Persiapan Fisik Untuk Ibu Menyusui

Tips-Ibu-Menyusui

Tips-Ibu-MenyusuiSelain mempersiapkan diri secara mental, ibu sebaiknva juga tidak lupa untuk mempersiapkan kondisi fisik. Perlu diketahui, pada manusia, ASI dihasilkan oleh alveoli vang terdapat dalam pavudara.

Jadi, agar kelak proses menyusui berjalan mulus, ibu sebaiknya melakukan perawatan payudara dan putingnya sejak hamil.

Hal ini tidak perlu dilakukan secara khusus. karena Anda dapat melakukannya saat Anda mandi dengan menggunakan handuk Iembut vang dibasahi air hangat. tanpa sabun. Setelah itu, kenakanlah BH yang dapat menyangga payudara dengan baik dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Puting susu biasanya akan menjadi lentur dan menonjol keluar dengan sendirinya seiring pertambahan usia kehamilan. Bila hal ini tidak terjadi pada puting susu Anda, atau bahkan bentuk puting susu Anda masuk ke dalam. Anda sebaiknya tidak terlalu khawatir. Segera setelah si kecil lahir. Anda dapat merangsangnva untuk menjadi lentur dan menonjol keluar. Caranya, peganglah Menyusui, bermanfaat bagi kesehatan fisik bayi dan ibunya. Dengan menyusui, ikatan batin antara ibu dan bayi akan terjalin erat. puting di antara jari telunjuk dan ibu jari, Ialu tariklah secara lembut. Lebih baik lagi bila Anda sebelumnya mengkonsultasikan hal itu dengan seorang konsultan laktasi.

Selain itu, perlu diiiigat bahwa besar kecilnya payudara pada dasamya tidak berpengaruh terhadap produksi ASI. Payudara yang kecil mungkin saja mengandung alveoli lebih banyak daripada payudara yang besar. Dengan kata lain, perbedaan besar kecilnya payudara tidak ditentukan oleh alveoli di dalamnya, melainkan oleh lemak dan jaringan pendukungnya.

Bila ingin memberikan ASI yang baik mutu maupun jumlahnya kepada si kecil, maka ibu harus menjaga agar selalu dalam keadaan status gizi yang baik.Perhatikan jumlah dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Di sinilah diharapkan peran serta para calon ayah. Menu sehari-hari seorang ibu hamil harus diatur sedemikian rupa dengan memprioritaskan kebutuhan zat gizi ibu hamil. Pilihlah jenis makanan yang bergizi baik, tidak perlu yang mahal. Bila selama ini Anda merasa pola makan Anda kurang baik, tidak adakata terlambat untuk mulai menerapkan pola makan yang sehat sejak sekarang.

sumber: Kiat Sukses Menyusui (seri Ayahbunda)

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details