Seberapa penting sarapan pagi bagi balita?? INI dia manfaatnya..

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Manfaat sarapan pagi bagi balita – Seperti telah Anda ketahui, kandungan gizi dalam bahan makanan berbeda-beda, baik jumlah maupun komposisinya. Jumlah kalori yang terkandung dalam nasi, misalnya, berbeda dengan kalori yang ada dalam mi rebus. Demikian pula komposisi zat gizinya. Oleh karena itu, agar balita Anda mendapat zat gizi yang lengkap dan seimbang, sebaiknya ia menyukai segala jenis makanan dari ketiga golongan bahan makanan.

Misalnya saja dari golongan zat tenaga. Selain nasi, sebaiknya si kecil juga diperkenalkan pada mi, pasta atau kentang. Demikian juga dari kelompok zat pembangun, hidangkan bermacam variasi seperti telur, ikan, atau tempe. Ditambah vitamin dan mineral yang mempakan zat pengatur, lengkaplah komposisi makanan si kecil. Perlu diupayakan agar anak tidak mudah bosan dan menyukai berbagai makanan yang dihidangkan sehari-hari. yang mengandung itu semua.

Masalah kekurangan gizi cukup banyak dialami oleh anak-anak usia prasekolah dan usia sekolah di negara kita. lni terjadi karena orang tua kurang memperhatikan kegratan makan anaknya. Mereka rata-rata beranggapan bahwa anak-anak seusia ini sudah tahu kapan harus makan. Selain itu, anak usia
inipun sudah mulai banyak melakukan aktivitas di Iuar lingkungan rumah. Tak heran bila ayah dan bundanya yang sibuk bekerja seharian di kantor, kurang ketat memperhatikan dan mengawasi pola makan serta makanan vang dikonsumsi anaknya.

Manfaat sarapan pagi bagi balita

Anak usia prasekolah membutuhkan lebih banyak energi dan zat-zat gizi dibandingkan anak yang lebih muda. Sebab, jenis dan banyaknya aktivitas yang dilakukan anak kini semakin meningkat. Kegiatan di taman bermain yang diikutinya. baik keeratan fisik maupun mental, membutuhkan energi yang lebih banyak. Selain itu, energi dan zat zat gizi tersebut juga dibutuhkan untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh, agar sistem pertahanan tubuhnya semakin kuat dalam menangkal serangan penyakit.

Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi dan energi yang diperlukan si kecil saat ini, umumnya anak perlu lima kali waktu makan yakni makan pagi (sarapan), makan siang, makan malam, dan dua kali makan selingan makan pagi atau sarapan sangat penting bagi si kecil. Sebab, sarapan merupakan sumber energi untuk melakukan berbagai kegiatan. Anda perlu menyempatkan diri untuk menyiapkan makan pagi dengan menu yang terdiri dan makanan yang mengandung gizi lengkap sesuai kebutuhan tubuh sikecil.

Majalah Ayahbunda

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!