cara memilih mainan untuk anak

Question-Answer: cara mengembangkan bakat anak sejak dini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

cara mengembangkan bakat anak sejak dini – Apakah orangtua perlu herharap anak berbakatnya berprestasi tinggi di sekolah? Harapan yang terlalu tinggi dan berlebih-lebihan akan membuat anak menjadi perfeksionis dan dapat mengarah pada destruktif bahwa segala upaya hanya untuk pencapaian prestasi itu sendiri.

Sebaiknya orangtua membantu mengembangkan bakat anak dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkannya. Identifikasi keberbakatan anak tidak dengan sendirinya akan meningkatkan prestasi anak di sekolah.

Apakah anak dibiarkan memilih topik dan minat yang ingin dikembangkannya sendiri?

Anak tidak dapat dibiarkan mengembangkan bakatnya sendiri, karena memang tidak ada hal yang menjamin bahwa anak berbakat juga cakap dalam learning how to learn. Untuk itu arahan orang tua dan lingkungan sangat dibutuhkan.

Kecakapan yang diperlukan anak agar keberbakatannya berkembang secara optimal antara membaca kamus, memperoleh sumber-sumber utama pengetahuan, termasuk ensiklopedi, manajemen waktu, menulis catatan dan perlu adanya guru yang kompeten di sekolah.

Seorang anak yang dikatakan anak berbakat atau gifted, tidaklah harus menonjol di semua area perkembangan; namun sekurang-kurangnya dia lebih maju atau unggul 30% pada area perkembangan tertentu (kemampuan motorik kasar, kemampuan motorik halus dan bahasa kognitif) dibandingkan anak normal seusianya.

Misalnya pada area perkembangan motorik kasar, seorang anak normal dapat berjalan sendiri pada usia 12,5 bulan, maka ia dikatakan anak berbakat, jika sudah dapat berjalan sendiri pada usia 8 bulan 20 hari. Perkembangan fisik yang cepat pada anak berbakat selaras dengan perkembangan intelektual dan kebiasaan belajar. Mereka memiliki rentang perhatian yang lebih luas, sehingga dengan perkembang-an fisik yang baik, anak berbakat mampu memenuhi tugas yang diberikan dan mampu berkonsentrasi pada usia yang lebih dini.

cara mengembangkan bakat anak sejak dini

Apa yang harus dilakukan terhadap anak berbakat?
Orang tua harus mengerti jawaban pertanyaan berikut.

Kapankah seorang anak menyadari bahwa ia gifted? Apakah orangtua perlu menyampaikan pada anak bahwa dirinya seorang gifted?
Anak berbakat telah menyadari sejak dini bahwa dirinya berbeda dengan anak sebayanya. Orangtua perlu menyampaikan hal ini. Kesadaran bahwa dirinya berbeda tampak dari bicaranya, biasanya anak-anak berbakat ini banyak menggunakan kata-kata yang tidak dipahami anak sebayanya, atau memilih mainan yang lebih kompleks. Perbedaan dirinya dengan anak sebayanya perlu disampaikan agar mereka tidak merasa elitis, dan disisihkan.

Anakku vol.1 6/15

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!