(021) 546343778

Laras, Si Penghafal Alquran dari Asrama Sahabat Yatim Indonesia

Anak Mukim
larasati yatim cipondoh

Menjadi anak yatim tidak menjadikannya rendah diri. Adalah Larasati (14 tahun), yatim berprestasi di Asrama Sahabat Yatim Indonesia Cipondoh. Laras, begitu ia kerap dipanggil, menjadi juara berturut-turut tahfidz Quran di Akademi Tahfidz Quran. Ia juga kerap mendapatkan juara umum tingkat provinsi.

Apa yang memotivasi Laras untuk berprestasi? Jawabannya simpel, karena dia mencintai Al Quran. Al Quran bagi Laras adalah hidupnya. Al Quran adalah pedoman hidupnya.

Semangat menghafal Al Quran Laras dirasakan oleh Umi Sofiah, penanggung jawab Asrama Sahabat Yatim di Cipondoh.

“Laras ini belajarnya semangat, menghafal Al Qurannya juga paling cepat,”kata Umi Sofiah.

Padahal, kalau ingat latar belakang Laras yang ditinggalkan ayah dan ibunya, Umi Sofiah menjadi terharu. Laras, katanya, sudah hampir tiga tahun di asrama sejak nenek Laras membawanya kemari.

Laras semakin semangat menghafal Al Quran. Ia bercita-cita melanjutkan sekolah tahfidz Quran selepas sekolah dasar. Semangatnya untuk belajar memang patut diacungi jempol.

“Setiap habis salah dhuhur, anak-anak menyetor hafalan minimal dua ayat. Dan Laras bisa melebihi anak-anak yang lain,”kata Umi Sofiah.

Laras berkata, lewat tangan orang-orang baiklah ia mampu menjadi seperti sekarang ini. Ia merasa terbantu dengan pengasuhan yang diberikan Sahabat Yatim. “Terima kasih untuk Sahabat Yatim, Laras akan terus semangat belajar,”kata dia.

Tak hanya Laras, ada Zelsy (12 tahun) yang juga berprestasi di bidang non akademik. Zelsy yang sudah ditelantarkan ayah ibunya sejak usia tiga bulan, tak pernah merasa rendah diri.

Ia mendapatkan beragam penghargaan dari sekolahnya. Mulai dari juara melukis, juara membaca puisi dan berbagai penghargaan di bidang kesenian.

Sempat ada yang mem-bully Zelsy karena tinggal di asrama. Jawaban Zelsy sangat menyentuh hati. “Orang tuaku adalah Umi dan Abi yang mengasuhku.Orang tuaku adalah orang-orang yang memberi bantuan kepadaku, terima kasih Sahabat Yatim”kata Zelsy.