Inilah Bagaimana Cara Memperbaiki Postur Tubuh dengan Pilates

pilates

pilates

Pilates adalah cara pembentukan tubuh yang efektif, yang juga bisa mengembangkan kesadaran mental dan teknik pernapasan yang efektif. Beberapa latihan Pilates hampir sama dengan gerakan-gerakan yoga, tetapi latihan-latihan tersebut dilakukan secara berulang untuk menciptakan rangkaian yang ‘mengalir’. Seperti yoga, Pilates merupakan terapi yang sempurna untuk membangun kekuatan di tulang belakang dan sekitarnya.

Pilates bertujuan untuk mengembalikan tubuh pada posisi alamiahnya. Latihan ini akan merangsang Anda untuk mendapatkan kemampuan maksimal, tanpa memberi tekanan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Latihan secara teratur akan membantu memperbaiki postur dan fleksibilitas tubuh, sekaligus membentuk otot-otot tubuh. Latihan ini sangat baik untuk membangun kekuatan ‘inti’ pada area punggung bagian bawah dan perut. Sasaran latihan ini adalah pikiran sekaligus tubuh, dan banyak praktisi meyakini bahwa latihan ini mempunyai efek menenangkan.

Terapi Pilates semula dikembangkan pada Perang Dunia I sebagai cara untuk membantu para prajurit yang terluka mendapatkan kembali mobilitas mereka. Latihan ini direkomendasikan sebagai bentuk rehabilitasi. Para instruktur Pilates mengatakan bahwa hampir semua orang bisa melakukan Pllafes karena latihan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.
Pilates aman dilakukan oleh wanita hamil karena latihan ini meliputi gerakan-gerakan yang sangat terkontrol dan mendorong Anda untuk memaksimalkan kemampuan tubuh.
Para ahli latihan ini mengatakan bahwa Pilates bisa mengurangi sakit punggung, mempermudah proses melahirkan, dan mempercepat pemulihan setelah melahirkan. Namun, Anda harus memastikan bahwa latihan tersebut dilakukan dengan benar. Carilah instruktur terpercaya khusus untuk wanita hamil.
MEMPELAJARI PILATES
Sekarang terdapat banyak buku mengenai Pilates, tapi akan lebih baik apabila Anda mempelajari latihan ini dari instruktur terpercaya dan terlatih. Pilates bisa dipelajari dengan metode pengajaran personal atau dalam kelas kecil.
Beberapa latihan dilakukan di atas alas dan ada juga yang dilakukan dengan perlengkapan khusus. lnstruktur Anda akan mendemonstrasikan latihan-latihan tersebut, dan memandu Anda melakukan setiap rangkaian gerakannya. Anda akan mendapatkan perhatian secara individual dan akan dipandu untuk melakukan adaptasi latihan jika diperlukan. Balok-balok dan alat penyangga akan digunakan untuk membantu Anda.
MEMILIH INSTRUKTUR
Siapa saja bisa menjadi instruktur Pilates, bahkan meskipun mereka hanya menjalani pelatihan selama
beberapa hari saja. Anda harus memastikan bahwa instruktur Anda telah menyelesaikan kelas pelatihan dan telah mempraktekkan kelas Prktes selama beberapa tahun, lnstruktur Pllates harus memiliki asuransi.
Kelas Pilates biasanya berlangsung selama satu jam. Namun, begitu Anda sudah mempelajari teknik-tekniknya, latihan lantai bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Para instruktur Prlates mengatakan bahwa sangat penting bagi Anda untuk berlatih tiga atau empat kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat optimal dari terapi ini.
LATIHAN PIIATES YANG AMAN

  • Jangan memaksa tubuh Anda: kekuatan dan fleksibilitas tubuh Anda akan meningkat seiring dengan latihan.yang dilakukan
  • Apabila Anda merasa tidak nyaman, hentikan latihan dan beristirahatlah.
  • Bangun kekuatan dan fleksibilitas tubuh Anda perlahanlahan, semua itu butuh waktu.
  • Apabila Anda hamil dan baru pertama kali melakukan Pilates, jangan ikuti kelas Pilates hingga trimester pertama berlalu. Bergabunglah dengan kelas Pilates khusus untuk wanita hamil, atau lakukan latihan individual bersama instruktur yang berpengalaman.
  • Latihan-latihan sambil berbaring di lantai aman untuk dilakukan selama 30 minggu pertama kehamilan, tapi tidak setelah itu.
  • Banyak latihan Pilates yang tampak sama dengan peregangan ringan seperti terlihat pada gambar di samping. Apabila dilakukan dengan benar, latihanlatihan tersebut akan dengan cepat membangun kekuatan otot dan membentuk otototot tubuh Anda.

sumber: meningkatkan kesuburan untuk kehamilan (seri Ayahbunda)

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details