(021) 546343778

Ketika Anak Yatim Menghadapi Ramadhan

Asrama
l

Allah SWT melipatgandakan setiap amalan yang dikerjakan di bulan Ramadhan. Di bulan penuh berkah ini kita dianjurkan memperbanyak amalan saleh.

Berbagai kegiatan dilakukan guna menyambut bulan Ramadhan. Begitu pula di saat Ramadhan, anak-anak Sahabat Yatim menyambutnya dengan suka cita meski tidak bersama keluarga.

Umi Sofiah, penanggung jawab Asrama Sahabat Yatim Cipondoh mengatakan, anak-anak yatim difokuskan untuk lebih rutin mengkaji Al Quran dan sunnah. Anak-anak asuh juga diberikan pendidikan menyambut bulan puasa agar berpuasa tak hanya mendapat lapar dan haus saja.

“Jangan kita hanya menahan lapar ketika puasa, tapi juga bagaimana kita menahan hawa nafsu dan emosi saat bulan mulia ini,”kata dia.

Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk bisa berbicara di depan umum. “Kita ajarkan untuk mukaddimah (berpidato), siapa tahu nanti bisa menjadi pembawa acara menggantikan umi dan abi ketika ada kegiatan bersama donatur,”kata dia.

Menurutnya, dengan mengajarkan anak yatim berbicara di muka umum, juga melatih untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Anak-anak asuh juga diajarkan untuk mendoakan sesama.

Kepala Asrama Sahabat Yatim Cibinong, Abi Asep mengatakan, di saat Ramadhan, anak-anak asuh juga menjalankan shaum pada umumnya. Bedanya hanya mereka tidak bisa merasakan indahnya sahur dan berbuka bersama orang tua. Maka disinilah peran kepala asrama untuk bisa menciptakan suasana yang menyenangkan untuk mereka.

“Pengurus asrama harus bisa menciptakan suasana Ramadhan sehingga anak-anak merasa seperti keluarga sendiri,”kata dia.

Jelang Ramadhan, anak asuh melakukan berbagai persiapan baik moral dan spiritualnya. Anak-anak, kata Abi, akan diberikan pembekalan ilmu agama. Selain itu, saat Ramadhan, rutin diadakan pesantren kilat seminggu sebelum hari raya, pembagian bingkisan THR yatim, mudik idul fitri bersama keluarga.

“Liburan bagi anak yang tidak pulang ke rumah disaat idul Fitri karena lokasi jauh di seberang dan tidak ada keluarga.