(021) 546343778

Gangguan Tidur Paling Aneh dan Penyebabnya

Uncategorized
Gangguan Tidur Paling Aneh dan Penyebabnya

Gangguan Tidur Paling Aneh dan Penyebabnya – Ada banyak kebiasaan tidur yang aneh pada setiap orang dan penyebabnya juga bermacam-macam. Tidur nyenyak bagi setiap orang sangat penting tidak hanya nyenyak, tidur mereka juga harus berkualitas. Tidak sedikit penyakit serius yang dikaitkan dengan tidak tidur teratur atau kekurangan tidur seperti, insomnia.

Hal tersebut telah terbukti secara medis bahwa tidur yang tidak berkualitas menyebabkan kesehatan memburuk atau menurun. Secara lengkap beberapa penyakit yang sering timbul akibat tidur tidak teratur atau kebiasaan tidur yang buruk diantaranya adalah, kenaikan berat badan, penyakit jantung,kebingungan mental, gelisah, dan mudah tersinggung. Beberapa orang mungkin akan kesulitan berkonsentrasi dan merasa sangat lelah dan letih.

 Gangguan Tidur Paling Aneh dan Penyebabnya

Tidur yang Ideal

Tidur yang ideal untuk setiap orang setidaknya 6 hingga 8 jam tanpa gangguan atau tanpa terbangun. Selain mendapatkan beberapa manfaat untuk menghindari penyakit, tidur yang berkualitas juga dapat mempromosikan kulit yang lebih baik. Orang yang tidurnya nyenyak biasanya memiliki kulit yang bersinar dan terlihat bersih.Dan sebaliknya, mereka yang tidurnya tidak berkualitas biasanya lebih mudah mendapatkan beberapa gejala dan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput atau kerutan-kerutan halus.

Namun sayangnya, beberapa orang terkadang meskipun mencoba untuk memiliki kualitas tidur yang baik tetap saja merasa terganggu akibat kebiasaan-kebiasaan aneh. Kebiasaan-kebiasaan aneh di dalam tidur yang mengganggu tersebut antara lain, mendengkur, berbicara saat tidur, berjalan saat tidur, dan lain-lain.

 

Kebiasaan Tidur Yang Aneh dan Penyebabnya

Berikut adalah beberapa kebiasaan tidur yang aneh dan penyebabnya yang mungkin saja terjadi dan menyebabkan kualitas istirahat anda berkurang.

 

1.        Mengigau

Berbicara saat tidur atau mengigau dalam istilah asing disebut somniloquy yang berarti berbicara atau membuat suara saat tidur. Hal tersebut mungkin tidak aneh karena beberapa diantara kita atau teman-teman kita pernah bergumam tidak jelas saat tidur.

Alasan utama mengapa kondisi tersebut bisa terjadi diantaranya adalah, tingkat stres karena mengkonsumsi alkohol, atau karena tidak beristirahat secara teratur. Berbicara saat tidur tidak harus ditakutkan akan tetapi tentu saja dapat mengganggu pasangan atau bahkan tidak sedikit juga yang menjadi malu karenanya.

 

2.        Makan saat tidur

Terkadang ada kejadian lucu yang mungkin sedikit aneh namunnyata, orang bisa tidur sambil mengunyah atau makan. Mereka bisa bangun dari tempat tidur kemudian pergi ke dapur dan mengambil makanan tertentu bahkan bisa menggunakan pisau untuk memotong.

Tanpa sadar, gejala seperti ini sangat berbahaya, tidak hanya untuk diri sendiri melainkan juga dapat melukai orang lain. Orang yang memiliki kebiasaan aneh tidur sambil makan bisa membuat diri mereka cedera maupun orang lain sehingga harus segera diatasi dengan meminta bantuan dokter.

 

3.        Sleep sex

Ini adalah istilah untuk orang yang belum sepenuhnya sadar dan melakukan aktivitas seksual. Hal tersebut bisa terjadi apabila seseorang bermimpi tentang seks.

 

4.        Tidur terjatuh

Mungkin judul pada point ini kurang tepat untuk menggambarkan apa yang akan disampaikan dalam kondisi tertentu seorang yang tidur dan terkadang merasa seolah-olah jatuh dari ketinggian.Entah itu langit, tebing atau gunung atau jatuh ke dalam sumur sehingga sangat mengagetkan dan membuat mereka terbangun dengan tiba-tiba.

Sebenarnya saat kita tidur dan mimpi, tubuh kita lumpuh sepenuhnya, namun, bukan berarti kita benar-benar mati rasa. Alam bawah sadar kita tetap bereaksi memberikan refleks tertentu saat kita bermimpi jatuh, bermimpi tertimpa sesuatu atau bermimpi seperti berlari sehingga membuat kita berkeringat.

 

5.        Lumpuh saat tidur

Beberapa orang mungkin setengah terjaga namun tidak bisa menggerakkan anggota tubuhnya seolah-olah sedang berada di dunia lain. Terkadang seseorang merasa sudah terjaga namun sebenarnya ia belum terjaga dan tidak bisa menggerakkan tubuhnya.

Alasan mengapa hal tersebut terjadi diantaranya adalah, karena sebagian otak terbangun lebih cepat dan sebagian otak yang lain masih tertidur. Bagian otak yang terbangun tersebut membuat anda merasa terjaga dan waspada, sementara sebagian otak yang masih beristirahat menyebabkan kita lumpuh atau tidak bisa menggerakkan anggota badan. Kondisi ini tidak parah namun terkadang sangat menakutkan.

 

6.        Tidur sambil berjalan

Anda harus benar-benar waspada terhadap kebiasaan buruk yang satu ini karena tidak jarang dapat mengancam jiwa, dimana anda berjalan tanpa melihat dengan mata.

Dalam kondisi tertidur, seseorang bisa berjalan dan mampu mengetahui apa saja yang ada di sekitarnya. Beberapa penyebabnya adalah kelelahan yang ekstrim atau pikiran yang terganggu serta adanya beberapa penyakit.

 

7.        Nightmare

Sebagian orang ada yang merasa selalu terteror saat tidur, penyebabnya adalah ketakutan yang tidak diketahui pada saat tidur sehingga orang tersebut kemungkinan besar akan berteriak dan bangun secara histeris dan bisa berlangsung selama 2 hingga 15 menit tanpa terkontrol.Kondisi tersebut sebenarnya tidak berbahaya, namun akan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan menimbulkan ketakutan yang ekstrim.

 

8.        Mendengkur

Sebagian diantara kita mungkin mendengkur saat tidur ketika sangat lelah setelah bekerja berat seharian. Namun mendengkur tidak hanya diakibatkan oleh rasa lelah dan bisa disebabkan adanya tekanan darah tinggi, penyakit jantung serta stroke, dll. Namun dalam kebanyakan kasus, mendengkur disebabkan karena obesitas, pengaruh bantal dan obat-obatan.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT