Mengajarkan Batasan Pergaulan

7 Cara Mendidik Anak Perempuan Secara Islam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.7 Cara Mendidik Anak Perempuan Secara Islam. Pada umumnya seorang ayah, abi, bapak , jika menginginkan seorang anak , pastinya akan bilang ingin punya anak laki-laki, dan jika ternyata yang lahir bukanlah anak laki-laki tetapi perempuan. Terkadang ada rasa kekecewaan dalam diri. Perlu diketahui anak perempuan mempunyai keistimewaan tersendiri dan jika kita sebagai Abi mengetahuinya pastinya akan mengatakan anak perempuan menjadi anugerah terindah . anak perempuan juga bisa menjadi penolong kedua orang tua di akhirat nanti seperti yang dijelaskan dalam hadist shahih : 

“Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, kelak akan menjadi penghalang dari api neraka. “ (HR.al Bukhari dan Muslim)

Agar anak kita menjadi generasi perempuan yang sholehah, maka kita sebagai orang tua  mendidik anak-anak perempuannya dengan benar yang seseua dengan syariat islam yang diajarkan oleh rasul kita nabi Muhamad shalallahualaihi wa Salam. Berikut 7 Cara Mendidik Anak Perempuan Secara islam:

  1. Mengajarkan ilmu tauhid 

Ilmu tauhid di dalam islam merupakan ilmu yang paling mendasar, yaitu konsep didalam memahami ketuhanan. Ajarkanlah anak kita bahwa allah  lah yang menciptakan manusia. Perkenalkanlah lafadz Lailaha illallah. Dengan cara mengulang ngulang  sehingga anak kita terbiasa mengucapkannya, setelah itu bisa ditambahkan lanjutannya yaitu Muhammad Darasulullah,Muhammad adalah utusan allah subhanahu wa taála.

  1. Mengajarkan doa-doa harian

Bukan hanya mengajarkan ilmu tauhid saja anak perempuan kita juga sangat diperlukan dalam mempelajari doa-doa harian. Seperti doa mau tidur, doa bercermin, doa keluar rumah, doa masuk dan keluar kamar mandi. Selalu mengajarkan ke anak kita ucapan bismillah setiap mau melakukan apapun. Dan juga mengajarkan ucapan alhamdulillah jika sudah selesai mengerjakan kegiatan apapun. Dan satu lagi selalu mengatakan insya allah jika berjanji kepada siapapun.

  1. Mengajarkan ilmu agama ( sholat, puasa, mengaji)

Dalam mempelajari sholat, puasa dan juga mengaji kita sebagai orang tua jangan menunggu saat anak kita sudah bisa berbicara baru diajarkan . tetapi ajarkanlah sedini mungkin. Saat masih balita kita sebagai orang tua harus menanamkan ilmu agama.

  1. Mengajarkan tata cara berpakaian yang islami( menutup aurat)

Ada hadist  yang diriwayatkan dari isteri nabi yaitu Aisyah ra : bahwa Asma’binti Abi Bakar menemui Rasulullah  shalallahu alaihi wa Salam  dalam kondisi sedang memaki pakaian pendek, maka Rasulullah  shalallahu alaihi wa Salam berpaling dan sambil berkata, ‘Wahai Asma’, Sesungguhnya wanita, apabila telah baligh, tidak pantas terlihat kecuali ini dan ini ( beliau menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya).’ ( HR.Abu Daud)

  1. Mengerjakan pekerjaan Rumah tangga

Perempuan memiliki kodrat jika sudah dewasa nanti akan menjadi seorang istri dan menjadi istri yang baik  bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti, masak, merawat anak, bersih bersih rumah dan lain sebagainya. Oleh karena itu sejak masih kecil dibiasakan dengan pekerjaan rumah, sedikit demi sedikit.

  1. Mengajarkan fiqih wanita

Orang tua  bisa mengajarkan tentang permasalahan haid,pernikahan, atau lainnya , selalu bersikap terbuka dan juga mengayomi kepada anak perempuan kita tetapi tidak melebihi batas usianya.  

“Barang siapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa. Maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku. “kemudian Anas bin Malik Berkata: Nabi menggabungkan jari-jari jemari Beliau.”( HR Muslim 2631).

  1. mengajarkan akhlak Mulia

Manusia yang memiliki akhlak paling terpuji dan tentunya menjadi contoh bagi umat islam seluruh dunia adalah Rasulullah  shalallahu alaihi wa Salam  . rasul selalu mengajarkan anak – anaknya agar selalu berperilaku yang baik kepada setiap manusia. Yang sering dan biasanya rasul mengajarkan dengan menceritakan kisah –kisah Nabi dan Penyampaian ayat –ayat Alquran.

Rasulullah  shalallahu alaihi wa sallam   bersabda : “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak. “

Wallahu’alam Bishawab

Begitulah ulasan singkat tentang 7 Cara Mendidik Anak Perempuan Secara Islami. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. 

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!