Bantu Pembangunan Masjid, Sedekah Jariyah yang Mudah Dilakukan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Sedekah pada dasarnya adalah sesuatu yang seseorang berikan kepada orang lain, dengan maksud supaya bisa membantu dan mempunyai niat karena Allah SWT. Bahkan shodaqoh jariyah pun termasuk ke dalam salah satu amalan baik.

Anda juga bisa melakukan amalan baik melalui banyak hal, dapat dilakukan kepada orang lain, lingkungan sekitar, dan sebagainya. Dalam hal ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan sedekah jariyah, salah satunya adalah dengan membantu pembangunan masjid.

Apa itu Sedekah Jariyah?

Sedekah jariyah terdiri atas 2 kata, yaitu sedekah dan jariyah. Berikut di bawah ini penjelasan selengkapnya:

  • Sedekah 

Allah SWT di dalam Al Quran sudah menyebutkan bahwa sedekah disebutkan dengan istilah lain seperti shodaqoh, shidqah yang berarti sebagai pemberian. Selain itu juga dapat diartikan sebagai qardhul hasan, yaitu pinjaman yang baik.

Sehingga orang yang melakukan sedekah kepada orang lain atau sebagainya, pada hakikatnya adalah orang tersebut sudah meminjamkan harta miliknya kepada Allah. Kemudian Allah SWT pasti akan mengembalikan pinjaman tersebut dengan berlipat ganda.

  • Jariyah

Sementara itu, kata jariyah memiliki arti mengalir. Sehingga bisa dikatakan bahwa pahala yang Allah berikan akan mengalir dan tidak akan terputus.

Anda bisa mengetahui bahwa sedekah jariyah sering disebut sebagai suatu sedekah yang tidak akan pernah terputus dan akan mengalir terus. Allah SWT sangat menganjurkan kepada orang-orang muslim untuk melakukannya, bahkan Anda bisa melakukan sedekah jariyah melalui cara mudah.

Contoh Amal Jariyah yang Mudah Untuk Dilakukan

Seperti yang sudah diketahui, masjid merupakan tempat umat Islam melakukan ibadah kepada Allah. Masjid sendiri juga bisa dikatakan sebagai rumah Allah. Hal itu karena Allah akan senantiasa selalu ada di dalam masjid serta menjaganya. 

Salah satu contoh beramal jariyah yaitu membantu pembangunan masjid. Membantu pembangunan masjid adalah suatu amalan sangat baik dan tentu memiliki nilai pahala besar di sisi Allah SWT. 

Orang yang terlibat dalam pembangunan masjid tersebut, baik secara langsung maupun tidak akan tetap mendapat pahala. Misalnya seperti orang yang mau melakukan wakaf masjid pada tanah miliknya. 

Bahkan pahala akan terus mengalir pada saat masjid sudah selesai dibangun dan digunakan beribadah oleh warga atau masyarakat setempat. Hal itu karena masjid akan memberikan manfaat kepada seluruh orang yang terlibat di dalamnya, terutama orang-orang yang ikut membangunnya.

Adapun bacaan niat sedekah yaitu:

مُ Ψ§Ω„Ψ³ΩŽΩ‘Ω…ΩΩŠΨΉΩ Ψ£ΩŽΩ†Ω’Ψͺَ Ψ₯ΩΩ†ΩŽΩ‘ΩƒΩŽ Ω…ΩΩ†ΩŽΩ‘Ψ§ ΨͺΩŽΩ‚ΩŽΨ¨ΩŽΩ‘Ω„Ω’ Ψ±ΩŽΨ¨ΩŽΩ‘Ω†ΩŽΨ§

(rabbana taqabbal minna innaka β€˜antas sami’ul β€˜alim)

Arti dari doa tersebut adalah memohon kepada Allah untuk menerima amalan yang dilakukan oleh hamba-Nya, karena sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

Bacaan doa di atas menegaskan bahwa segala sesuatu amalan yang telah dikerjakan harus memperoleh ridha dari Allah SWT. Sehingga doa tersebut sangat baik untuk digunakan ketika Anda mengerjakan amal baik supaya diterima Allah SWT, contoh melakukan sedekah pembangunan masjid.

Keutamaan yang Diperoleh Ketika Melakukan Amal Jariyah

Melihat Pembangunan Masjid Baitul Fuqara Yang Pernah Sulit Dibongkar
  1. Menghapus Dosa yang Telah Lalu

Setiap manusia pasti memiliki banyak kesalahan dan dosa, apalagi ada kalanya berbuat maksiat dan khilaf. Meskipun dosa yang dimiliki sangat banyak, jika orang tersebut mau melakukan taubat dan bersungguh-sungguh maka Allah SWT akan mengampuninya.

Hal itu karena sesungguhnya Allah adalah Sang Maha Pengampun. Bahkan terdapat hadis riwayat dari Tirmidzi yang menjelaskan bahwa sedekah bisa menghapus dosa, sebagaimana perumpamaan air memadamkan api.

Anda bisa mengetahui dari hadis tersebut bahwa sedekah diibaratkan seperti air yang dapat memadamkan api. Dosa Anda akan dihapus atas kehendak Allah SWT jika mau melakukan sedekah, meskipun memiliki banyak dosa.

  1. Naungan pada Saat Hari Kiamat

Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Tabrani bahwasannya sedekah benar-benar bisa memadamkan seseorang dari panasnya siksa kubur, karena orang mukmin sesungguhnya di hari kiamat hanya bernaung di bawah naungan sedekah yang dilakukannya.

Maka salah satu keutamaan dari melakukan sedekah, baik sedekah masjid atau yang lainnya membuat orang tersebut dapat bernaung di bawahnya pada saat hari kiamat tiba. Hal itu seperti yang sudah dijelaskan dalam hadis di atas.

  1. Dapat Meringankan Siksa Kubur

Siksa atau azab kubur adalah suatu kepastian yang nyata. Siksaan tersebut tentunya diakibatkan oleh perbuatan ketika hidup di dunia. Meskipun begitu, ada satu keutamaan luar biasa yang akan Anda dapatkan dari bersedekah. Hal ini sesuai dengan hadis:

β€œSedekah akan mampu membuat api siksaan di dalam kubur menjadi pada.” (HR. Tabrani)

Hadis di atas memberikan gambaran bahwa sedekah dapat menjadi bantuan kepada seseorang untuk memadamkan kekejaman dari siksaan di alam kubur, ketika masih hidup sering melakukan sedekah. Bahkan sedekah bisa memadamkan api ketika siksaan kubur sedang berlangsung.

  1. Jaminan Surga

Setiap manusia pasti ingin mendapatkan surga, yaitu masuk ke dalamnya serta hidup kekal abadi di dalamnya dengan segala keberuntungan dan keberkahan di dalamnya. Namun meskipun begitu, ada banyak godaan untuk menuju ke surga-Nya.

Dalam hal masalah sedekah, seseorang yang gemar memberikan dan menyumbang kan 2 hartanya di jalan Allah SWT maka akan dipanggil melalui salah satu pintu surga. Jika seseorang senang mendirikan sholat, ia akan dipanggil oleh pintu sholat.

Jika berasal dari golongan mujahid, maka dipanggil melalui pintu jihad. Begitu juga dengan orang-orang yang gemar melakukan sedekah, hal itu membuatnya dipanggil dari pintu sedekah. Pernyataan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 366 serta hadis riwayat Muslim No, 1027.

Sehingga apabila Anda sangat senang melakukan sedekah, maka akan dipanggil Allah dari pintu sedekah. Melakukan amal jariyah masjid dan amal lainnya memang bisa Anda terapkan untuk memperoleh ridho-Nya

  1. Memperoleh Pahala yang Berlipat

Allah SWT telah berjanji bahwa setiap kebaikan yang dilakukan oleh umatnya akan dibalas oleh-Nya meskipun kebaikan tersebut hanya sebesar biji dzarah. Apabila melakukan kebaikan biasanya akan dibalas 1 kebaikan, hal itu brbeda dengan kebaikan dari bersedekah.

Allah ternyata akan membalas sedekah dengan kebaikan dan pahala yang banyaknya berlipat ganda. Hal tersebut bahkan sudah disampaikan di dalam Al Quran surat Al Hadid ayat ke-18. Dalam ayat itu, Allah telah menjanjikan siapa pun yang memberikan pinjaman baik, makan akan diganti pahala berlipat.

Allah memberikan balasan kepada semua orang tanpa memandang status atau gender, asalkan ketika bersedekah semasa hidupnya dilakukan dengan ikhlas dan mengharap penuh keridhaan dari Allah. Maka akan memperoleh ganjaran yang sebaik-baiknya.

  1. Menghilangkan Keburukan

Seseorang yang melakukan sedekah ke masjid maupun sedekah jariyah lainnya akan memberikan banyak keutamaan selain pahala yang tidak pernah putus. Adapun hal baik lainnya seperti:

  • Membawa seseorang mempunyai umur panjang
  • Mencegah dari kematian buruk serta tidak baik
  • Membantu seseorang untuk bisa menghilangkan sifat buruk yang dimilikinya, seperti sombong, fakir, angkuh, atau bangga terhadap dirinya sendiri

Sedekah jariyah memang tidak hanya bisa dilakukan melalui donasi masjid, tapi juga seperti berdonasi ke tempat yang tepat. Sahabat Yatim merupakan contoh tempat terbaik yang direkomendasikan, karena Anda bisa membantu para anak yatim dan disalurkan dengan tepat.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!