9 Efek PMS pada Wanita Setiap Bulannya

9 Efek PMS pada Wanita Setiap Bulannya

9 Efek PMS pada Wanita Setiap Bulannya9 Efek PMS pada Wanita Setiap Bulannya – Setidaknya ada 90 persen wanita yang mengalami premenstrual syndrome atau PMS selama mereka menstruasi. Biasanya perubahan ini akan dialami oleh seorang wanita dan berlangsung selama kurang lebih 10 hari sebelum tanggal menstruasi. PMS bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Hormon estrogen dan progesteron yang berubah dengan sangat cepat menyebabkan perubahan suasana hati sehingga wanita mudah tersinggung.

Selain perubahan-perubahan tersebut, beberapa wanita juga akan mengalami gejala PMS lainnya seperti sakit kepala,kembung, nyeri pada payudara, rasa lelah dan gejala yang lainnya.

9 Efek PMS pada Wanita Setiap Bulannya

Beberapa efek PMS yang biasanya dihadapi oleh wanita setiap bulannya, antara lain.

 

1.        Kehilangan keseimbangan

Ini adalah salah satu masalah yang menyebabkan wanita cenderung goyah dan kehilangan keseimbangan pada kakinya. Selama menstruasi, seorang wanita akan sering merasa tidak stabil, tidak hanya secara fisik melainkan juga secara mental. Itulah sebabnya mengapa banyak wanita bisa mengambil keputusan yang tidak masuk akal pada saat mereka menstruasi.

 

2.        Malas dan ngantuk

PMS akan membuat wanita merasa sangat malas disebabkan karena perubahan hormon yang sangat drastis dalam tubuh mereka. Rasa malas tersebut kemudian diperparah dengan ngantuk. Tidak hanya itu, dalam kondisi terburuk bahkan wanita bisa mengalami kejang otot.

 

3.        Makan lebih banyak

PMS juga dapat menjadi sebuah masalah jika disangkutkan dengan diet. Pada kondisi ini, wanita bisa membenci makanan yang dia sukai, atau sebaliknya dia akan mengidam-idamkan makanan tertentu hingga ke tingkat maksimum. Selama fase PMS wanita cenderung merasa mual.Untuk meredakan masalah tersebut, cobalah menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya.

 

4.        Kembung

Seminggu sebelum menstruasi biasanya perut menjadi kembung dan ini merupakan salah satu gejala PMS yang akan membuat wanita merasa kenyang. Perasaan tersebut membuat wanita seolah-olah baru saja menambah berat badan dalam jumlah yang sangat banyak sehingga mereka merasa sangat emosi.

 

5.        Menjadi rewel

PMS juga menyebabkan wanita menjadi sedikit rewel karena hormon estrogen dan progesteron yang berfluktuasi secara radikal dengan cepat. Perubahan suasana hati yang sangat cepat dari sedih menjadi gembira atau tertekan dan lain-lain, membuat wanita terkesan rewel.

 

6.        Lelah

Efek PMS lainnya yang dirasakan oleh wanita setiap bulan adalah perasaan lelah, terutama apabila mereka tidak mengkonsumsi makanan bergizi. Hal tersebut bisa diakibatkan karena tubuh belum bisa menerima karbohidrat dan protein untuk menyiapkan energi. Untuk mengatasi masalah lelah yang selalu melanda pada saat PMS ada baiknya anda rajin mengkonsumsi air putih.

 

7.        Tidak mood berhubungan seksual

Perubahan hormon yang terjadi juga menyebabkan wanita merasa tidak nyaman.Sehingga, mengharapkannya wanita menjadi romantis pada saat itu terkadang adalah sesuatu yang mustahil.

 

8.        Membuatnya sembelit

Kembung pada perut juga biasanya disertai rasa sakit dan sembelit. Kedua tanda-tanda tersebut adalah gejala PMS.

 

9.        Tidak terkontrol

Efek PMS pada wanita lainnya adalah, mereka biasanya tidak terkontrol baik dalam bertingkah laku maupun dalam berpikir.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details