(021) 5312 6107

Ketika prancis melarang penggunaan jilbab dan cadar? Ini yang terjadi..

SYIAR

Pada tahun 2014, Donna Karan melepas Ramadan Summer Collection. Ketika Prancis melarang penggunaan jilbab dan cadar, DKNY (Donna karan new york) justru memberi “pengakuan” bagi Muslimah untuk tampil sopan dan modis.

Koleksi Ramadan ini diarsiteki dua perempuan timur tengah yang berprofesi sebagai desainer dan fashion editor, Yada Golsharifi dan Tamara Al Gabbani.

Ketika Prancis melarang penggunaan jilbab dan cadar, DKNY justru memberi pengakuan pada muslimah

Kedua perempuan itu tahu persis mau dibawa kemana koleksi DKNY. Hasilnya, tak hanya indah. tapi juga halal. Halal menurut versi keduanya; potongan tidak membentuk lekuk tubuh, bahan tidak trdnsparan, siluet tubuh terlindungi, leherlengan- kaki tedutup. Bahan yang digunakan juga membungkus tubuh tanpa menonjolkan curve. Hasilnya, gaun, rok, jumpsuit, kaus tangan panjang, mantel, dan jaket kulit tampil dalam gaya yang segar, elegan, glamor, dan tetap santun.

Ramadan Line dari DKNY juga disorot karena kontroversi. Karena Ramadan yang dikenal oleh masyarakat dunia adalah saat untuk berbagi, bersedekah, dan berzakat. Banyak yang mencibir, menghabiskan uang ribuan dolar untuk membeli baju berlabel internasional itu tidak sesuai dengan spirit Ramadan sebagai bulan ibadah dan kontemplasi bagi Muslim.

Namun akhirnya, tudingan miring itu mentah dengan sendirinya. Karena selepas Ramadan, umat lslam diperkenankan untuk merayakan kemenangan. Dan salah satu yang disunahkan adalah mengenakan pakaian baru. Maka, sah-sah saja DKNY mengambil momen Ramadan sebagai salah satu strategi marketing yang jitu untuk membidik para Muslimah.

Sayangnya, DKNY’merusak’ kegemilangannya dengan memasukkan hadis yang tidak sempurna ke dalam websitenya.

Seharusnya tertulis, “Ramadan is the month whose beginning is mercy, whose middle is forgiveness and whose end is freedom from fire”” Tapi DKNY menghapus frase “from fire” di akhir hadis”

Dengan begitu, maknanya jelas berbeda. Kebebasan dari api neraka mengandung arti ‘hadirnya ketakwaan setelah puasa’. Sementara kebebasan ala manusia (freedom) bisa dimanifestasikan dalam hal-hal yang tidak sesuai syariah lslam.

Sementara itu, desainer Marwa Atik yang mencuat lewat brand Vela Scarves di Los Angeles menegaskan bahwa mengenakan hijab bukanlah sebuah paksaan. Menurut Marwa, ia berpakaian santun agar masyarakat bisa menilai siapa ia sesungguhnya melalui kepribadian dan akhlak” Bukan dari penampilan luar yang bisa memprovokasi.

MusMagz-Ovi Shofianur


error: Content is protected !!