Cara untuk mengajak anak bermain sambil belajar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

cara mengajak anak bermain sambil belajar – Anak-anak memang senang sekali bermain. Namun kita tak perlu khawatir sebagai orang tua, bermain juga dapat dijadikan sebagai pembelajaran untu anak kita loh.. Cara dibawah ini dapat anda gunakan sebagai bahan pembelajaran untuk anak anda dirumah.

1.Menjadi juru sapu

Minta si kecil untuk memegang sapu dengan kedua tangannya sambil berdiri. Pastikan bulu-bulu sapu menyentuh lantai. Letakkan bola ukuran kecil di lantai dan minta si kecil menyapu bola tersebut dengan gerakkan zig-zag dan perlahan-lahan. Bulu-bulu sapu harus tetap menempel di lantai tidak boleh diangkat. Apabila bola menggelinding jauh, anak harus meraihnya dengan sapu tanpa menggerakkan kedua kakinya. Kecuali, bila bola ‘lari’ sangat jauh dan sulit dijangkau oleh sapu.

cara mengajak anak bermain sambil belajar

2.Bermain pita atau tali

Berilah si kecil 2 pita atautali yang panjangnya 61-91 cm. Masing-masing tangan memegang satu tali. Putarlah musik yang disukai anak. Lalu ajak si kecil meniru berbagai gerakkan dengan menggunakan pita atau tali yang dipegangnya. Misalnya: menirukan gerakan kupu-kupu, angin sepoi- sepoi, atau lebah yang mencari bunga. pastikan anak memegang tali dengan kuat saat bergerak agar tali atau pita tidak mudah jatuh.

3.Menjadi tukang bangunan

Gunakan gabus putih persegi panjang yang tebalnya 8 cm. Ini dapat dibeli di toko mainan (jangan gunakan gabus bekas pembungkus alat-alat elekttronik). Sediakan 20 paku mainan yang terbuat dari plastik. Kemudian minta anak untuk menempelkan paku ke gabus dengan menggunakan palu yang terbuat dari kayr. pukul paku dengan palu (tidak terlalu keras) sampai paku benar-benar masuk ke dalam gabus. Agar tidak bosan, cobalah membuat sebuah bentuk atau gambar yang diinginkan anak yang dibentuk dari paku di atas gabus tadi. (Saat melakukan kegiatan ini anak harus dalam pengawasan yang baik)

Anakku vol.1 6/15

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!