Alasan Kita Semakin Sulit Hidup Sehat di Era Modern

Alasan Kita Semakin Sulit Hidup Sehat di Era Modern

Alasan Kita Semakin Sulit Hidup Sehat di Era Modern – Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa saat ini, setiap orang semakin kesulitan untuk hidup sehat atau menjalani gaya hidup sehat serta mempertahankan hidup sehat. Hal tersebut lebih sulit dibandingkan dengan zaman dahulu. Ini bukan hanya tentang makanan yang kita konsumsi setiap hari atau karena kurang berolahraga. Lebih dari itu, lingkungan di sekeliling kita merupakan rintangan kesehatan yang sangat berat untuk dilalui. Dan akan semakin berat jika kita mempertahankan gaya hidup tidak sehat.

Sekalipun jika kita membandingkan, apabila orang saat ini dan orang zaman dahulu yang makan dan berolahraga dengan pilihan yang sama akan menghasilkan tingkat kesehatan yang sangat berbeda. Anda akan sangat terkejut karena generasi pada zaman dahulu akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan generasi saat ini yang menjalani gaya hidup sama.

Lalu apa penyebabnya? Apakah gaya hidup modern membuat kesehatan kita semakin memburuk?

Untuk lebih menyederhanakan masalah ini, sebenarnya ada faktor yang berkontribusi terhadap situasi dimana kita kesulitan untuk menjaga kesehatan. Beberapa diantaranya adalah penggunaan pestisida pada makanan, atau banyaknya makanan yang diubah menjadi produk olahan serta polusi yang semakin mengganggu.

 Alasan Kita Semakin Sulit Hidup Sehat di Era Modern

Alasan Mengapa Kita Sulit Hidup Sehat

Agar lebih terperinci, berikut adalah beberapa alasan mengapa orang saat ini kesulitan untuk hidup sehat, bahkan setelah mereka melakukan berbagai kegiatan yang menyehatkan seperti memilih makanan sehat dan berolahraga.

 

1.        Kandungan pestisida pada makanan

Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang ada di pasar sudah pasti yang dijual adalah yang terbaik. Namun tahukah anda bahwa berbagai sayuran dan buah-buahan yang tidak disukai oleh ulat dan lain-lain ternyata mengandung banyak pestisida alias racun.

Apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung pestisida, atau apabila ibu yang mengandung terpapar pestisida, hal tersebut dapat meningkatkan peluang obesitas pada anak-anak.Dampaknya tidak hanya sampai disana, pestisida menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai perubahan negatif.

 

2.        Berolahraga di tempat yang tidak sehat

Jangan heran apabila olahraga bukannya membuat anda semakin sehat justru membuat anda semakin sakit dan rentan terhadap penyakit, karena berolahraga di tempat-tempat yang memiliki tingkat polusi sangat tinggi seperti di pinggir jalan yang banyak dilalui mobil. Tidak jarang kita melihat orang berlari di pinggir jalan, bersepeda di jalan raya, atau bermain futsal di pinggir jalan.

Bentuk kegiatan olahraga yang dilakukan sehat, namun apa yang dihirup akan membuat tubuh sakit.

 

3.        Makanan olahan

Makanan olahan yang kita konsumsi setiap hari bisa mengganggu keseimbangan usus dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jadi, tidak heran apabila orang yang sering mengkonsumsi keripik mengalami obesitas dan beresiko terkena serangan jantung, dan lain-lain.

 

4.        Pola tidur

Di beberapa kota besar, manusianya hampir tidak pernah tidur. Dan hal tersebut tentu sangat mengganggu. Bahkan bagi anda yang bisa tidur tepat waktu, berbagai gangguan konstan seperti dering dari smartphone, notifikasi, maupun tetangga anda mungkin saja membuat tidur tidak berkualitas.

 

5.        Pemanis buatan

Alasan lain yang membuat kita sangat sulit untuk menjadi lebih sehat dibandingkan dengan yang kita inginkan, karena seringnya kita mengkonsumsi pemanis buatan. Dalam 50 tahun terakhir, berbagai makanan yang menggunakan pemanis buatan atau gula meningkat secara drastis. Tidak hanya makanan untuk orang dewasa, bahkan makanan untuk anak-anak juga sangat berbahaya saat ini.

 

6.        Stres yang meningkat

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa gaya hidup mereka sangat mahal sehingga membuat stres semakin meningkat. Hanya sedikit orang yang bisa memilih gaya hidup sederhana untuk menjaga kesehatan.

Gaya hidup yang mahal menyebabkan kebutuhan hidup semakin meningkat. Begitu juga dengan kebutuhan akan uang yang menjadi satu-satunya cara untuk memenuhi gaya hidup tersebut. Terkadang bagi sebagian orang mencari uang bukanlah perkara mudah. Oleh sebab itu, tingkat stress semakin tinggi.Apalagi jika anggota keluarga bertambah sehingga beban pun akan semakin meningkat.

 

7.        Obat-obatan

Orang jaman dahulu banyak menggunakan obat-obatan alami yang efek sampingnya tidak terlalu berbahaya. Sedangkan orang saat ini lebih memilih obat-obatan yang terkadang banyak mengandung kimia berbahaya walaupun bisa menyembuhkan penyakit dalam waktu singkat. Namun, efeknya dalam jangka panjang bisa memberikan sesuatu yang diluar dugaan.

Obat-obatan sebagian besar dapat mengganggu kekebalan tubuh dan bahkan melemahkannya.

 

8.        Kebanyakan duduk

Tidak bisa dipungkiri bahwa bekerja di kantor hampir semua orang memimpikannya. Sangat jarang orang yang mau bekerja di luar ruangan atau di lapangan yang menuntut banyak aktivitas fisik.

Ternyata di samping ke nyamanannya, terlalu banyak duduk atau jarang bergerak adalah boomerang yang merugikan kesehatan.Terlalu banyak duduk dan kurang bergerak akan menyebabkan metabolisme di dalam tubuh terganggu sehingga secara otomatis imunitas pun akan menurun.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details