Cara Agar Anak Senang Belajar Membaca Al-Qur’an

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.Cara Agar Anak Senang Belajar Membaca Al-Qur’an, banyak metode cara  yang bisa membuat anak kita senang dalam belajar membaca alquran. Tetapi metode – metode yang kita selalu baca di internet atau dari guru atau ustadz yang sudah pengalaman dalam mengajar mengaji, terkadang kita sebagai orang tua  lupa akan  kunci dasar dalam mengajari anak kita membaca alquran.

Sebenarnya tidak perlu metode cara yang rumit  dalam menagajari anak kita belajar membaca  Al quran.  Kuncinya dari orang tua itu sendiri yang merupakan faktor utama agar anak anak senang dalam membaca Al Quran atau Belajar membaca Al Quran.

Dari dalam kandungan  biasakan orang tua selalu membaca Al Quran atau mendengarkan bacaan alquran melalui media suara MP3 atau MP4. Sampai melahirkan dan juga setelah lahir juga dibiasakan anak kita mendengarkan murotal  Alquran.  Dan ada nya dalil yang menyebutkan Pahala Orang yang mendengarkan alquran diantaranya  Firman Allah :

              β€œ Apabila dibacakan al-Quran , perhatikan lah dan diamlah, maka Kalian Mendapatkan Rahmat β€œ . (QS. Al-A’raf :204).

 Dengan berkembangnya zaman , teknologi semakin maju dan sekarang ini hp atau smartphone sudah  banyak orang orang yang memilikinya.   Dengan memanfaatkan teknologi kita bisa memberikan anak kita video visual melalui smartphone kita. Disarankan smartphone yang diberikan kepada anak kita tidak terkoneksi internet.  Hanya bisa membuka video offline saja yang sudah kita isi dengan video murottal Alquran atau video belajar membaca alquran.

 Kita bisa juga mendownload video murottal yang ada video yang kartun lucu yang membuat anak kita senang menonton sambil mendengarkan murotal alquran. Metode ini saat ini banyak sekali yang menggunakannya. 

Penulis selalu mengingatkan kepada para orang tua agar selalu membaca alquran setiap hari  dirumah. Umumnya orang tua yang sudah melakukan sesuatu yang baik insya allah anaknya akan melakukan seperti apa yang orang tua lakukan.

Jika sehari harinya anak kita selalu melihat orang tuanya setiap hari rutin membaca alquran insya allah anak kita juga akan mengikuti Nya. wallahualam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!