Cara Paling Gampang Membersihkan Kotoran Telinga

Cara Paling Gampang Membersihkan Kotoran Telinga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Cara Paling Gampang Membersihkan Kotoran Telinga – Kotoran telinga dikenal juga dengan nama cerumen dalam istilah asing. Ini adalah pelumas yang bentuknya seperti gel dan terdiri dari sel-sel mati. Sekresi rambut dan lemak biasanya akan terakumulasi di dalam telinga menyebabkan adanya kotoran telinga dan bau.

Meskipun kotoran telinga adalah zat pelindung, ketika terakumulasi dan tidak dibersihkan secara rutin atau terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa masalah seperti terganggunya pendengaran, gatal, sakit telinga dan bahkan dapat menyebabkan seseorang merasa pusing. Pada kasus tertentu, hal tersebut dapat menyebabkan masalah pada telinga terutama dapat memblokir gendang telinga.

Beberapa alasan mengapa kotoran telinga terus terakumulasi atau terus ada bisa disebabkan karena penggunaan alat bantu dengar, karena sering menggunakan penyumbat telinga, sering menggunakan kapas untuk menyeka, atau peniti dan lain-lain.Membersihakan telinga dengan berbagai alat tersebut bisa membuat lapisan lilin atau wax yang ada di telinga jumlahnya semakin banyak.

Selain itu, apakah anda tahu bahwa kotoran telinga yang berlebihan juga dapat menyebabkan penyempitan saluran telinga sehingga muncul infeksi atau penyakit kulit, termasuk juga gangguan tulang dan jaringan ikat?

 Cara Paling Gampang Membersihkan Kotoran Telinga

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Beberapa trauma atau penyumbatan pada gendang telinga bisa diatasi dengan berbagai pengobatan alami yang sederhana dan efektif. Berikut adalah beberapa diantaranya.

 

1.        Minyak parafin

Paraffin oil yang dihangatkan kemudian diteteskan sebanyak 2-3 teteh di dalam telinga, lalu biarkan selama 5 menit kemudian miringkan kepala anda. Ini bisa menjadi solusi tepat membersihkan telinga dengan mudah tanpa efek samping.

 

2.        Hidrogen peroksida

Cara ini efektif namun sedikit berbahaya dan rumit sehingga anda harus berhati-hati. Jangan gunakan Hidrogen Peroksida terlalu banyak dan sesuaikan dengan yang dibutuhkan saja.

Pertama, anda bisa melarutkan hidrogen peroksida dengan air dalam perbandingan yang sama kemudian gunakan untuk menetaskan lubang telinga setelah beberapa detik Anda bisa memiringkan kepala untuk mengeluarkan cairan tersebut.

 

3.        Minyak almond

Minyak almond memiliki banyak manfaat dan merupakan salah satu minyak kuno yang selalu dibutuhkan dalam berbagai kesempatan, termasuk sering juga digunakan untuk menunjang kecantikan seorang wanita.

Manfaat lain dari minyak kuno ini adalah dapat menghilangkan lilin atau wax yang ada di dalam lubang telinga. Caranya, anda bisa meneteskan 1 atau 2 tetes kemudian miringkan kepala anda untuk mengeluarkannya setelah 5 menit.

 

4.        Cuka sari apel

Bahan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan telinga dengan mudah adalah cuka sari apel. Tidak hanya membantu menghilangkan kotoran telinga namun cuka sari apel juga bisa mengembalikan tingkat PH telinga ke kondisi normal.

Cara menggunakannya, ambil satu sendok teh cuka sari apel kemudian tuangkan ke dalam secangkir air hangat lalu teteskan di lubang telinga anda.

 

5.        Minyak mustar

Minyak lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kotoran telinga adalah minyak mustar. Minyak ini dapat membantu melarutkan kotoran telinga dengan mudah. Namun terlebih dahulu anda harus menghangatkannya agar kotoran telinga lebih mudah mencair.

 

6.        Baby oil

Cara lain adalah dengan menggunakan baby oil. Ambil beberapa tetes baby oil lalu masukkan ke dalam kuping dan biarkan selama beberapa saat. Gunakan bola kapas atau cotton buduntuk mengeluarkan minyak dari kuping. Baby oil biasanya membantu melunakkan kotoran yang ada di dalam kuping.

 

7.        Menggunakan garam

Cara sederhana dan mudah lainnya adalah dengan melarutkan setengah sendok garam yang dicampurkan dengan setengah cangkir air hangat, lalu rendamlah bola kapas dan gunakan untuk menetesi telinga anda.Ini adalah salah satu solusi tepat dan murah untuk membersihkan telinga dari berbagai kotoran.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!