Cara Berbakti Kepada Orang Tua

3 Kunci Menyiapkan Diri Hadapi Kematian, Apa Saja?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. 3 Kunci Menyiapkan Diri Hadapi Kematian, Apa Saja?. Manusia  kebanyakan tidak pernah memikirkan kematian apalagi disaat lagi sehat walafiat. Padahal disaat sehat itu kita seharusnya mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian, seperti halnya beribadah sholat, membaca al qur’an, berbuat baik  kepada sesama, dan yang lainnya. 

Dan  mereka berkata semakin sehat nikmatilah masa sehatmu sebelum masa sakit dan juga selama masih hidup nikmatilah masa hidupmu.ungkapan tersebut sangat lah salah besar. Siapkanlah diri kita sebelum kita sakit dan juga sebelum kita menghadapi sakaratul maut dan diteruskan dengan kematian.

Ustadz Taufiqurrahman memberikan penjelasan tentang  tiga Kunci Menyiapkan  Dir Menghadapi Kematian. Sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Iman

Agar kunci keselamatan kita di dunia dan juga di akhirat terjamin , yakin lah kalau Allah Subhanahu Wa Ta’ala itu ada.  Keyakinan ini wajib kita tanamkan pada setiap manusia.

Ustad Taufiqurrahman mengatakan kalau orang yang benar memiliki iman, ada tiga syarat yaitu β€œ menanamkan keyakinan hati, membuktikan secara lisan dan membuktikan secara perbuatan.” Begitu perkataannya.

  1. Mempelajari atau menanamkan Ilmu

Dalam setiap perbuatan jika kita Memiliki ilmunya pastinya sesuatu perbuatan itu akan mudah dikerjakan dan insya Allah akan di lancar kan.  Terdapat kisah  riwayat dari Imam At-Turmudzi bahwa Rasulullah Shallallahu β€˜ alaihi wa sallam bersabda ” Adapun orang yang berhasil yang selalu mengintropeksi diri,dan mempersiapkan bekal sebelum datangnya ajal β€œ

  1. Selalu Istiqomah

Setiap manusia pastinya akan selalu ada godaan ketika mereka ingin memutuskan diri untuk selalu Istiqomah dalam menjalani perintah  dan menjauhi larangan yang Allah perintahkan. Semua itu sangat berat.  Allah Subhanahu Wa Ta’ala  telah berfirman di surat Fushshilat (41) : 30-32: yang artinya

Ayat 30 : Sesungguhnya orang –orang yang berkata. β€œ Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka ,maka malaikat –malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), β€œ Janganlah kamu merasa sakit dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surge yang telah dijanjikan kepadamu.

Ayat 31: Kami-lah Pelindung – pelindung-mu dalam kehidupan dunia dan akhirat ; di salamnya (surge) kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh apa yang kamu minta 

Ayat 32 : Sebagai penghormatan (bagimu) dari (Allah) Yang Maha Pengampun ,Maha Penyayang.Semua manusia pastinya akan kembali kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala  yang nantinya ingin masuk kedalam surga. Maka dari itu persiapkanlah dari sekarang untuk menghadapi kematian. Dengan ulasan diatas  tiga kunci Menyiapkan Diri Hadapi Kematian yang bisa diterapkan untuk semua manusia.  Wallahualam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!