

Anakku vol.1 6/15

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!