Mitos yang salah tentang ASI

ibu-muslimah

mitos yang salah tentang asi:

1.Saat ibu pulang bepergian, buang dulu ASI yang pertama keluar karena basi.

Fakta: ASl tidak pernah basi. Biasanya yang dimaksud orang dengan ASI lama atau basi adalah ASI yang berwarna kekuningan dan kental,atau ASI yang berwarna putih keruh dan encer. Padahal, warna dan kejernihan ASI tersebut terjadi akibat bahan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

2. Jika sudah berhenti menyusui, maka tidak bisa menyusui lagi untuk seterusnya.

Fakta: Seorang ibu yang menghentikan pemberian ASI untuk sementara, bisa menyusui kembali dengan teknik relaktasi yang tepat. ASI yang sudah lama tidak diproduksi dapat dirangsang kembali dengan melatih bayi melakukan stimulasi pada puting susu Anda. Biasakan bayi menghisap kembali puting susu, meski ASI belum keluar atau hanya keluar sedikit. Bila dilakukan terus-menerus, produksi ASl bisa kembali normal.

3. ASI dapat nnenyembuhkan sakit mata.

Fakta: ASI tidak dapat menyembuhkan sakit mata pada bayi. Pada bayi baru lahir sampai usia setidaknya 3 bulan, ada saluran air mata yang belum terbuka sehingga mata bayi berair dan belekan. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat, bukannya mengoleskan ASI ke mata bayi.

mitos yang salah tentang asi

4. Menyusui dapat merusak bentuk payudara.

Fakta: Tidak ada hubungannya Bentuk payudara yang kendur disebabkan oleh kehamilan. Hormon-hormon saat hamii membuat payudara penuh berisi ASI sehingga ukuran payudara terlihar lebih besar dari biasanya. Paska menyusui ukuran payudara akan kembali normal, akibatnya otot-otot pun mengendurdan membuat payudara tampak kendur. Keindahan bentuk payudara dapat dipertahankan dengan pijat atau senam payudara. Pilih juga bra yang tepat agar bisa menyangga payudara dengan baik, sehingga membuat bentuk payudara tidak kendur.

5. Payudara kecil dan puting datar, menghasilkan ASI sedikit.

Fakta: Ukuran payudara tidak menentukan produksi ASI. Banyak tidaknya ASI tergantung pada banyaknya kelenjar pembentuk air susu. Puting datar atau terbenam bukan berarti tidak dapat menyusui, karena bayi menyusu pada bagian areola -daerah hitam yang melingkari puting-payudara, bukan pada putingnya.

6.Jika ibu sakit, bayi bisa tertular penyakit ibu lewat ASI

Fakta: Seorang ibu yang sedang flu misalnya, tidak akan menularkan sakitnya lewat asi karena di dalam asi terkandung antibodi yang merupakan penghambat virus maupun bakteri. Kecuali anda terinfeksi virus HIV atau Hepatitis, dua contoh penyakit ini dapat ditularkan melalui ASI.

Majalah Ayahbunda

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details