8 Keutamaan Sholat Dhuha Beserta Cara Mengerjakannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Terdapat berbagai macam amalan sunnah yang dapat dilakukan oleh umat islam. Dimana umat muslim yang melakukan amalan – amalan sunnah tersebut tak lain untuk mendapatkan sebuah pahala dari penciptanya yaitu Allah SWT. Salah satu amalan yang akan membuat umat muslim merasakan pahala dan bentuk wujud dari amalan sunnah tersbeut dilakukan adalah sholat dhuha. Telah banyak orang atau umat muslim yang berlomba – lomba agar bisa untuk mendapatkan pahala dengan sholat dhuha tersebut. Tidak ada salahnya bagi kalian yang ingin mengerjakan sholat sunnah ini ya tetapi jangan lupakan juga ya sholat wajib 5 waktunya meskipun telah sholat sunnah.

Sholat sunnah yang dilakukan oleh umat muslim ini adalah sholat yang sangat memiliki pahala besar. Apalagi bagi seseorang yang sedang terkena musibah menerpanya nih maka sholat sunnah adalah salah satu jalan keluarnya. Jika sholat sunnah merupakan salah satu jalan keluar maka anda juga haruslah bisa mengimbangi dengan sholat 5 waktu yang wajib tersebut. Tentunya melakukan sholat wajib sangat diutamakan ya. Tentunya sudah banyak orang yang tahu bahwa kekuatan dari sholat sunnah ini sangatlah besar dan memiliki dampak istimewa bagi siapa saja yang menjalankannya. 

8 Keutamaan Sholat Dhuha Beserta Cara Mengerjakannya

Keutamaan Sholat Dhuha Yang Wajib Diketahui Bagi Setiap Umat Muslim Dunia Ya

Nah pada pembahasan pertama ini kita akan mengupas apa sih keutamaan sholat dhuha tersebut. Dimana sholat yang dilakukan inilah dapat memperlancar rezeki kita loh ya. Dapat anda ketahui bahwa umat muslim yang sering mengerjakan sholat dhuha ini akan selalu di permudahkan segala urusannya. Salah satu urusan yang di permudahkan dengan melaksanakn sholat dhuha ini adalah urusan rezeki serta kebutuhan anda akan bisa tercukupi. Sebab hal ini telah sesuai dengan hadist dari Rasulullah SAW. Adapun bunyi dari hadist tersebut ialah bahwa janganlah engkau tinggalkan 4 rakaat dholat di awal siang hari, maka hal itu akan mencukupimu di akhir siang.

Beberapa Manfaat Sholat Dhuha Untuk Anda 

Pada bab selanjutnya ini kita akan membahas mengenai manfaat sholat dhuha ini sendiri apa ya. Nah siapa nih yang sedang mencari jodoh yang tepat untuk dunia akhirat. Jika anda masih belum menemukan seorang jodoh yang pas maka sholat dhuha adalah salah satu jalan keluarnya ya. Kalian tentunya sangat tahu bahwa jodoh dan rezeki itu sudah diatur oleh Tuhan. Tetapi jika anda berusaha dengan mengerjakan sholat dhuha ini maka nantinya anda akan sesegera mungkin bertemu dengan jodoh Allah ya. Jika anda sedang rumit dengan persoalan perjodohan ini maka amalkanlah sholat dhuha ya. Ketika anda melaksanakannya dengan rajin maka ridha Allah akan hadir ya.

Adapun jika anda ingin mengerjakan sholat dhuha tersebut maka rakaat sholat dhuha tesebut yaitu sebanyak 2 rakaat hingga 12. Adapun manfaat dari sholat dhuha yang kedua tersebut ia lah dosa – dosa pada tahun lalu akan dihapuskan ya. Tentu kita tahu sendiri bahwa setiap manusia ini tidak luput dengan yang namanya dosa serta kesalahan bukan. Sehingga memohon ampunan kepada Tuhan adalah salah satu cara untuk kita menghapus dosa tersebut bukan. Salah satu cara untuk menghapus dosa ini yaitu dengan sholat dhuha yang sangat luar biasa. Karena sudah terdapat sebuah hadist di dalam al – qur’an yang menyebutkan keistimewaan dari sholat dhuha ini.

Beginilah Cara Mengerjakan Sholat Dhuha

Pada pokok pembahasan selanjutnya ini mengenai cara mengerjakan sholat dhuha ya kawan. Sebelum memasuki cara mengerjakan sholat dhuha ini maka anda haruslah mengetahui waktu pelaksanaan dari sholat dhuha tersebut. Adapun sholat dhuha ini di kerjakan pada saat awal waktu yaitu 20 menit setelah matahari terbit ya. Sebab telah terdapat sebuah hadist yang menerangkan mengenai sholat dhuha tersebut pada riwayat Amr bin Abasah. Adapun bunyi dari riwayat tersebut adalah kerjakanlah sholat subuh dan kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit. Matahari terbit ini di antara dua tanduk setan, saat itulah orang – orang kafir sedang bersujud. 

Selanjutnya kita akan membahas mengenai cara shalat dhuha ini sendiri bagaimana. Adapun waktu dari akhir sholat dhuha ini kalian ketahui. Adapun waktu sholat dhuha ini 15 menit sebelum memasuki sholat zuhur ya. Nah dimana waktu yang sangat tepat untuk anda lakukan yaitu di saat sedang siang hari sangat terik dan panas ini maka akan sangat baik waktu nya loh. Sebagaimana yang telah di riwayatkan oleh Zaid bin Arqam. Dimana ia berkata bahwa tidaklah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama maka sesungguhnya Rasulullah bersabda sholat orang – orang awwabin atau taat kepada Allah.

Lantas Inilah  Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat Yang Sangat Mudah

Nah jika anda telah mengetahui waktu melaksanakan sholat dhuha maka inilah cara sholat dhuha 4 rakaat ya. Untuk yang pertama anda bisa membacakan niat dari sholat dhuha ya yang kemudian di lanjutkan dengan takbirotul ihram sembari mengangkat kedua tangan. Setelah itu anda dapat membacakan iftitah serta membaca doa al – fatihah dan membaca surah ad dhua tersebut. Setelah membacakan itu nantinya di lanjut dengan rukuk serta i’tidal ya. Lalu anda lanjutkan dengan sujud serta duduk di antara 2 sujud. Kemudian sujud kedua dengan tuma’ninah yang di lanjutkan dengan berdiri menunaikan rakaat kedua ya. 

Lanjutkanlah anda membaca surah al – fatihah sembari dengan membaca surat as – syams dengan dilanjutkan dengan ruku tuma’ninah ya. Setelah itu anda lanjutkanlah dengan i’tidal dengan tuma’ninah serta melakukan kegiatan selanjutnya dengan sujud. Setelah itu anda dapat duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah dan lalu tasyahud akhir dengan tuma’ninah sembari membaca doa sholat dhuha ya. Setelah menyelesaikan sholat tersebut maka anda langsung saja mengucap istighfar tiga kali dengan dzikir ya. Kemudian anda bisa melanjutkannya dengan membaca doa sholat dhuha.

Melakukan serangkaian kegiatan sunnah atau yang dimaksud dengan sholat dhuha ini akan mendapatkan dampak keuntungan selalu bagi setiap orang. Dimana salah satu keuntungan tersebut wajah anda akan bisa berseri – seri loh ternyata. Keutamaan sholat dhuha ini sangatlah membuat anda harapkan bukan sebab air wudhu anda akan bisa melaksanakan sholat dhuha sembari bersinar wajahnya. Sehingga nantinya tidak ada lagi salahnya anda dalam melakukan amalan sholat dhuha ini ya apalagi dampak keduanya anda dapat dijauhkan dari yang namanya hal buruk loh ya.

Nah itulah beberapa keutamaan sholat dhuha yang wajib kalian ketahui ya. Dengan begini anda tidak perlu merasakan kecemasan dalam setiap masalah atau musibah yang sedang menyerang anda ya. Yuk marilah kita sempatkan waktu agar bisa menunaikan ibadah sunnah ini ya.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!