Akhir Tahun, Menjadi Ajang Muhasabah Diri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Menjelang akhir tahun biasanya banyak orang mempersiapkan berbagai hal untuk dilakukannya di tahun mendatang yang pastinya berbagai hal yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Sudah menjadi rutinitas bagi sebagian banyak orang di akhir tahun untuk Muhasabah Diri.

Muhasabah Diri diri dalam arti adalah intropeksi. Muhasabah merupakan peninjauan atau koreksi perbuatan dan sikap serta kelemahan dan kesalahan yang mungkin pernah dilakukan di masa masa sebelumnya. Dengan kata lain muhasabah diri adalah salah satu cara membersihkan diri dari kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat.

 

Dalil dan Hadist Tentang Muhasabah Diri

Dalam Islam, Muhasabah Diri juga disebutkan pada beberapa Dalil dan Hadis yang salah satunya sebagai berikut.

1. Surah Al Hasyr ayat 18

Dalam surah Al Hasyr ayat 18, Allah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18).

 

2. HR. Ibnu Majah

Kemudian dalam hadist riwayat Ibnu Majah, dengan melakukan muhasabah diri, manusia akan membuka hati dan menyadari segala dosanya. Setelah itu, muslim yang taat akan bertaubat dan tak mengulangi kesalahannya. Sebab taubat adalah bentuk penyesalan seorang muslim. Sebagaimana dalam hadits, Rasulullah bersabda “Menyesal adalah taubat.” (HR. Ibnu Majah)

 

3. Surah At Taubah ayat 126.

“Dan tidakkah mereka (orang-orang munafik) memperhatikan bahwa mereka diuji sekali atau dua kali setiap tahun, kemudian mereka tidak (juga) bertaubat dan tidak (pula) mengambil pelajaran?” (QS At-Taubah: 126).

 

4. Surah Al Haqqah ayat 18.

“Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Rabbmu), tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah).” (QS. Al-Haqqah: 18).

 

5. Umar bin Khattab

Umar bin Khattab pernah mengatakan, “Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab, itu akan memudahkan hisab kalian kelak. Timbanglah amal kalian sebelum ditimbang kelak. Ingatlah keadaan yang genting pada hari kiamat”

 

6. Surat Al Hasyr ayat 18-19

Dari Surat Al Hasyr ayat 18-19, Allah SWT memerintahkan kita untuk bermuhasabah diri:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.”

 

7. HR. Tirmidzi

Dari Syadad bin Aus Ra, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Orang yang pandai ialah orang yang mengevaluasi dirinya serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang lemah ialah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT.” (HR. Tirmidzi).

 

Cara Muhasabah Diri

Lantas bagaimana cara muhasabah diri.? Sebenarnya ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk hal ini namun berikut beberapa cara yang umum dilakukan oleh sebagian banyak orang yang ingin Muhasabah diri di akhir tahun.

  1. Meluruskan niat dan memantapkan Hati
  2. Mengevaluasi soal niat, amalan, dan dosa-dosa
  3. Melaksanakan sholat taubat
  4. Bertanggung jawab atas egala tindakan yang telah diambil.
  5. Melakukan berbagai perbuatan baik
  6. Minta saran dan pendapat kepada orang sekitar akan hal tersebut.
  7. Tenangkan hati dan bulatkan tekad.

Itulah beberapa hal dapat saudara lakukan untuk Muhasabah Diri di akhir tahun dan semoga saja apa yang telah kami jelaskan dapat bermanfaat. Demikianlah pembahasan kali ini dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!