(021) 5312 6107

Kesalahan Umum dalam Merawat Gigi

Uncategorized
Kesalahan Umum dalam Merawat Gigi

Kesalahan Umum dalam Merawat Gigi – Ketika berkaitan dengan masalah kesehatan gigi dan mulut, kita harus memberikan perhatian lebih dan memperlakukannya dengan lebih hati-hati karena ini adalah pintu gerbang tubuh kita, dimana segala sesuatu bisa dengan mudah masuk bersama makanan. Termasuk diantaranya adalah kuman atau bakteri.

Namun, sedikitnya pengetahuan kita mengenai pentingnya merawat gigi, membuat beberapa orang terutama yang tidak pernah mendapatkan pendidikan mengenai kesehatan mulut dan gigi kadang mengabaikan manfaat merawat gigi yang baik dan benar.

Beberapa studi telah menunjukkan dengan jelas bahwa gigi yang rusak atau gigi yang bolong bisa menyebabkan pembusukan lebih cepat. Selain itu, akibatnya dapat menyebabkan gusi menjadi lemah sehingga gigi bisa keropos.

 Kesalahan Umum dalam Merawat Gigi

Kesalahan Umum Merawat Gigi

Agar gigi bisa tumbuh sehat dan kuat, terhindar dari berbagai masalah mereka ada baiknya anda yang mengenal beberapa kesalahan umum dalam merawat gigi. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

 

1.        Menyikat gigi terlalu keras

Banyak orang berpendapat bahwa sikat gigi dengan bulu-bulu yang keras dan menyikat gigi dengan kuat akan membuat gigi lebih bersih. Namun, pernyataan tersebut jelas salah.

Para ahli kesehatan gigi menyarankan kita untuk memilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Karena sikat gigi dengan bulu keras dapat menyebabkan kerusakan gigi dan mengikis gusi. Hal tersebut akan menyebabkan gusi mudah cedera. Selain itu, menyikat gigi yang benar adalah dengan gerakan turun dan naik atau ke atas ke bawah dan lakukan juga dengan gerakan melingkar yang lembut.

 

2.        Menyikat gigi terlalu sebentar

Waktu yang direkomendasikan untuk menyikat gigi durasinya sekitar 2 menit. Namun, biasanya karena kita terburu-buru sehingga kita cenderung menyikat gigi kurang dari 2 menit.

Agar anda tidak segera mengakhiri sesi sikat gigi, sebaiknya anda menutup keran terlebih dahulu agar mental anda sedikit demi sedikit akan berubah untuk menyikat gigi lebih lama. Atau sikatlah gigi lebih awal dan jangan mepet dengan jam berangkat kerja.

 

3.        Jarang makan sayur dan buah

Beberapa buah-buahan sangat baik dan bisa menyebabkan gigi kita menjadi lebih bersih serta sehat. Tidak hanya itu, sayuran juga merupakan pilihan makanan terbaik untuk menyingkirkan plak yang ada pada gigi. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar merupakan abrasive alami yang lembut dan dapat menghilangkan flek.

Setelah anda makan, segera bilas dengan air (kumur) untuk menghilangkan bakteri.

 

4.        Berikan perhatian khusus pada graham

Beberapa sikat gigi kesulitan untuk menjangkau graham sehingga orang tidak memberikan perhatian khusus pada geraham. Padahal, di tempat ini seringkali tersembunyi makanan-makanan yang akhirnya membusuk dan mengundang bakteri jahat.Tidak heran apabila banyak orang yang memiliki masalah dengan gigi geraham dibandingkan dengan gigi lainnya.

 

5.        Menyikat gigi dari tempat yang sama

Kesalahan umum selanjutnya dalam merawat gigi adalah, memulai sikat gigi dari tempat yang sama secara terus-menerus. Padahal, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada gusi, bisa menyebabkan kita bosan dan membuat waktu sikat gigi menjadi lebih cepat.

Jadi, mulai saat ini cobalah menyikat gigi mulai dari tempat-tempat yang lain agar lebih bervariasi dan lebih menyenangkan. Selain itu, sikatlah gigi yang kira-kira paling banyak menyimpan atau sisa makanan.

 

6.        Lakukan setengah jam setelah makan

Menyikat gigi terlalu cepat setelah makan terutama apabila kita mengkonsumsi makanan yang asam atau kecut, hal tersebut bisa sangat berbahaya karena dapat membuat lapisan gigi terkikis. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk menunggu setidaknya setengah jam atau lebih sebelum menyikat gigi.

 

7.        Menyikat gigi secara berlebihan

Kesalahan lain dalam perawatan gigi adalah menyikat gigi secara berlebihan. Selain itu, menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan menyikat gigi kemudian sering menggunakan obat kumur ternyata juga tidak baik untuk kesehatan mulut secara keseluruhan. Justru sebaliknya, kebiasaan tersebut akan merugikan.

 

TEIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT


error: Content is protected !!