4 Tips Perjalanan Umroh Bagi Jamaah Pengguna Kursi Roda

4 Tips Perjalanan Umroh Bagi Jamaah Pengguna Kursi Roda

Pagi para jamaah yang memiliki kondisi fisik yang  lemah dan juga  lansia jika ingin berangkat umroh diberi  prioritas khusus dan boleh menggunakan kursi roda  ketika sampai di tanah suci. Bagi para jamaah yang memakai kursi roda perlu adanya persiapan yang berbeda dengan jamaah biasanya, maka dari itu berikut 4 Tips Perjalanan Umroh Bagi Jamaah  Pengguna Kursi Roda.

  1.       Persiapan sebelum berangkat  umroh

Jamaah perlu memiliki  kursi roda dengan model lipat yang nantinya sangat mudah untuk dibawa kemana- mana. Kalau saja jamaah tidak mempunyai kursi roda model lipat, kalian bisa mencari informasi tentang penyewaan kursi roda lipat  untuk lebih pastinya bisa ditanyakan ke biro travel umroh yang dipakai  untuk mendapatkan fasilitas kursi roda. Sekarang ini  agen travel kebanyakan sudah memfasilitasi kursi roda bagi para calon  jamaahnya.

  1.       Saat Di  bandara dan selama penerbangan umroh

Jangan pernah lupa untuk mencari informasi di setiap maskapai penerbangan tentang tersedia atau tidaknya kursi roda untuk para jamaah umroh. Kalau tersedia  kalian pastikan jumlahnya cukup  dan perlu diperhatikan jalan untuk pengguna kursi roda  tersedia. Umumnya terdapat elevator yang khusus untuk pengguna kursi roda dan akan di beri pendampingan  oleh para petugas yang bersangkutan.

Saat sudah sampai di bandara Jeddah , para pengguna kursi roda diperbolehkan di dampingi  oleh  salah satu keluarganya. Jamaah  yang lain akan turun dari pesawat terlebih dahulu.  Yang nantinya akan bergabung bersama jamaah lainnya.

  1.       Saat di mekkah

Bagi pengguna kursi roda saat melaksana kan thawaf  boleh ikut , jika keadaan tidak padat dan ramai. Kalau sedang padat , maka thawafnya  berada di lantai dua , persiapkan fisik yang prima karena thawaf di lantai dua  jaraknya sekitar 1 kilometer. Untuk sai kalian akan lebih mudah  sebab ada jalur khusus untuk jamaah yang memakai kursi roda.

  1.       Saat di madinah

Buat kalian yang memakai kursi roda , tidak perlu khawatir  untuk datang beribadah ke masjid nabawi dan masjidil haram, dimana sudah tersedianya jalur khusus untuk pengguna kursi roda. Jika ingin ke toilet  sudah disediakan  elevator khusus menuju ke lantai dasar.

Adanya jalur khusus yang sudah disediakan jika para pengguna kursi roda ingin mengunjungi Makam Rasulullah dan juga Raudhah. Jalur khusus ini sangat bermanfaat  karena tidak perlu  untuk berdesak-desakan lagi

Wallahualam Bishawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Sahabat Yatim