Kumpulan Niat Dan Doa Aqiqah Serta Terjemahannya Lengkap

bayii

Di tradisi umat Islam kelahiran seorang anak pasti akan dirayakan dengan mengadakan acara aqiqah. Acara ini rata-rata akan dilaksanakan dengan tujuan yang mulia yaitu untuk mengungkapkan kebahagiaan serta memanjatkan rasa syukur yang tiada tara kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Pelaksanaannya sendiri akan dilakukan dengan proses penyembelihan hewan ternak seperti kambing dan domba yang kemudian nanti akan dibagikan kepada keluarga sanak saudara dan tetangga. Untuk prosesnya sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena ada doa aqiqah yang harus dipanjatkan ketika proses nantinya.

Aqiqah sendiri secara bahasa memiliki arti memotong yang asal katanya dari bahasa Arab Al qat’u. Terdapat pula istilah atau pengertian lain yaitu aqiqah merupakan pemberian nama serta pemotongan rambut bayi yang baru dilahirkan. Sedangkan berdasarkan istilah aqiqah adalah salah satu proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh setelah bayi itu dilahirkan yang merupakan wujud rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Kegiatan ini akan dilakukan di hari ketujuh, hari ke-14 atau bisa hari ke-21 setelah kelahiran dari buah hati. Sebelum menyembelih hewan aqiqah, ada doa menyembelih hewan untuk aqiqah yang harus dibacakan agar diberi keberkahan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Jika yang akan diaqiqahkan adalah anak perempuan maka diwajibkan untuk memotong satu ekor kambing saja. Akan tetapi jika yang di aqiqahkan adalah anak laki-laki maka diwajibkan untuk memotong dua ekor kambing. Hal ini sudah sesuai dengan ajaran Islam mengenai syarat dan ketentuan hewan aqiqah. Baca lah doa menyembelih hewan aqiqah sebelum proses pemotongan kambing atau domba dimulai.  Hukum aqiqah sendiri dalam pandangan Islam adalah salah satu ajaran dari Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang sunnah dan ada pula yang mengatakan wajib.

Pembagian hukum tersebut didasarkan atas dalil-dalil serta tafsir yang telah dilakukan oleh beberapa ulama-ulama. Hukum sunnah aqiqah tergolong dalam sunnah muakkad atau sunnah yang wajib diutamakan. artinya di sini jika anda seorang muslim dapat melaksanakan karena hidup berkecukupan maka dianjurkan untuk tetap melakukan akikah saat anaknya masih bayi. Akan tetapi jika anda tergolong dalam orang yang kurang mampu dalam segi ekonomi untuk melaksanakan akikah ini bisa ditiadakan. Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai doa aqiqah anak yang harus diamalkan ketika proses pemotongan rambut.

Doa aqiqah adalah salah satu doa yang dibacakan ketika sedang melaksanakan akikah itu aqiqah untuk diri kita sendiri ataupun aqiqah untuk anak. Mungkin beberapa diantara kita ada beberapa yang bertanya tentang pengucapan doa untuk akikah nantinya. Apakah pengucapannya harus menggunakan bahasa Arab atau bisa dengan pengucapan doa aqiqah latin? Untuk hal tersebut pada dasarnya tak ada larangan berdoa minta itu menggunakan bahasa latin atau basa selain Arab seperti menggunakan bahasa daerah misalnya itu juga diperbolehkan. akan tetapi hal-hal yang harus diperhatikan yaitu untuk selalu mengedepankan adab adab ketika berdoa pastinya tidak pantas kan jika kita berdoa dengan asal-asalan.

Niat adalah salah satu hal terpenting dalam ibadah seperti yang sudah disebutkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pada hadis riwayat Bukhari. Yang mana Rasulullah bersabda jika segala amal itu tergantung dari niatnya dan kita akan memperoleh sesuatu dari apa yang kita niatkan. Tentu saja tiap niat yang kita panjatkan untuk beribadah haruslah diniatkan karena Allah subhanahu wa ta’ala untuk mengharapkan ridha-nya. Begitu pula dengan niat aqiqah yang harus diniatkan karena Allah subhanahu wa ta’ala agar memperoleh ridho. Karena jika kita berniat selain karena Allah maka itu pasti akan sia-sia.

Kumpulan Doa Aqiqah

Doa penyembelihan hewan untuk aqiqah anak

Untuk penyembelihan hewan yang akan di buat aqiqah sendiri ada  doa yang harus dipanjatkan. Doa tersebut berbunyi Bismillah Allahu Akbar Allaahumma minka wa laka, haadzihi ‘aqiiqotu fulaan . Yang secara garis besar dengan menyebut nama Allah yang maha Besar, Inilah dari Mu Allah dan UntukMu Allah. Ini adalah aqiqah fulan. Nah perlu digaris bawahi penyebutan kata fulaan harus diganti dengan nama anak yang di aqiqahkan. Jadi harus ingat ya, sebelum menyembelih panjatkan doa memotong hewan agar memperoleh keberkahan dari Allah dan arti kata fulan dengan nama anak tersebut.

Doa proses pencukuran rambut bayi

Selain proses penyembelihan, kita harus panjatkan doa memotong rambut bayi. Doa tersebut berbunyi Bismillâhirrahmânirrahîm. Alhamdulillâhirabbil ‘âlamîn. Allâhumma nûrus samâwâti wa nûrusy syamsyi wal qamari, Allâhumma sirruLlâhi nûrun nubuwwati RasuluLlâhi ShallaLlâhu ‘alaihi wasallam walhamduliLlâhi Rabbil ‘âlamin.. Arti secara garis besar doa tersebut yaitu, dengan menyebut nama Allah dan segala puji bagi Allah tuhan semesta alam. Yang pada dasarnya doa tersebut memuji Allah, mengagung-agungkan nama Allah SWT Sang Pemilik Alam, Sang Maha Kuasa. Dengan memanjatkan doa dan memuji nama Allah, Insya Allah acara aqiqah yang diselenggarakan akan mendapatkan ridho Allah SWT.

Doa ketika meniup ubun-ubun bayi usai dicukur

Setelah memanjat kan doa aqiqah potong rambut, berikutnya kita akan meniup ubun-ubun dari bayi yang di akikah. Sebelum meniup ubun-ubun, jangan lupa untuk memanjat kan doa khususnya. Yang berbunyi Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm. Secara garis besar artinya memohon perlindungan kepada Allah SWT bagi dia dan keluarganya dari godaan syetan-syetan yang terkutuk. Dengan panjatan doa ini berharap sang anak kelak dijauhi dengan bisikan dan godaan syetan yang akan menyesatkannya

Doa ketika walimatul aqiqah bayi

Ketika walimatul aqiqah, ada teks doa walimatul aqiqah yang harus dibacakan dan dipanjatkan kepada Allah SWT. Allâhummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamî’is sayyiâti wal ‘ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi ‘inâyatika wa ri’âyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ ‘alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni

Arti dari doa walimatul aqiqah latin adalah “Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

Demikianlah pembahasan mengenai niat menyembelih hewan aqiqah dan doa untuk buah hati tercinta yang harus umat muslim ketahui.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details