(021) 5312 6107

22 Tips dan Cara Cepat Menghafal Al Quran Secara Mudah

SYIAR
tips dan cara cepat menghafal al quran

tips dan cara cepat menghafal al quran – Hikmah menghafal kitab suci Al Quran bisa dirasakan di dunia dan akhirat kelak. Bisa dengan mudah dan cepat menghafal Al Quran tentu saja menjadi dambaan setiap umat muslim. Bagi anda yang merasa kesulitan untuk menghafal Al Quran, anda tak perlu khawatir. Allah SWT sendiri telah mengatakan bahwa menghafal Al Quran itu mudah. Untuk membantu anda, berikut kami bagikan tips dan cara cepat menghafal Al Quran selengkapnya.

Tips dan Cara Cepat Menghafal Al Quran

Berikut adalah beberapa tips dan cara cepat menghafal Al Quran yang bisa anda coba ikuti.

1. Niat

tips dan cara cepat menghafal al quran - Niat

Sebelum anda mulai menghafal Al Quran, pastikan anda sungguh-sungguh memiliki niat. Pastikan niat anda untuk apa menghafal Al Quran? Apakah hanya ingin disebut Hafizh, supaya mendapatkan pekerjaan, mudah melanjutkan pendidikan, menyenangkan hati orangtua, atau memang karena Allah SWT semata. Niat yang tidak semestinya seringkali membawa anda ke dalam kesulitan menghafal. Akan tetapi, jika niat anda benar-benar murni karena ingin memperoleh ridho Allah SWT, maka anda akan mudah menghafal Al Quran dan mendapatkan nikmat dunia akhirat.

Saat anda merasa sudah sepenuhnya niat karena Allah SWT dalam menghafal Al Quran namun masih sulit, maka anda harus bersabar. Selang beberapa waktu kemudian, anda akan benar-benar mendapatkan kemudahan dalam menghafal Al Quran atau Allah SWT akan menghendaki pahala yang banyak untuk anda dengan terus mengulangi dan mencoba menghafal ayat demi ayat dalam kitab suci Al Quran. Untuk itu, anda jangan pernah merasa berputus asa.

2. Ikhlas

Setelah niat, pastikan anda ikhlas dalam menghafal Al Quran. Ikhlaskan secara kuat-kuat menghafal Al Quran karena Allah SWT. Perlu untuk anda ketahui, ikhlas merupakan kunci utama semua ibadah dan muamalah yang anda lakukan. Keikhlasan dalam menghafal Al Quran merupakan motivasi yang kuat dalam mewujudkan cita-cita menghafal Al Quran. Anda bisa mulai membersihkan hati untuk ikhlas, menjauhi sifat ujub (sombong), dan sifat riya’ (ingin dipuji). Saat anda mengikhlaskan jiwa dan raga untuk menghafalkan Al Quran, maka ketika anda bertemu kesulitan apapun itu, anda tetap bisa menjalaninya secara senang hati dan penuh rasa syukur.

3. Mulai Dari Sekarang

Jika anda tak segera mulai untuk menghafal Al Quran, kapan anda bisa menyelesaikan hafalannya. Anda tak perlu menanti momen yang tepat untuk menghafal Al Quran. Pastikan anda mulai menghafal Al Quran sedikit demi sedikit dari sekarang juga. Jangan menunda-nunda waktu sebab hal tersebut hanya akan membuat semangat anda dalam menghafal Al Quran perlahan akan luntur.

4. Menghafal Tak Harus Hafal

Allah SWT memberi kemampuan dalam menghafal dan mengingat pada tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang bisa menghafal dan mengingat secara cepat, namun ada pula yang sedikit lambat. Bahkan Imam Asim pun menghafal Al Quran membutuhkan kurun waktu selama 20 tahun. Target menghafal Al Quran sebenarnya bukan ujung ayat, akan tetapi bagaimana anda menghabiskan waktu (durasi) yang telah anda agendakan hanya untuk menghafal Al Quran.

5. Pilih Mushaf Terjemahan Per Kata

Seperti yang kita semua ketahui, Al Quran diturunkan oleh Allah SWT dengan menggunakan bahasa Arab. Melihat realita tersebut, salah satu metode menghafal Al Quran yang terbukti paling efektif ialah memahami arti ayat yang ingin anda hafal terlebih dahulu. Anda bisa belajar menghafal Al Quran dengan menggunakan mushaf yang telah dilengkapi terjemahan per kata. Hal tersebut tentu saja mempermudah anda dalam memahami arti dari kosa kata bahasa Arab ayat Al Quran. Pastikan anda menerapkan tips dan cara cepat menghafal Al Quran yang satu ini.

6. Menghafal Dari Satu Cetakan Mushaf

tips dan cara cepat menghafal al quran - Menghafal Dari Satu Cetakan Mushaf

Kecepatan dalam menghafal bisa dipengaruhi dari kebiasaan menghafal Al Quran dari satu cetakan yang sama. Hafalan Al Quran bisa lebih mudah lengket dalam ingatan anda jika mushaf yang anda pilih berasal dari satu cetakan yang sama. Untuk itu, apabila anda serius dalam menghafal Al Quran, anda sangat tak disarankan untuk bergonta-ganti mushaf. Sudah pasti ingatan anda terhadap hafalan Al Quran akan terpecah belah.

Tak hanya bisa mempengaruhi kecepatan hafalan saja, melainkan juga berpengaruh pada kekuatan hafalan Al Quran yang anda lakukan. Selain berasal dari satu cetakan yang sama, ada baiknya anda juga gunakan Al Quran yang lebih mudah anda baca. Anda dapat membeli Al Quran dari cetakan-cetakan yang sudah terkenal. Setelah itu, anda bisa konsisten menggunakan mushaf tersebut, baik ketika masih menghafal, selesai menghafal, maupun masuk tahap murojaah.

7. Jangan Buru-Buru dan Bukan Ditunda-Tunda

Jika anda telah menetapkan durasi, misalnya jam 6 sampai 7 merupakan waktu khusus untuk menghafal Al Quran, maka berapapun ayat Al Quran yang bisa anda hafal bukan menjadi masalah. Anda jangan buru-buru untuk pindah ke ayat selanjutnya apabila ayat sebelumnya belum benar-benar anda hafal. Alangkah baiknya anda nikmati saja saat-saat tersebut. Oleh karena itu, jangan buru-buru. Akan tetapi, perlu anda ingat, hal tersebut juga bukan untuk ditunda-tunda. Anda bisa menghabiskan durasi menghafal Al Quran secara pas.

8. Pilih Surah Favorit Anda

Tips dan cara cepat menghafal Al Quran selanjutnya ialah memilih surah yang menjadi favorit anda. Perlu untuk anda ketahui, kesukaan terhadap surah tertentu mampu menstimulasi semangat anda dalam menghafal Al Quran. Maka dari itu, anda bisa mulai menghafal Al Quran dengan surah yang telah biasa anda dengar melalui murrotal terlebih dahulu. Langkah yang satu ini adalah jurus paling ampuh. Hal ini dikarenakan lantunan surah pilihan tersebut telah tersimpan sebelumnya di ingatan anda. Anda hanya perlu mengulangnya kembali. Dalam waktu singkat, anda bisa menghafal surah Al Quran tersebut.

9. Baca Berulang-Ulang

Orang yang tak akan bisa menghafal Al Quran apabila malas membaca dan mengulang-ulang ayat yang akan dihafalkan. Perlu diketahui, orang yang memiliki kecepatan dalam menghafal Al Quran ialah orang yang mau membaca dan mengulang-ulang ayat yang ingin dihafalkannya. Maka dari itu, semakin sering anda mengulangi ayat yang anda hafalkan, maka anda akan merasa lebih mudah dalam mengingatnya.

10. Menghafal Bukan Untuk Khatam

Kondisi hati yang pas untuk menghafal Al Quran ialah bersabar dan bersyukur. Anda jangan sampai berpikiran bahwa ayat Al Quran adalah beban di pundak yang harus segera dipindahkan. Pikiran tersebut hanya akan membuat anda bergegas mengkhatamkan Al Quran tanpa mengulang atau bahkan menghafalkannya. Padahal, Allah SWT berfirman bahwa Al Quran diturunkan bukanlah sebagai beban. Untuk itu, pastikan anda setia bersama Al Quran.

11. Menyetorkan Hafalan Kepada Qori

tips dan cara cepat menghafal al quran - Menyetorkan Hafalan Kepada Qori

Tips dan cara cepat menghafal Al Quran lainnya ialah dengan menyetorkan hafalan kepada qori. Berapa pun ayat yang sudah bisa anda hafal sebaiknya disetorkan kepada qori yang memiliki kemampuan membaca Al Quran lebih bagus. Selain itu, sebaiknya anda juga memilih qori yang paham mengenai ilmu tajwid. Pastikan anda menyetorkan hafalan Al Quran minimal sekali dalam setiap harinya. Supaya anda bisa lebih cepat dalam menyelesaikan hafalan Al Quran secara sempurna, maka pastikan anda disiplin dalam menyetorkan hafalan Al Quran. Jangan sampai anda melewatkan satu hari pun tanpa menyetorkan hafalan Al Quran.

Jika anda ingin menyetor hafalan Al Quran, maka anda tak harus menunggu sampai satu lembar atau bahkan satu halaman baru untuk menyetorkannya. Jika dalam satu hari, meski anda hanya bisa hafal satu ayat Al Quran, pastikan anda menyetorkannya pada hari itu juga. Dengan rutin menyetorkan hafalan Al Quran, anda bisa motivasi diri sendiri untuk menambah hafalan baru sehingga kemampuan anda dalam menghafal bisa lebih meningkat.

Pastikan anda menyetorkan hafalan Al Quran kepada qori yang bacaannya bagus dan mengerti mengenai ilmu tajwid. Hindari menyetorkan hafalan Al Quran kepada orang yang bacaannya kurang baik. Terlebih jika ia tak paham tentang ilmu tajwid. Hal tersebut justru akan mempengaruhi bagus tidaknya hafalan Al Quran yang anda lakukan. Jika anda menyetorkan hafalan Al Quran kepada orang yang tak ahli, boleh jadi ia melewatkan kesalahan yang sebenarnya anda lakukan dalam menghafal Al Quran. Anda pun tak bisa mengetahui kesalahan tersebut sehingga tetap melakukannya.

12. Bahagia Dirindukan Ayat

Perlu anda pahami dan berpikiran positif bahwa ayat-ayat yang telah anda baca secara berulang-ulang, akan tetapi belum juga kuat untuk diingat, sebenarnya ayat tersebut lagi rindu dengan anda. Untuk itu, anda tak perlu putus asa dan sedih saat anda belum cukup mampu untuk menghafalkannya. Anda bisa sapa ayat tersebut dengan membaca dan mencoba menghafalkannya kembali. Bahagialah hati yang dirindukan ayat Al Quran.

13. Perbanyak Lembar Surah Hafalan

Saat awal-awal anda menghafal Al Quran, anda bisa memperbanyak bagian surah yang ingin anda hafal. Untuk mencoba tips dan cara cepat menghafal Al Quran yang satu ini, anda bisa memfotocopy bagian surah tersebut. Dijamin kesulitan anda dalam menghafal Al Quran akan hilang. Dengan anda memfotocopy bagian surah Al Quran tersebut, anda juga bisa menandainya dengan pensil ataupun highlight warna-warni. Setelah itu, anda bisa menempelkannya di tempat yang mudah terlihat.

14. Menghafal Kala Waktu Terbaik

Perlu untuk anda ketahui bahwa waktu terbaik untuk menghafal ialah sebelum dan sesudah fajar. Hal ini tak terkecuali untuk menghafal Al Quran. Pada waktu tersebut, otak masih segar dan kondisinya juga tenang. Dengan begitu, hafalan Al Quran akan lebih cepat masuk ketika menghafal pada waktu tersebut. Hal tersebut bukan berarti anda menghafal Al Quran hanya pada waktu itu saja. Pasalnya, sebagian orang merasa hafalan Al Quran yang dilakukan lebih mudah masuk ketika waktu Dhuha, ada juga yang mengatakan lebih suka hafalan Al Quran usai Dhuhur, sesudah Ashar, dan lain sebagainya. Tiap orang memang mempunyai perbedaan dalam hal ini.

15. Menghafal Sedikit Demi Sedikit

Makanan akan terasa nikmat apabila anda sedang memakannya. Hal ini juga akan dirasakan ketika anda menghafal Al Quran. Nikmat dalam menghafal Al Quran akan terasa apabila anda membacanya secara berulang-ulang. Saat makan, anda pastinya memperhatikan besarnya suapan yang harus disesuaikan dengan volume mulut anda. Menghafal juga demikian. Sesuaikan dengan kemampuan ingatan anda dalam menghafal. Jangan memaksakan diri untuk menghafal ayat Al Quran secara banyak sekaligus. Alangkah baiknya anda menghafal Al Quran sedikit demi sedikit namun mudah dihafal dan diingat.

16. Dengarkan Murrotal Al Quran

Menghafal Al Quran juga bisa dilakukan dengan mudah apabila anda mendengarkan murrotal Al Quran. Seperti yang kita semua ketahui, Al Quran merupakan firman Allah SWT yang di dalamnya mengandung hikmah kisah nyata yang terjadi di masa lalu, kisah nyata masa kini, dan juga kisah nyata yang akan terjadi di masa depan. Mendengarkan murrotal surah Al Quran yang ingin anda hafalkan sembari melihat kopian lembaran surahnya menjadi langkah terbaik dalam menghafal Al Quran. Hal ini memiliki tujuan supaya anda bisa ikut melebur dalam alur cerita surah yang anda hafalkan. Anda pun bisa lebih menghayati arti yang ada di dalamnya.

17. Menghafal Dengan Metode yang Sesuai

Tiap orang memiliki metode mudah untuk menghafal Al Quran. Anda jangan memaksakan diri untuk mengikuti metode menghafal orang lain hanya karena orang tersebut bisa menghafal Al Quran secara cepat. Anda sebenarnya boleh mencobanya, jika sesuai dengan diri anda, maka ikuti. Akan tetapi, jika anda merasa metode tersebut justru membuat anda merasa semakin sulit dalam menghafal Al Quran, maka sebaiknya gunakan metode yang lain.

18. Pastikan Ayatnya Bertajwid

Tips dan cara cepat menghafal Al Quran lainnya ialah dengan memastikan ayatnya bertajwid. Anda bisa mencari guru yang mampu mengoreksi bacaan anda dalam menghafal Al Quran. Bacaan tak bertajwid yang terlanjur anda hafalkan akan sulit dirubah atau diperbaiki di kemudian hari setelah anda mengetahui hukum bacaan yang sebenarnya. Jangan biasakan otodidak dalam hal apapun yang berhubungan dengan Al Quran, baik itu membaca, mentadabburi, mempelajari, terlebih mengambil hukum dari Al Quran.

19. Mengulangi Hafalan Tiap Waktu Sholat

tips dan cara cepat menghafal al quran - Mengulangi Hafalan Tiap Waktu Sholat

Anda bisa memanfaatkan waktu sebelum dan sesudah sholat dengan menghafal ataupun mengulangi hafalan Al Quran. Sebaiknya anda sisihkan waktu minimal 15 menit untuk konsisten menghafal Al Quran. Anda dapat memanfaatkan waktu dalam menunggu waktu sholat sembari mengulangi hafalan Al Quran. Dengan begitu, anda juga dapat sholat tepat waktu. Jika anda konsisten mengulangi hafalan Al Quran selama 15 atau 20 menit sebelum dan sesudah sholat, maka hafalan Al Quran anda bisa tetap terjaga tanpa akan membebani anda mengenai waktu menghafal.

20. Kurangi Makan, Bicara, dan Tidur

Tanpa anda sadari, makan, bicara, dan tidur sangat mempengaruhi kecepatan hafalan dan kemampuan anda mengingat hafalan Al Quran. Banyak makan, bicara, dan tidur bisa membuat otak anda menjadi lemah dalam menghafal, khususnya dalam menghafal Al Quran.

21. Banyak Berdoa

Sebagai manusia, anda hanya bisa berusaha menghafal Al Quran, Allah SWT yang menentukan dengan segala kehendak-Nya. Maka dari itu, perbanyak doa untuk memohon kekuatan hafalan Al Quran. Pastikan anda memanfaatkan waktu-waktu doa mustajab untuk meminta supaya Allah SWT memberikan anda semangat dan kemudahan dalam menghafal Al Quran. Tips dan cara cepat menghafal Al Quran ini benar-benar ampuh.

22. Fokus pada Perbedaan, Baikan Persamaan

Tips dan cara cepat menghafal Al Quran lainnya ialah dengan memfokuskan diri pada perbedaan dan baikan persamaan. Misalnya, ayat “Fabi ayyi alaa’i rabbikuma tukadz dziban”. Apabila anda menghafal 1 ayat tersebut, anda sebenarnya sudah menghafal sebanyak 31 ayat dari 78 ayat yang ada di surah Ar-Rahman. Anda sudah hampir menghafal separuh surah tersebut.


error: Content is protected !!