(021) 5312 6107

Bau mulut ternyata penyakit? apa saja penyebabnya?

LIFESTYLE

penyebab bau mulut dan cara mengatasinya – 1,8 milyar dolar untuk pasta gigi, 715 juta dolar untuk permen pembersih mulut, 740 juta dolar untuk pencuci mulut, 950 juta dolar untuk sikat gigi, dan 625 juta dolar lagi untuk pewangi mulut. Itulah biaya yang dikeluarkan oleh orang amerika setahun bukan hanya untuk memelihara kesehatan gigi, namun sebagian pengeluaran tersebut juga untuk mencegah mulut berbau atau halitosis.

Halitosis memang sangat ditakuti, bahkan sebagian orang tetap ketakutan walaupun sebenarnya mulutnya tidak berbau. Sebanyak 85-90% bau tidak enak berasal dari mulut, sisanya mungkin dari perut. Seperti juga bau ketiak dan bau kaki, kebanyakan disebabkan bakteri. Di dalam mulut terdapat ratusan jenis bakteri. Bakteri ini suka sekali protein dari makanan dan hasil pemecahan protein menyebabkan berbagai bau tidak enak. Hanya protein? Ternyata bakteri juga menyukai hasil pemecahan gula yang bernama glikoprotein.

bau mulut 2

Penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

Sumber bau dari mulut berbeda dengan sumber bau dari gigi rusak. Tempatnya adalah di bagian belakang lidah. Daerah tersebut sulit dicapai air ludah, dan berlekuk-lekuk sehingga bakteri mudah bersembunyi. Sehari-hari mereka makan sisa makanan dan cairan hidung yang menetes ke belakang.

Sisa makanan di sela gigi, terutama daging, dapat menyebabkan bau bangkai. Peradangan gusi, dan berbagai penyakit gigi lain juga menyebabkan bau. Lancarnya gerakan air ludah akan membersihkan mulut sehingga semua faktor yang mengganggu kelancaran gerakan air ludah juga menyebabkan bau, misalnya tidak makan untuk waktu lama, bernapas dari mulut, berbicara terlalu banyak, berbagai macam obat, bahkan stres berlebihan. Merokok juga menyebabkan mulut kering, banyak ingus menetes ke belakang, mengganggu kesehatan gusi. Aroma rokok bercampur aroma bakteri..hiiii. Bau juga dapat disebabkan sinusitis, adanya benda dalam hidung (hati-hati dengan anak kecil yang suka memasukkan benda kecil ke hidung), amandel yang besar dan kotor.

Tidak seperti yang diduga, sumber bau jarang berasal dari perut. Walaupun makan bawang putih, bau bukan berasal dari perut tapi dari mulut. Bila sumbernya bakteri tentunya mudah untuk dihilangkan? Makan antibiotika juga beres. Ternyata tidak. Bila bakteri dihilangkan, muncul semacam iamur yang disebut sebagai Candida. ]amur ini menyebabkan penyakit dan bau yang tidak enakjuga.

Mengapa orang lain bilang mulut saya bau, padahal saya tidak menciumnya? Udara dari mulut ke luar dengan arah horisontal, sedangkan udara yang dihisap hidung arahnya vertikal. ]adi tidak bertemu deh. Memang seseorang sulit mengenal bahwa mulutnya bau. Tapi coba mencium sisa makanan yang di keluarkan dengan tusuk gigi dan cium, tentu nyata bahwa baunya … bukan main. Sayangnya tidak ada orang yang berani memberitahu bahwa mulut kita bau.

Anakku vol.1 6/15


error: Content is protected !!