8 Menu Sahur Sehat di Bulan Ramadhan

8 Menu Sahur Sehat di Bulan Ramadhan

Bismillahirrohmanirrohim. 8 Menu Sahur Sehat di Bulan Ramadhan. Bulan puasa ramadhan yang akan dijalankan seluruh umat muslim di dunia  sangatlah berbeda tahun ini dengan tahun sebelumnya. Karena tahun ini puasa diwarnai dengan kondisi pandemic covid 19 yang melanda  di seluruh dunia juga.

Makan sahur pastinya menjadi kegiatan yang sangat penting  sebagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan energy untuk nantinya beraktivitas di bulan puasa. Di artikel ini penulis akan mengulas 8 menu Sahur Sehat di bulan ramadhan:

  1.       Menu Makanan sumber karbohidrat tinggi

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan juga serat yang tinggi, yang nantinya bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama . dan disaat kita beraktivitas selama bulan ramadhan perut tidak akan mudah merasakan lapar. Contoh makanan yang berkarbohidrat tinggi yaitu, nasi putih, nasi merah, jagung,kentang dan juga roti gandum.

  1.       Menu makanan berprotein

Makanan yang memiliki sumber protein yang tinggi  sangat mudah sekali kita untuk membelinya di pasar ataupun di perbelanjaan mall, dan kita bisa memilihnya . seperti halnya daging  yang merupakan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.  Kita bisa olah daging tersebut menjadi semur daging atau daging panggang. Seandainya kita bosan makan daging atau budget keuangan kita tidak cukup membeli daging, bisa di ganti dengan makanan lain yaitu, tempe,tahu,ikan atau juga ayam.

  1.       Menu sahur Buah dan sayuran

Buah dan sayuran tidak kalah pentingnya untuk menu sahur. Untuk sayuran kita bisa  membuat menu masakan yaitu sup sayuran, tumis sayuran dan juga sayur bening. Menu sayuran ini sangat wajib disajikan saat sahur dan juga berbuka . Untuk menambah asupan vitamin dan mineral pada tubuh, bisa  mengkonsumsi buah , bisa dengan di potong potong atau di jus.

  1.       Menu makanan yang kaya akan zat besi

Makanan yang kaya akan zat besi  yaitu buah kurma,hati , tomat,sayur bayam dan sayur daun singkong. Disaat berpuasa tubuh  otomatis akan kekurangan zat besi yang banyak

  1.       Menu makanan yang kaya akan magnesium dan kalium

Magnesium bermanfaat untuk mencadangkan energy pada tubuh kita dan juga kalium  memiliki manfaat sebagai penyeimbang kadar air di dalam tubuh. Menu makanannya  kita bisa siapkan seperti buah pisang,jeruk dan juga alpukat.

  1.       Menu Kacang Kacangan.

Menu sahur yang satu ini sangat mudah juga juga praktis untuk disajikan yaitu menu kacang kacangan yang kandungan nutrisi, protein dan juga  lemak yang tinggi yang sangat dibutuhkan  oleh tubuh.

  1.       Air putih

Jangan pernah lupa untuk minum air putih yang cukup. Saat kita baru bangun minumlah air putih satu sampai dua gelas .  dan setelah makan sahur minum air putih minimal satu gelas saja

  1.       SUSU

Disaat kita sahur disarankan untuk meminum Susu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh di bulan puasa ini.  Bisa minum susu kedelai yang memiliki kandungan protein yang tinggi.    

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details