Perawatan menjelang kehamilan

Menu-makanan-sehat-untuk-diet-300x300

Menu-makanan-sehat-untuk-diet-300x300Anda dan pasangan sebaiknya sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi kehamilan beberapa bulan sebelum mulai mencoba mengandung. Tak seorang pun yang bisa menjamin bahwa Anda akan mendapatkan bayi yang sehat. Namun, jika Anda dan pasangan sedang dalam kondisi fit dan sehat pada saat pembuahan, Anda berdua telah memberikan awal terbaik bagi kehamilan.

Pola makan, berat badan, dan stamina mempengaruhi kesuburan dan kehamilan. Menjalani program kebugaran tubuh secara teratur, pola makan sehat, serta mengurangi stres bisa membantu memaksimalkan peluang untuk hamil. Selain itu, tubuh si wanita menjadi lebih kuat dalam menghadapi kehamilan. Beberapa bulan sebelum kehamilan adalah waktu yang baik untuk berhenti merokok, mengurangi atau berhenti minum minuman beralkohol, dan mengikuti pola hidup sehat lainnya.

Sebagian besar wanita tidak membutuhkan suplemen selain asam folat, baik sebelum maupun selama kehamilan. Namun, sangat penting bagi Anda untuk mulai mengonsumsi suplemen asam folat, yang memiliki pengaruh besar untuk mengurangi risiko terjadinya spina bifida (perkembangan akar saraf yang tldak normal) selama dua bulan sebelum mulai mencoba untuk hamil. Dosis yang direkomendasikan adalah 400 mikrogram per hari.

  • PEMERIKSAAN GlGI

Sebelum hamil, lakukanlah pemeriksaan gigi. Usahakan untuk mendapatkan semua perawatan yang perlu dilakukan saat itu juga sehingga Anda tidak perlu melakukan perawatan yang berkaitan dengan sinar X atau obat bius selama hamil. Wanita hamil juga disarankan untuk tidak menambal giginya dengan perak atau melepas tambalan peraknya selama kehamilan, karena kemungkinan perak mengandung sedikit merkuri (senyawa kimia beracun) di dalamnya.

  • PEMERIKSAAN KESEHATAN

Beritahu dokter mengenai rencana kehamilan Anda. Tanyakan suplemen atau perawatan apa saja yang perlu Anda dapatkan karena obat-obatan dengan atau tanpa resep dokter bisa mempengaruhi kesehatan bayi. Dokter juga tentunya bersedia memberikan arahan tentang pola makan, kesehatan, gaya hidup, serta menyarankan agar Anda menambah atau mengurangi berat badan, bila memang diperlukan.

Apabila Anda menderita diabetes, epilepsi, atau kondisi kronis lainnya, maka Anda membutuhkan pengobatan jangka panjang. Dokter mungkin akan merekomendasikan untuk mengubah obat-obatan atau mengurangi dosis yang harus diminum sebelum mengandung. Dokter juga akan bersedia memberikan konsultasi genetik apabila Anda atau pasangan memiliki sejarah ketidaknormalan genetis dalam keluarga. lstirahat cukup dan relaksasi adalah elemen penting clalam perawatan menjelang kehamilan. Anda juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan.

  • PEMERIKSAAN KESEHATAN SEKSUAL

Beberapa infeksi yang ditularkan secara seksual bisa mempengaruhi kesuburan serta kesehatan Anda. Karena tidak selalu menimbulkan gejala-gejala yang tampak atau terasa, Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda sudah terinfeksi. Oleh sebab itu, semua wanita yang ingin mengandung selalu disarankan untuk melakukan tes ,wanita sehat.

  • RUBELA

Sebelum mulai mencoba hamil, sebaiknya Anda melakukan tes untuk memastikan bahwa Anda kebal terhadap rubela (campak Jerman). Rubela disebabkan oleh virus yang mengakibatkan ketidaknormalan pada bayi apabila sang ibu terinfeksi selama hamil. Tetap lakukan tes ini meskipun Anda yakin telah terserang rubela ketika masih kecil. Rubela sering kali didiagnosa dengan tidak tepat, dan masih tidak jelas berapa lama kekebalan dapat beftahan setelah Anda terinfeksi. Apabila Anda tidak kebal terhadap virus ini, Anda bisa divaksinasi dan dites kembali untuk memastikan bahwa vaksinnya telah bekerja. Sebaiknya Anda tidak melanjutkan rencana kehamilan setidaknya satu bulan setelah mendapatkan vaksinasi.

  • MENGURANGI MINUMAN BERALKOHOL

Beberapa dokter menyarankan agar para wanita berhenti minum minuman beralkohol sebelum mencoba hamil dan selama hamil. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa sesekali minum minuman beralkohol tidak membahayakan. Semua ahli sependapat bahwa terlalu banyak minuman beralkohol bisa berakibat negatif terhadap kesuburan dan mempertinggi risiko terhadap janin.

Minum dua gelas anggur seminggu sekali selama kehamilan tidak akan membahayakan. Dua gelas adalah batas maksimal apabila Anda sedang berusaha untuk hamil. Minuman spint mengandung lebih banyak alkohol dibandingkan anggur dan bir, karenanya harus dihindari sebelum dan selama kehamilan. Pria sebaiknya minum bir tidak lebih dari 1.2 liter atau 112 botol anggur setiap harinya apabila ingin memiliki anak.

Pria peminum alkohol berat kemungkinan akan memproduksi sperma yang lemah dan atau rusak, yang tidak akan mampu bertahan selama perjalanannya menuju sel telur. Bayi .yang dikandung pasangannya juga kemungkinan akan mengalami cacat serius.

Alkohol bisa menembus plasenta sehingga janin akan terpengaruh apabila ibunya minum minuman beralkohol selama kehamilan. Alkohol dalam jumlah sedikit dan tidak terlalu sering mungkin tidak membahayakan, tetapi bayi yang dilahirkan oleh wanita peminum alkohol berat mungkin akan mengalami sindrom alkohol. Sindrom ini bisa menyebabkan cacat, seperli terhambatnya pertumbuhan, cacat di bagian wajah, masalah koordinasi dan gerakan, serta cacat mental.

Selain itu, bayi tersebut bisa lahir dalam keadaan sudah kecanduan alkohol, dan mungkin akan menarik diri dari lingkungan serta mengalami kesulitan bertahan hidup. Pasangan yang sudah memiliki seorang anak dengan ketidaknormalan sebaiknya berhenti minum alkohol selama tiga bulan sebelum mulai mencoba untuk hamil kembali. Suami Anda sebaiknya tetap tidak minum alkohol hingga yakin bahwa Anda hamil. Anda sendiri sebaiknya tetap tidak minum alkohol sama sekali selama kehamilan.

  • BERHENTI MEROKOK

Apabila Anda merokok, sebaiknya Anda menghentikannya sebelum mulai mencoba hamil. Selain bisa mempengaruhi kesehatan, merokok bisa mengurangi kesuburan. Apabila Anda merokok selama hamil, kemungkinan keguguran dan kelahiran mati menjadi lebih besar. Anda juga berisiko melahirkan bayi prematur atau bayi dengan berat badan lahir kurang. Pasangan Anda juga sebaiknya berhenti merokok untuk menghindari risiko Anda dan bayi menjadi perokok pasif. Temui dokter apabila Anda membutuhkan bantuan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

sumber: meningkatkan kesuburan untuk kehamilan (seri ayah bunda)

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details