Bayar Zakat Fitrah Tahun 2021. Begini Ketentuannya!

zakat-fitrah-1

Menunaikan atau melakukan zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan oleh seorang muslim. Seseorang yang melakukan zakat ini tidaklah memandang usia baik tua maupun muda sangat wajib melakukan zakat fitrah. Sebuah zakat merupakan salah satu kesempatan terbesar bagi kita. Dimana bulan ramadhan merupakan salah satu kesempatan terbaik bagi setiap muslim untuk melakukan kebaikan dengan berzakat. Apalagi pada tahun 2021 ini nih dimana hampir semua orang terkena dampak virus covid – 19 yang menyerang negara tercinta kita ini. Maka kita sebagai seorang sosok yang berkecukupan haruslah bisa melakukan zakat fitrah dengan uang.

Pengertian zakat sudah pasti semua orang mengetahuinya secara jelas dimana zakat ini merupakan hal yang wajib bagi islam. Dimana zakar fitrah ini baik dilakukan oleh seseorang yang sudah baligh maupun belum jadi siapa saja boleh membayar zakat. Zakat ini sendiri merupakan salah satu bagian dari rukun islam. Zakat yang kita berikan ini tidaklah asal di berikan kepada seseorang ya. Perlu anda ketahui mengenai firman Allah yang berbunyi “sesungguhnya zakat ini hanyalah milik si fakir, miskin, pengurus zakat, mualaf yang di bujuk hatinya, budak yang diwajibkan oleh Allah”. Anda bisa membaca syarat bayar zakat fitrah di bawah ini untuk menambah pengetahuan ya.

Bayar Zakat Fitrah Tahun 2021. Begini Ketentuannya!

Ketentuan Atau Cara Membayar Fidyah Dengan Beras

Bulan ramadhan sebentar lagi dimana setiap warga muslim diwajibkan agar bisa berpuasa selama sebulan penuh bukan. Tetapi bagi seseorang yang tidak mampu untuk berpuasa secara permanen ini dapat menggantinya dengan cara membayar fidyah dengan beras. Seorang yang tergolong tidak dapat menunaikan ibadah ini seperti: sakit parah yang tidak akan sembuh, orang tua yang renta ini ya. Dalam hadist telah disebutkan bahwa untuk membayar fidyah ini bisa melalui membayar uang maupun beras. Dimana beras yang dibayar oleh anda ini dengan satuan kilogram atau 1 mud dan setara dengan 0,6 kg sehingga setiap 1 hari tidak berpuasa diganti dengan 0,6 kg ya.

Beginilah Perhitungan Zakat Fitrah

Sebagai penutup ibadah puasa Ramadhan dimana umat muslim sedunia mengadakan pembayaran zakat. Dimana seorang muslim yang memiliki kemampuan secara ekonomi ini wajib untuk menyisihkan harta kita untuk bisa membayarkan sebuah zakat. Kita wajib memberikan zakat ini melalui pihak dari panitia zakat agar bisa disalurkan kepada yang membutuhkan. Adapun perhitungan zakat fitrah ini yaitu 3,5 liter dikalikan dengan harga beras pada pasaran per liternya. Seperti contoh, harga beras di pasaran kan rata – rata 10.000 maka nantinya zakat harus dibayar dengan 35.000. Bisa dibilang dengan setiap orang 2,5 kg untuk berzakat tiap tahunnya.

Beginilah Melakukan Zakat Fitrah Tahun 2021

Kuliklah pembahasan secara tuntas mengenai zakat fitrah tahun 2021 yang sangat perlu anda ketahui ya. Dimana terdapat zakat fitrah yang wajib untuk ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu. Berbeda dengan zakat yang lain dilakukan biasanya itu ya dimana zakat. Letak perbedaannya ialah para orang tua sangatlah bertanggung jawab untuk melakukan zakat tentunya. Jadi ketika anda sudah mampu mencukupi kebutuhannya seperti telah berkeluarga maka wajib hukumnya agar bisa membayar zakat tersebut. Jika anda tidak praktis memilih beras untuk dijadikan zakat maka ada baiknya jika menggantinya dengan uang. 

Inilah Nominal Zakat Fitrah 2020

Pada selanjutnya kita akan membahas nominal zakat fitrah 2020  yang dilakukan sebagian umat islam pada tahun kemarin. Dimana tercatat pada bulan Mei 2020 kemarin zakat fitrah per orang yang ada di Jabodetabek ini sendiri setara dengan uang 40. 000 sampai dengan 50.000 loh. Apalagi jika seseorang yang telah memiliki tanggungan anak dan istri maka hukumnya wajib untuk suami membayar zakatnya. Jika anda sebagai seorang suami memiliki tanggungan 3 orang maka zakat yang wajib anda bayarkan yaitu sekitar 200.000 ribu ya. Dan jika anda ingin berzakat menggunakan beras maka membayar 2,7 kilogram besar per orangnya.

Simaklah Patokan Zakat Fitrah Dengan Beras Yang Sangat Penting Ini

Mendekati bulan suci yaitu Idul Fitri merupakan sebuah bulan yang sangat dinantikan dan penuh istimewa bagi siapa saja. Masyarakat sangatlah menantikan penantian bulan yang suci ini. Dimana setiap muslim pasti akan menyediakan zakat fitrah yang akan dibayarkan pada saat Idul Fitri nanti. Dimana pasti anda memerlukan patokan untuk membayar zakat fitrah dengan beras yang mungkin sering dibingungkan oleh seseorang. Nah dimana patokan dari zakat fitrah yang dibayarkan dengan beras ini yaitu sekitar 2,5 kilogram beras yang setara dengan 3,5 liter beras. Standar ukuran beras inilah yang sering dijadikan sebagai patokan untuk seseorang berzakat.

Ikutilah Cara Membayar Zakat Fitrah Bagi Kalian Yang Kurang Paham

Bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana cara bayar zakat fitrah maka ikutilah panduan berikut agar anda segera mengerti ya. Dimana langkah pertama dalam melakukan zakat yaitu dengan memberikannya dalam bentuk makanan pokok seperti beras ataupun gandum. Nah jika anda tidak ingin berzakat beras ini maka ada baiknya jika menggantinya dengan uang yang memiliki harga setara dengan makanan pokok tersebut. Adapun takaran zakat fitrah berapa kg yaitu sebesar 2,5 kilogram ya. Waktu untuk membayarkan zakat anda yaitu boleh digunakan pada saat sejak awal Ramadhan ya. Namun anda juga bisa melakukannya 3 hari sebelum Idul Fitri berlangsung.

Ketentuan Dalam Besar Zakat Fitrah Serta Syaratnya

Inilah ketentuan dalam besar zakat fitrah yang pasti kalian belum mengetahuinya secara jelas bukan. Dimana zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang wajib dilakukan oleh umat islam/ muslim pada saat bulan Ramadhan tiba ya. Zakat fitrah yang dibayarkan ini biasanya sekitar mendekati perayaan Idul Fitri nantinya. Adapun besaran dari zakat fitrah yang dilakukan oleh setiap orang yaitu sekitar 2,5 kilogram atau 3,5 liter per jiwa. Para ulama yang ada di Indonesia membolehkan seseorang membayar zakat dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha’ gandum, beras maupun kurma ya. 

Dimana syarat untuk anda yang ingin menunaikan ibadah zakat ini yaitu akan dibahas seperti berikut. Pada umumnya untuk menyerahkan zakat fitrah ini menjelang tiga hari sebelum Hari Raya Idul Fitri atau akhir Ramadhan itu berlangsung. Dimana nantinya anda dapat menunaikannya dengan membayar menggunakan uang yang nominalnya sangat setara dengan harga dari 2,5 kg beras tersebut ya.

Nah itulah beberapa informasi mengenai syarat bayar zakat fitrah bagi anda yang ingin menunaikannya pada bulan yang penuh kesucian ini ya. Dimana anda dapat menyalurkan zakat Idul Fitri tersebut kepada Sahabat Yatim Indonesia ya.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details