Cara Belajar Membaca Alquran Sendiri

3 Tips Puasa Di Hari Pertama

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. 3 Tips Puasa Di Hari Pertama.disaat kita menjalani kehidupan sehari-hari, pastinya waktu tidak akan terasa begitu cepat berlalu dan kita pastinya akan merasakan begitu cepat sekali. Tinggal beberapa bulan lagi akan tiba waktunya  bulan ramadhan. Yang  nantinya kita sebagai umat muslim akan menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh.  Dalam menjalankan ibadah puasa, kita menahan lapar,haus dan juga hawa nafsu.  Kita menjalankan puasa dari saat adzan subuh dan berbuka disaat sudah adzan magrib. Pastinya tubuh kita akan mulai beradaptasi , yang biasanya di siang hari disaat kita beraktivitas akan merasa lelah, biasanya bisa minum dan makan, sekarang karena lagi puasa  tidak  boleh makan dan minum. Secara otomatis tubuh kita akan terasa lemas.

Oleh karena itu perlunya mempersiapkan diri untuk menghadapi  puasa di hari pertama. Berikut tiga tips  puasa di hari pertama.

  1.       Minum air putih yang banyak

Di bulan puasa  pastinya di waktu siang hari tubuh kita memerlukan cairan yang cukup agar kita tidak lemas dan juga tidak dehidrasi ,karena kekurangan cairan, yang membuat susahnya mengontrol emosi disaat puasa. Maka dari itu disaat besoknya mau berpuasa , kalian pada malam harinya minumlah air putih sekitar dua gelas air  supaya cairan pada tubuh tetap terpenuhi. Dan disaat kalian sahur,  minumlah air putih secukupnya, jangan berlebihan. Karena kalau kalian minum berlebihan bisa membuat perut kembung  yang nantinya  bisa membuat tubuh lemas di siang hari. Pastinya aktivitas akan terganggu.

  1.       Menu Makan Sahur

Menu saat sahur perlu kalian perhatikan , supaya tubuh saat menjalankan puasa tetap terasa segar dan juga bugar dan kegiatan aktivitas yang biasa kalian kerjakan secara rutin tidak terganggu hanya karena menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu makanan yang sangat disarankan saat sahur  adalah makanan yang memiliki kandungan  protein tinggi, serat, dan juga vitamin supaya  perut akan selalu merasa kenyang lebih lama. Jangan memakan makanan karbohidrat yang berlebihan , karena bisa membuat perut lebih cepat merasakan lapar yang berkali lipat pada siang hari.

  1.       Sempatkan istirahat siang

Aktifitas di siang hari memang pastinya akan menguras tenaga kita , apalagi yang bekerja di kantoran,  pastinya bekerja dengan berfikir lebih banyak menguras energi. Disarankan berilah waktu  sekitar 20 sampai 30 menit untuk  istirahat tidur di siang hari.  Walaupun tidur hanya 20-30 menit di siang hari, bisa membuat  kita merasakan kesegaran dan juga  otak bisa berkonsentrasi dengan baik sampai waktu adzan magrib  atau berbuka .

Begitulah 3 Tips Puasa di hari pertama , semoga bisa bermanfaat

Wallahualam Bishawab 

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!