Waspadai Lingkungan Anda!! 8 Zat ini dapat membahayakan Kehamilan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

lingkungan bahaya]Beberapa zat di lingkungan, khususnya racun dan radiasi, bisa menghambat dan membahayakan kehamilan.

Penelitian selama ini belum memberikan hasil yang pasti. Bagaimanapun, wanita-wanita yang pernah terekspos zat-zat yang berpotensi sebagai racun tidik berarti akan selalu mengalami masalah.

Namun, sangat penting untuk mengurangi kemungkinan terekspos zat-zat tersebut dimanapun Anda berada, untuk melindungi Anda dan janin. Apabila Anda sedang merencanakan kehamilan, di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu Anda hindari.

SINAR X

Pemeriksaan dengan sinar X berarti mengekspos diri Anda terhadap radiasi, walaupun dalam dosis kecil. Mungkin efeknya tidak berbahaya, tetapi bisa sangat merugikan bagi janin yang sedang berkembang. Katakan kepada dokter dan dokter gigi Anda bahwa Anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Lakukanlah semua pemeriksaan gigi dan medis sebelum Anda mulai merencanakan kehamilan untuk menghindari kemungkinan janin terekspos zat berbahaya.

Apabila Anda menjalani pemeriksaan sinar X sebelum tahu bahwa Anda hamil, bicarakan dengan dokter tentang pengaruh yang bisa ditimbulkan. Dalam kebanyakan kasus, kemungkinan besar hal itu tidak akan menjadi masalah.

SUMBER-SUMBER RADIASI LAIN

Komputer dan televisi kadang dianggap sebagai sumber bahaya karena mengeluarkan radiasi, walaupun dalam jumlah kecil. Namun, radiasi dari barang-barang tersebut tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk menganggu kesuburan atau kehamilan Anda.

Penelitian mengenai pengaruh telepon selular terhadap otak dan sistem saraf manusia masih belum jelas hasilnya, tetapi sebaiknya Anda mengurangi penggunaan telepon selular. Hindari berkomunikasi menggunakan telepon selular terlalu lama dan sebaiknya gunakan handsfree. Jangan berkomunikasi dengan telepon selular menempel di telinga dalam ruangan tertutup, seperti mobil.

KUCING

Kotoran kucing dapat menjadi pembawa parasit toksoplasma. Apabila kotoran kucing mengenai wanita hamil, maka dapat membahayakan perkembangan janin dan bisa menyebabkan berbagai macam ketidaknormalan. Kotoran tersebut menularkan toksoplasma hanya jika kucing terinfeksi toksoplasma untuk pertama kalinya – yang biasanya terjadi selama tahun pertama kehidupannya. Kucing itu kemudian akan membentuk antibodi terhadap infeksi toksoplasma dan mengeluarkan parasit tersebut melalui kotorannya. Setelah itu, kotoran kucing sudah tidak lagi bersifat menularkan parasit toksoplasma. Lindungi diri Anda dari toksoplasma dengan menggunakan sarung tangan ketika berkebun dan mencuci tangan Anda bersih-bersih sesudahnya. Pastikan bahwa imunisasi felanus Anda masih belungsi.

Hindari kontak langsung dengan kucing kapan pun memungkinkan. Gunakan sarung tangan apabila Anda harus nmembersihkan tempat kotoran kucing, dan cuci tempat itu dengan air mendidih selama lima menit setiap hari. parasit toksoplasma mungkin juga bisa terkandung di dalam tanah, jadi selalu gunakan sarung tangan ketika sedang berkebun. Cucilah tangan Anda bersih-bersih setelah menyentuh tanah.

PERALATAN RUMAH TANGGA

Pastikan peralatan-peralatan rumah tangga seperti microwave atau kompor gas masih berfungsi dengan benar dan tidak menyebabkan kebocoran radiasi atau karbon monoksida ke dalam rumah Anda.

PRODUK-PRODUK KIMIA

Pengharum ruangan tertentu, cairan pemoles perabotan, pembersih oven, obat pembasmi rumput liar, dan produk-produk lain mungkin mengandung zat-zal beracun. Selalu baca label dengan cermat, dan carilah produk pembersih peralatan rumah tangga dan produk berkebun yang tidak beracun dan ramah lingkungan.

Berhati-hatilah apabila Anda harus melakukan kontak langsung dengan bahan-bahan kimia di tempat kerja. misalnya, jika Anda seorang penata rambut atau gemar berkebun. Tanyakan pada dokter atau bidan apakah zat-zat tersebut bisa membahayakan kehamilan Anda.

TERNAK

Jangan sentuh ternak yang sedang hamil apabila Anda sedang merencanakan kehamilan atau mungkin sedang hamil. Ternak-ternak tersebut kemungkinan adalah pembawa bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

PENERBANGAN DALAM WAKTU LAMA

Duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama, seperti ketika Anda bepergian dengan pesawat, akan meningkatkan resiko terjadinya DVT (Deep Vein Thrombosis). DVT dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah di tungkai atau pinggul. Gumpalan ini kemudian bisa terlepas dan bergerak ke arah paru-paru yang bisa menyebabkan kematian.

Sekarang diketahui bahwa wanita hamil berisiko mengalami DVT lebih besar. Untuk membantu mencegah DVT bangkitlah dari tempat duduk Anda setiap satu jam dan berjalanlah sejenak. Lakukan juga peregangan pergelangan tangan, kaki, dan leher secara teratur di sela-sela waktu penerbangan. Peregangan ini untuk memperlancar pasokan darah bersih ke seluruh tubuh. Perbanyaklah minum air sebelum, selama, dan setelah penerbangan untuk mencegah dehidrasi yang telah terbukti dapat memperbesar risiko DVT. Jangan minum alhokol selama penerbangan.

KEAMANAN RUMAH

Pastikan rumah Anda adalah tempat yang aman sebelum Ancla mulai merencanakan kehamtlan. lni adalah saat yang tepat untuk menyeesaikan semua pekerjaan yang berisiko bagi wanita hamil seperti mengelupas cat dinding lama yang mengandung timah.

Usahakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan renovasi sebelum Anda mulai merencanakan kehamilan. Bahan-bahan kimia yang terkandung daiam produk-produk dekorasi rumah tertentu seperti pengencer cat, pengelupas cat, dan lem bisa membahayakan kehamilan.

Pilihlah cat dan produk-produk lain yang ramah lingkungan dan aman bagi anak-anak. Banyak wanita mengalami kesulitan untuk membungkuk, bahkan di awal-awal kehamilan sekali pun. Jadi, lebh baik selesaikan semua pekerjaan yang menuntut Anda melakukan semua itu sebelum hamil.

Sebaiknya Anda luga memperbaiki semua kerusakan di rumah yang dapat membahayakan diri Anda selama hamil, seperti karpet yang longgar di anak tangga. Renovasi rumah paling baik diselesaikan sebelum Anda mulai merencanakan kehamilan. Pilihlah produk produk yang ramah lingkungan untuk mengurangi risiko terekspos zat-zat beracun

sumber: meningkatkan kesuburan untuk kehamilan ( seri Ayahbunda)

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!