Alasan Mengapa Makan Malam Harus Dikurangi

Alasan Mengapa Makan Malam Harus Dikurangi

Alasan Mengapa Makan Malam Harus Dikurangi – Pernahkah anda mendengar pepatah lama yang mengatakan,“sarapanlah seperti seorang raja, makan sianglah seperti seorang pangeran,dan makan malamlah seperti orang miskin.”Kalimat ini bukan hanya sekedar nasehat, melainkan memang sebuah aturan untuk menjaga agar berat badan tetap stabil.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2013 lalu yang diterbitkan dalam sebuah jurnal dengan nama “Obesitas,” dijelaskan bahwa apa yang kita lalui dalam 1hari memainkan peranan sangat penting dalam penggunaan kalori sehingga setiap orang tidak akan memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Mereka yang mengkonsumsi makanan utama saat sarapan dan memilih makan siang dengan cerdas dan makan malam yang lebih ringan, memiliki kesempatan lebih besar menjaga berat badan dalam kondisi stabil atau menurunkan berat badan dibandingkan dengan mereka yang sarapan dalam jumlah sedikit, makan siang dalam jumlah banyak, begitu juga pada saat malam. Apabila seseorang secara teratur mengkonsumsi kalori dalam jumlah besar setiap sebelum tidur, dampaknya akan sangat buruk bagi pencernaan.

 Alasan Mengapa Makan Malam Harus Dikurangi

Alasan Makan Malam Harus Dikurangi

Karena adanya dampak yang tidak baik tersebut, maka dianjurkan untuk mengurangi jumlah makan malam, atau pilihlah makanan yang tepat sehingga beberapa dampak berikut ini tidak akan terjadi.

 

1.        Menyebabkan kenaikan berat badan

Mengkonsumsi makan malam yang terlalu banyak mengakibatkan kenaikan berat badan serta membuat sistem pencernaan menjadi overload. Kelemahan lain dari makanan yang berkalori tinggi apabila dikonsumsi malam hari, sangat tidak baik terutama karena kita akan segera beristirahat sepanjang malam.Sehingga,kalori tersebut tidak akan diubah menjadi energi oleh tubuh dan sebaliknya akan disimpan dalam bentuk lemak.

Itulah alasan mengapa makan malam sebaiknya dikurangi jumlah karbohidratnya, dan menambah jumlah sayuran atau buah-buahan saja. Dengan demikian, sistem pencernaan tidak akan terbebani.

 

2.        Mengganggu tidur

Apabila seseorang mengkonsumsi makanan terlalu banyak, biasanya sistem pencernaan akan terganggu sehingga tidur pun akan ikut terganggu. Agar bisa tidur lebih baik dan lebih nyenyak, anda diharuskan makan malam dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hindari makanan berat, makanan pedas dan minuman berkafein.

Beberapa makanan yang dianjurkan pada malam hari diantaranya adalah jagung, kacang-kacangan,susu, makanan makanan yang terbuat dari gandum, dan lain-lain.Karena dapat meningkatkan hormon relaksasi sehingga kualitas tidur pun akan meningkat.

 

3.        Menambah jumlah lemak

Alasan selanjutnya mengapa makan malam harus dikurangi karena apabila kita mengkonsumsi banyak karbohidrat, terutama yang bersumber dari nasi, biasanya tidak banyak diubah menjadi energi karena kita akan segera tidur, atau biasanya pada malam hari kita hanya rileks dan santai tanpa menghabiskan banyak energi.

Makanan tersebut kemudian akan disimpan dalam bentuk lemak.Apabila terakumulasi, maka lambat laun lemak pun akan menumpuk,hingga orang tersebut mengalami obesitas.

Makan malam yang ideal terdiri atas sup, buah-buahan atau salad.

 

4.        Gula darah meningkat

Bagi anda yang kesulitan untuk mengontrol gula darah, mungkin saja hal tersebut menimpa anda akibat kebiasaan makan berlebihan. Untuk bisa mengontrol dan mengoptimalkan gula darah, anda setidaknya harus makan malam yang ringan 1-2 jam sebelum tidur. Manfaatnya adalah untuk mencegah hipoglikemia pada malam hari.

 

5.        Mengganggu fungsi otak dan suasana hati

Makan berlebihan pada malam hari akan menghasilkan efek negatif, diantaranya, dapat mengganggu suasana hati dan mengganggu fungsi otak. Itulah sebabnya mengapa kita dianjurkan untuk makan malam lebih dini, misalnya sebelum maghrib atau setelah maghrib dan bukannya menjelang tidur.

Dengan demikian, makanan yang kita konsumsi akan sempat diserap sebagai energi sehingga tidak akan mengganggu pencernaan. Karena pencernaan yang terganggu akan secara otomatis membuat suasana hati menjadi tidak baik.

 

6.        Menyebabkan masalah gastrointestinal

Apabila anda makan pada larut malam atau atau menjelang tidur, hal tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan yang membuat seseorang merasa kembung. Selain itu, makanan yang dikonsumsi apabila terlalu berat, seperti terlalu banyak nasi dapat menyebabkan heart burn.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details