7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dengan Efektif

cara-mengelola-keuangan-usaha-dengan-memperhatikan-perjanjian-kontrak

7 Cara Mengelola Keuangan Usaha dengan Efektif, Mengelola sistem keuangan dalam bisnis menjadi suatu hal yang wajib untuk dilakukan oleh para pebisnis apabila usaha yang dijalankannya ingin bertahan dan berkembang. Banyak pebisnis yang terkadang tidak mampu mengelola sistem keuangan mereka sehingga membuat usaha yang dijalankannya terhambat dan bahkan beresiko gulung tikar.

Jika bicara mengenai cara mengelola uang, pastinya ada banyak strategi yang dapat diterapkan dan setiap pebisnis memiliki cara dan strategi yang berbeda beda. Namun meski demikian, ada beberapa cara mengelola keuangan yang efektif dan telah dibuktikan oleh banyak pengusaha yang telah sukses. Bagaimana caranya.? berikut beberapa diantaranya.

Pisahkan Keuangan Pribadi Dan Perusahaan

Cara pertama yang dilakukan para pebisnis dalam mengelola sistem keuangan dalam bisnis adalah dengan memilah uang atau kebutuhan bisnis dengan kebutuhan pribadi. Banyak orang yang tidak menerapkan cara yang satu ini sehingga membuat mereka sulit mengatur sistem keuangan dalam bisnis mereka dan bahkan tidak sedikit pula dari mereka yang menjadi kesulitan dalam menjabarkan terkait keuntungan yang mereka peroleh dalam berbisnis. 

Gunakan Pembukuan Keuangan

Pengelola keuangan bisnis tidak akan cukup jika hanya mengandalkan ingatan saja, melainkan juga harus didukung dengan dokumentasi yang lengkap. Cara mengelola keuangan usaha yang wajib Anda gunakan minimal adalah Buku Kas Masuk dan Buku Kas Keluar.

Dengan menerapkan sistem ini akan membuat proses kerja akan menjadi lebih teliti sehingga ketika ada kesalahan dalam sistem keuangan akan mudah terlihat.

Rencanakan Dengan Baik Penggunaan Uang

Meskipun anda memiliki modal yang lebih besar dari yang telah anda perkirakan, namun jangan pernah untuk tidak merencanakan penggunaan uang, sebab tanpa adanya rencana penggunaan uang, anda akan mudah untuk berada pada posisi kekurangan uang.

Usahakan untuk menyesuaikan rencana kontes dengan target penjualan dan penerimaan kas. Anda menunda rencana belanja modal jika tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya. Jangan lupa selalu lakukan analisa “cost and benefit” untuk meyakinkan bahwa penggunaan uang tidak akan sia-sia dan memberikan return yang menguntungkan dan meningkatkan profit usaha.

Lakukan Perputaran Pada Kas Secara Efektif

Dalam menjalankan usaha dan mengelola sistem keuangan, anda tidak boleh untuk terlalu fokus pada keuntungan saja. Anda harus selalu memperhatikan sistem mengelola keuangan dengan baik termasuk juga dengan mengelola hutang, piutan dan persediaan. Banyak bisnis yang mengalami kesulitan meskipun secara pencatatan akuntansi hasilnya baik. Coba Anda perhatikan lagi perputaran kas. Jika perputaran kas jika waktu kredit Anda lebih lama dibandingkan pembelian dalam jumlah besar, atau jika Anda harus menyimpan persediaan barang dagangan.

Anda harus menyediakan waktu kredit sama dengan pembelian kredit Anda. Anda harus mampu menekan tingkat persediaan yang sedemikian rupa agar mengatasi agar tidak membebani keuangan.

Kembali Perhitungan Laba Yang Benar

Dalam bisnis tentu tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan, namun pernahkah Anda menghitung berapa keuntungan yang telah Anda dapatkan? Menghitung laba yang tepat sama pentingnya dengan menghasilkan laba itu sendiri.

Bagian paling penting dalam menghitung laba adalah menghitung biaya-biaya. Sebagian besar biaya termasuk pembayaran secara tunai dan ada sebagian besar uang kas namun seperti perbedaan dan amortisasi masa lalu yang belum terjadi namun perlu dicadangkan untuk kontes masa mendatang seperti pajak dan bunga kredit.

Kontrol Aset, Hutang Dan Kondisi Modal

Anda sebaiknya selalu memeriksa ketersediaan barang di gudang, apakah produk yang  anda jalankan berada dalam kondisi yang lengkap dan baik. Namun sebelum itu akan dilakukan, pastikan bawa anda melakukan pengecekkan terlebih dahulu kepada sistem administrasi usaha. 

Anda perlu mengecek kembali terhadap hutang piutang anda terhadap pembeli maupun pemasok barang. Pastinya anda tidak mau jika tagihan menjadi macet karena catatan yang berantakkan.

Maka dari itulah disini anda perlu menghadirkan tenaga pembantu yang ahli dibidang tersebut dan hanya akan terfokus pada hal tersebut.

Perencanaan Pengembangan Usaha Dari Hasil Keuntungan

Sebagai seorang pebisnis,tentu anda berhak untuk menikmati keuntungan dari usaha anda selama ini. namun bukan berarti anda dengan bebas untuk menghambur hamburkan uang. Anda juga perlu untuk membuat atau mengatur perencanaan terhadap bisnis agar nantinya usaha yang anda jalankan dapat berkembang.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details