Cara Mendidik Anak Laki Laki

9 Tips Belajar Aktif Selama Berpuasa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. 9 Tips Belajar Aktif Selama Berpuasa. Bulan puasa bukan halangan untuk  selalu aktif  . bahkan di bulan puasa ramadhan ini kita bisa pakai untuk belajar melatih sikap  disiplin   dan bisa untuk meningkatkan iman dan taqwa , kepada allah subhanahu wa ta’ ala. Kita bisa melakukan secara bersamaan  dalam menjalankan ibadah puasa dimana itu kewajiban bagi umat muslim dan  belajar ilmu agama atau ilmu dunia seperti biasanya.

Disini kita akan memberikan  9 tips Belajar aktif selama berpuasa, sebagai berikut

  1.       Konsumsi makanan sehat dan bergizi di saat sahur

Makan sahur sangatlah penting di saat kita akan menjalankan ibadah di keesokan harinya. Tetapi kita juga perlu memperhatikan makanan yang kita makan di saat sahur, konsumsilah makanan yang sehat dan juga bergizi di saat sahur. Minumlah air putih yang cukup di malam hari , agar cairan pada tubuh bisa terpenuhi , sebagai pengganti cairan yang telah hilang di waktu  menjalankan ibadah puasa.

  1.       Jangan Tidur setelah sahur

Kebiasaan kita setelah sahur langsung tidur dengan alasan menunggu waktu adzan subuh.  Selesai sahur kita bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk menanti adzan subuh . seperti berdzikir. Kalau kita tidur setelah makan sahur  dan sholat subuh tubuh kita akan merasakan lemas dan juga kurangnya semangat  saat menjalankan puasa .

  1.       Mengatur jadwal

Buatlah jadwal harian disaat akan menjalankan puasa selama sebulan penuh,  dan jadwal tersebut nantinya akan kita kerjakan secara rutin dan sebagai bahan belajar kita  disiplin .  atur sesuai dengan   baik . supaya kegiatan kita sehari hari bisa terlaksana semuanya.  Dengan mengatur jadwal  dalam menjalankan kegiatan sehari –hari bisa secara teratur dan kita bisa belajar efektif selama ramadhan.

  1.       Sempatkan tidur siang

Di saat puasa, waktu siang sempatkan kita untuk istirahat tidur, cukup dengan 20-30 menit saja kita tidur , bisa membuat tubuh menjadi segar  sampai saat berbuka .

  1.       Belajar di siang hari

Belajar di siang hari bisa lakukan setelah kita beristirahat tidur siang selama 20-30 menit,  karena disaat itu tubuh kita sudah kembali segar dan otak menjadi mudah menyerap apa yang kita pelajari.

  1.       Belajar Online

Teknologi  sekarang ini sudah sangat canggih, dan sudah tersebarnya internet . dimana internet bisa membuat kita belajar dengan mendapatkan ilmu seluas – luasnya. Pelajaran yang tidak ada di buku paket bisa kalian pelajari di internet.

  1.       Mempelajari agama dan juga Mengaji

Bulan ramadhan ini merupakan bulan yang apa yang kita kerjakan sesuai dengan ajaran allah subhanahu wa ta’ala  akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan  tidak akan sia-sia. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan  waktu yang begitu berkah ini dengan belajar ilmu agama dan juga mengaji alquran.

  1.       Rajin berolahraga

Walaupun kita lagi menjalankan puasa , kita jangan pernah lupa  untuk berolahraga. Karena olahraga disaat sedang puasa itu suatu hal yang sangat penting. Tetapi kita perlu memilih olahraga yang tidak berat, tetapi olahraga yang ringan-ringan saja. Contoh saja kita bisa melakukan jalan pagi ,  bersepeda dan juga melakukan senam ringan di rumah.

  1.       Ibadah yang banyak

Jangan pernah kita menyia-nyiakan  bulan ramadhan, karena di bulan yang sangat istimewa ini Allah  subhanahu wa ta’ala menjanjikan kepada hambarnya yang menjalankan ibadah di bulan ini  pahalanya berlipat ganda. Secara tidak langsung kita berlatih untuk selalu  istiqomah dalam beribadah. Agar di saat selesai ramadhan kita terbiasa beribadah.

Wallahualam Bishawab.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!