5 Hak Anak dalam Islam yang Harus Dipenuhi Orang tua

Pesan-pesan Rasullullah tentang tata cara mendidik anak menurut Islam

BIsmillahirrohmanirrohim.5 Hak Anak dalam Islam yang Harus Dipenuhi Orang tua. Anak adalah darang dan juga daging kedua orang tuanya. Setiap anak mempunyai kewajiban dan juga hak yang harus dipenuhi, begitu  juga orang tua, juga memiliki hak dan juga kewajibannya . di dalam pembahasan sekarang , kita akan menyebutkan 5 hak anak dalam islam yang harus dipenuhi oleh orang tua sebagai berikut.

  1.       Menyusui

Setiap ibu memiliki kewajiban untuk memberikan ASI nya kepada anaknya semasa masih kecil atau bayi, Allah subhanahu wa Ta’ala, berfirman yang artinya : “ Para ibu hendaklah menyusu anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan “

  1.       Mendidiknya

Dalam mendidik anak seorang ibu sudah semestinya  akan memberikan pendidikan akhlak yang baik, seperti ajaran akhlak Nabi Muhamad dan para sahabatnya yang mulia. Allah memberikan kewajiban dan fitrah kepada seorang ibu.

  1.       Memberi Nama yang baik

Orang tua mempunyai kewajiban memberikan Nama yang baik buat anaknya dan buka nama hanya sekedar keren, tetapi namanya penuh makna secara islami. Rasulullah berkata 

“ Sesungguhnya  kamu sekalian akan di panggil dari hari  kiamat dengan nama- nama kamu sekalian, maka bagus lah nama Kalian.” (HR.Abu Dawud)

  1.       Mengajarkan kitab suci Alquran

Orang tua juga memiliki kewajiban dalam membeli pengajaran kepada anak agar meneladani kitab suci AlQuran. Hadist Rasulullah shalallahu alaihi wa salam yang diriwayatkan  oleh Ali Radiyallahu‘anhu bersabda.

 “ Ajarkanlah tiga hal  kepada anak-anak kalian, yakni mencintai nabi kalian, mencintai keluarga nya, dan membaca alquran. Sebab para pengusung alquran berada dibawah naungan arsy Allah  pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungannya, bersama para nabi dan orang –orang pilihannya. Dan, kedua orang tua yang memperhatikan  pengajaran Al quran kepada anak-anak mereka, keduanya mendapatkan pahala yang besar.”

  1.       Memberikan Nafkah dan Makanan Yang Halal

Orang tua mempunyai kewajiabn dalam memberikan nafkah dan makanan halal pada anak kita. Seperti sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa salam kepada Sa’ad bin Abi Waqhas, “ baguskanlah makananmu niscaya domu terkabulkan. “

 Begitulah artikel singkat tentang  5 Hak anak Dalam  islam yang harus dipenuhi. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih

 Wallahu alam Bishawab

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details