Manfaat menggambar bagi anak usia dini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tahukah Anda ternyata menggambar dapat dijadikan cara untuk melatih gverak motorik pada anak loh.. Bagaimana caranya? Yuk ikuti..

1.Membuat garis vertikal dan horizontal

gambar1Tempelkan kertas ukuran folio di tembok dengan ketinggian yang masih dapat dijangkau anak. Minta anak membuat garis vertikal dan horizontal yang dimulai dari ujung paling atas kertas hingga ujung paling bawah. Pertama, lakukan sambil berdiri, kemudian sambil berlutut. Saat melakukan kegiatan ini anak akan menarik bahunya ke atas agar pensilnya bisa mencapai ujung kertas paling atas. Untuk melatih kekuatan bahu dan pergelangan tangan anak juga dapat menggambar sambil telungkup.

 

 

2.Melukis dengan ranting

gambar2Gantungkan kertas yang cukup lebar di tembok. Pastikan ketinggiannya masih dapat dijangkau anak. Tapi, jangan terlalu rendah agar anak-anak masih dapat menggunakan bahunya untuk mencapai bagian kertas paling atas. Kumpulkan ranting yang ada di halaman (ranting pohon bambu akan lebih baik). Kemudian, masukkan cat air ke dalam wadah besar (Contoh: baskom).

Minta anak untuk memasukkan ranting ke dalam cat air yang sudah disediakan di dalam wadah. Selanjutnya, pukul-pukulkan ranting ke atas kertas yang digantung. Mintalah anak memenuhi semua bagian kertas, sehingga si kecil terpicu untuk menarik tangan dan bahunya lebih tinggi lagi agar pukulan ranting bisa mencapai bagian kertas paling atas.

Anakku vol.1 6/15

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!