Lumpuh layuh akut=polio? Tidak selalu. Ayo waspada!!

000000 4654 PHOTO-CD-1

penyebab lumpuh layuh pada anak – Gangguan otak menyebabkan lumpuh kaku. Sebaliknya gangguan sumsum tulang belakang sampai ke otot menyebabkan lumpuh layuh. Banyak hal atau penyakit yang dapat menyebabkan lumpuh layuh akut, bukan hanya polio. Polio hanya merupakan salah satu di antara penyebab lumpuh layuh akut.

Jadi mengapa semua kasus lumpuh layuh akut harus dilaporkan dan diperiksa fesesnya dalam waktu 2 minggu? Hal ini harus dilakukan untuk mendeteksi apakah lumpuh layuh akut tersebut disebabkan polio atau tidak. Bila semua lumpuh layuh yang ditemukan bukan disebabkan polio, negara tersebut aman dari polio. Bila ditemukan satu saja disebabkan virus polio liar, terjadilah kehebohan seperti sekarang.

Penyebab lumpuh layuh akut:
. Virus Polio liar
. Syndrome Guillain-Barre merupakan 50% dari penyebab lumpuh layuh akut
. Peradangan sumsum tulang belakang melintang (Acute Transverse Myelitis)
. Lain-lain masih banyak lagi.

sisi positif (+)
Tim surveilans lumpuh layuh akut telah menemukan dengan cepat kasus polio liar di Sukabumi sehingga penanggulangan dapat dilakukan dengan cepat.
Laboratorium BioFarma di Bandung mengerjakan tugasnya dengan sangat baik, sehingga virus polio liar
dapat dideteksi dengan cepat dari bahan feses yang diperiksa.

sisi negatif (-)
Ternyata masih ada anak yang belum mendapat imunisasi, dengan lengkap. Hal ini disebabkan ketidaktahuan orang tua, atau petugas imunisasi sulit mencapai tempat tinggal anak. Selain itu, berita atau persepsi yang menyesatkan bahwa imunisasi polio menyebabkan demam, diare dan lain-lain juga menghambat pemberian imunisasi.

Anakku vol.1 6/15

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details