Inilah 5 Destinasi Wisata Religi yang Bisa Dikunjungi di Akhir Tahun!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Menjelang akhir tahun merupakan waktu yang cukup banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menikmati waktu dengan pergi liburan. Seperti yang diketahui, liburan adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kinerja dalam bekerja, sebab dengan berlibur, kita dapat menyegarkan kembali pikiran kita. Dengan pikiran yang segar tentu kita akan menjadi nyaman dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

5 Destinasi Wisata Religi yang Bisa Dikunjungi di Akhir Tahun

Bicara mengenai liburan, tentu setiap orang memiliki selera yang berbeda beda. Ada yang menyukai tempat liburan yang menyuguhkan keindahan alam namun ada pula yang menyukai destinasi wisata yang bernuansa religi. Nah bagi saudara yang mungkin lebih cenderung menyukai tempat liburan dengan nuansa religi, berikut kami memiliki beberapa rekomendasi tempat wisata religi yang dapat saudara kunjungi di Jawa Tengah.

 

1. Makam Sunan Kalijaga

Rekomendasi tempat wisata religi pertama yang dapat saudara kunjungi saat liburan akhir tahun adalah Makam Sunan Kalijaga. Makam Sunan Kalijaga terletak di Kadilangu, nama sebuah desa di Kabupaten Demak. Ini adalah lokasi pemakaman Sunan Kalijaga yang merupakan seorang Walisongo. Di sana saudara dapat mengunjungi makam para sultan yang pernah memerintah kerajaan demak seperti misalnya Raden Patah dan Pangeran Sabrang Lor.

 

2. Kompleks Masjid Agung Demak

Tempat wisata religi selanjutnya yang berada di Jawa Tengah adalah Kompleks Masjid Agung Demak. Masjid Agung Demak dibangun sejak pemerintahan raden Patah di Kerajaan Demak.  Masjid Agung Demak telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai cagar budaya dan masih mempertahankan arsitektur aslinya. Memang beberapa bagian masjid pernah direnovasi akibat beberapa bagian telah lapuk oleh usia.

 

 3. Makam Sunan Muria

Tempat wisata selanjutnya yang dapat saudara kunjungi adalah Makam Sunan Muria. Makam Sunan Muria masuk dalam wilayah desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

 

Semasa hidupnya, Sunan Muria memang lebih memilih untuk tinggal di atas gunung sebab dianggap lebih tenang dan jauh dari gangguan. Untuk menjangkau lokasi pemakaman, para pengunjung harus menaiki anak tangga menuju puncak Gunung Muria. 

 

4. Makam Sunan Kudus dan Masjid Al-Aqsha

Makam Sunan Kudus terletak di dataran rendah Kabupaten Kudus. Berbeda dengan makam Sunan Muria. Makam Sunan Kudus terletak di kawasan masjid Al-Aqsha Kudus di Jalan Kauman, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus.

Masjid Al-Aqsha sendiri merupakan masjid peninggalan Sunan Kudus yang unik karena memiliki gapura dan menara yang mirip seperti pada kuil Hindu. Hal itu dilakukan oleh Sunan Kudus agar masyarakat Kudus yang saat itu baru saja mualaf dari agama Hindu tidak merasa asing jika masuk ke dalam masjid.

 

5. Makam Sunan Bonang di Rembang

Tempat wisata religi terakhir yang kami rekomendasikan untuk saudara adalah Makam Sunan Bonang di Rembang yang tepatnya terletak di Jalan Sunan Bonang Kilometer 4, Bonang, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Namun lokasi yang populer yang dianggap sebagai lokasi dari makam Sunan Bonang adalah di Tuban Jawa Timur sehingga hal ini membuat banyak orang yang mempertanyakan lokasi yang sebenarnya. Hingga sampai saat ini masih simpang siur, namun Makam Sunan Bonang dipercaya setidaknya terdapat 4 buah makam yang diduga milik Sunan Bonang yaitu terletak di Tuban, Kediri, Rembang, dan Pulau Bawean.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!