Makanan yang Menyehatkan Otak

Makanan yang Menyehatkan Otak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Makanan yang Menyehatkan Otak – Ada banyak makanan yang bisa kita pilih untuk dikonsumsi setiap hari ini. Ada makanan yang enak dan menyehatkan, ada makanan yang enak namun tidak menyehatkan, dan ada juga makanan yang tidak enak namun menyehatkan serta sebaliknya, makanan yang tidak enak dan tidak menyehatkan.

Diet secara khusus merupakan langkah atau keharusan yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan. Jadi, apapun yang anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan anda dalam jangka pendek maupun jangka panjang tidak hanya kesehatan tubuh, otak juga akan sangat terpengaruh, karena berbagai nutrisi yang anda masukkan ke dalam tubuh juga berfungsi untuk menjaga agar otak bisa berfungsi dengan baik serta berbagai organ yang lain tetap sehat, diet seimbang wajib dilakukan.

 Makanan yang Menyehatkan Otak

Makanan untuk Otak

Khusus untuk otak, kita bisa mengkonsumsi makanan tertentu yang banyak mengandung nutrisi dan memang banyak bermanfaat untuk kesehatan otak.Otak yang sehat akan menghindarkan kita dari demensia, berbagai penyakit lain seperti parkinson dan alzheimer atau pikun. Makanan-makanan yang dapat memperkuat otak dan meningkatkan fungsi kognitif serta membuat suasana hati lebih cerah adalah makanan yang kita butuhkan. Selain itu makanan-makanan tersebut juga diharapkan mampu membuat konsentrasi belajar kita lebih baik dan kemampuan mengingat kita lebih kuat.

 

Memilih Makanan untuk Otak

Untuk memilih berbagai jenis makanan yang tepat agar fungsi otak bisa ditingkatkan, ada beberapa makanan super tertentu yang bisa mempromosikan kesehatan otak serta mencegah berbagai gangguan ingatan atau gangguan memori yang berkaitan dengan penyakit demensia dan parkinson.

Diantara makanan makanan wajib yang harus anda konsumsi setiap hari untuk mempromosikan otak yang sehat, cerdas, memiliki ingatan yang kuat dan agar otot bisa bekerja efektif, antara lain:

 

1.        Apel

Bagi sebagian orang,buah yang satu ini memang sedikit mahal dan berkelas, sehingga untuk membelinya banyak orang yang harus berpikir berkali dua kali. Melihat dampak dan manfaat yang diberikan, maka harga mahal dari buah apel bukanlah masalah.Apel banyak mengandung zat yang disebut flavonoid dan berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat. Kandungan tersebut akan melindungi otak terhadap berbagai penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer atau parkinson. Secara khusus,apel juga bisa melindungi sel saraf dari kerusakan dan mengurangi resiko terkena berbagai masalah paru paru dan kanker prostat.

 

2.        Alpukat

Alpukat dikenal dapat meningkatkan kecerdasan otak serta memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat tinggi. Selain itu, mineral yang ada di dalam alpukat akan membantu meregenerasi oksigen di dalam darah. Di sisi lain, antioksidan yang ada di dalam alpukat akan mencegah seseorang dari stres oksidatif dan menghindarkan dari peradangan akibat radikal bebas.

 

3.        Kunyit

Tidak sulit untuk menemukan kunyit di dapur. Kunyit mengandung kurkumin dan berbagai bahan lainnya termasuk antioksidan.Selain itu, ternyata kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu pasien cedera otak untuk mengatasi atau melawan penurunan kognitif.

 

4.        Omega-3

Asam lemak omega-3 sangat banyak ditemukan pada ikan salmon. Namun ikan air dingin ini sangat sulit ditemukan di Indonesia. Selain dari salmon, sebenarnya kita bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari yang lainnya seperti, minyak ikan. Bila kita rutin mengkonsumsi minyak ikan, maka hal tersebut bisa meningkatkan fungsi otak mencegah stroke, menjauhkan alzheimer dan demensia.

 

5.        Teh hijau

Secara khusus teh hijau banyak dimanfaatkan sebagai obat kanker. Namun antioksidan yang ada di dalam teh hijau juga bisa membantu menghilangkan radikal bebas.Seline itu,polyphenols yang terkandung di dalamnya bisa mencegah protein menumpuk di otak sehingga mengurangi risiko demensia dan dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat.Dan, hijau juga berfungsi untuk meningkatkan konektivitas jaringan-jaringan di dalam otak.

 

6.        Tomat

Beberapa orang mungkin tidak menyukai rasa tomat. Namun tomat memiliki aroma yang unik sehingga banyak dimanfaatkan untuk menambah sedap rasa sayuran.

Tomat dapat meningkatkan kekuatan ingatan. Selain itu likopen yang terkandung di dalam tomat adalah antioksidan yang dapat melindungi kerusakan otak akibat radikal bebas sehingga berbagai penyakit seperti alzheimer bisa dicegah.

 

7.        Bayam

Makanan lain yang bisa menyehatkan otak adalah bayam. Bayam tinggi kalium dan dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk kecerdasan otak. Kalium akan membantu menjaga konduktivitas elektronika otak sehingga akan mencegah sel-sel otak dari kerusakan dan mengurangi risiko demensia.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!