Amalan Bulan Rajab

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Segala puji bagi Allah Rabb semesta Alam , shalawat dan salam kepada nabi Muhamad shallallahu alaihi wa Salam, keluarga , para sahabat dan para pengikut beliau hingga akhir zaman . Alhamdulillah , bersyukur kepada Allah Ta’ala  karena kita semua  saat ini sudah bertemu dengan bulan rajab , bulan rajab merupakan salah satu dari  empat bulan haram yang paling dimuliakan Allah shubhanahu wa ta’ ala.   Penulis akan membahas apa saja amalan  di bulan rajab. Sebagai berikut.

 

Rajab Salah satu di antara Bulan Haram .   bulan rajab tiba setelah Jumadil akhir dan sebelum bulan Sya’ban.  Di dalam islam  ada empat bulan suci yang paling Allah Ta’ala tentukan. Dari Abu Bakrah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Bersabda, yang artinya:

“ Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak  Allah menciptakan  langit  dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’ dah, Dzulhijjah dan Muharam. ( Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ ban.” ( HR. Bukhari no.3197 dan Muslim no. 1679)

 Jadi empat Bulan Suci yang dimaksud adalah  Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram  dan Rajab.

Perlu kalian ketahui kenapa empat bulan tersebut  bulan haram,  Al Qodhi Abu Ya’la rahimullah  mengatakan  “  Dinamakan bulan haram karena ada dua makna.

  1.       Pada  bulan  ini diharamkan  melakukan pembunuhan . orang-orang Jahiliyyah meyakini juga.
  2.       Pada Bulan ini adanya larangan melakukan  perbuatan haram  lebih ditekankan  dibanding bulan yang lain. Dikarenakan   mulianya bulan tersebut.  Dan sangatlah baik untuk kalian melakukan amalan ketaatan.”

Ibnu ‘Abbas mengatakan ,”  Allah mengkhusus kan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang di lakukan akan  menuai pahala yang lebih banyak.” ( Latho-if Al Ma’arif,207)

Dari  ulasan singkat diatas untuk amalan bulan Rajab tidak ada amalan yang dikhususkan , tetapi Allah akan memberikan pahala yang berlipat bagi umatnya yang menjalankan amalan-amalan ketaatan  di salah satu bulan haram , salah satunya bulan Rajab.

Tetapi jika kalian menjalankan perbuatan yang di larang oleh  perintah Allah subhanahu wa ta’ala , maka dosa Nya akan di lipat gandakan juga.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!