Amalan Di Malam Lailatul Qadar

Amalan Di Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang istimewa dalam bulan ramadhan. Malam ini menjadi malam yang memiliki banyak keutamaannya, salah satunya adalah malam Turunnya para malaikat. Allah SWT memerintahkan para malaikatnya untuk turun ke bumi dan mendoakan serta memberkati orang-orang yang bertakwa.

Dalam surat Al-Qadr ayat 4, Allah SWT berfirman:

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.”

Menurut Al-Imam Al-Qurthubi, para malaikat turun ke muka bumi untuk mengaminkan doa-doa setiap muslim yang dilafalkan pada malam itu sampai terbitnya fajar.

 

Amalan Di Malam Lailatul Qadar

Dengan keutamaan yang dimiliki oleh malam Lailatul Qadar maka tidak heran jika pada malam tersebut, umat Muslim berlomba lomba untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka dengan mengamalkan berbagaimacam bentuk ibadah. Adapun beberapa amalan yang dapat dilaksanakan pada malam tersebut antara lain seperti.

 

1. Meningkatkan Intensitas Ibadah 10 Malam Terakhir Ramadhan dengan Ibadah

Sebagai malam yang istimewa dibandingkan dengan seribu bulan, maka tidak heran jika pada malam Lailatul Qadar umat Muslim senantiasa meningkatkan kualitas ibadah mereka sepanjang ramadhan yang terutama pada sepuluh hari akhir di bulan Ramadhan sebagaimana yang dipraktekkan Rasulullah SAW.

Hal ini dikemukakan hadits riwayat Muslim. “Dari Aswad dari Aisyah ra ia berkata bahwa Nabi saw meningkatkan amal-ibadah pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan melebihi di waktu yang lain,” (HR Muslim).

 

2. Menunaikan Sholat Malam

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901).

 

3. Perbanyak Doa

Perbanyak doa di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk meningkatkan peluang mendapatkan kemuliaan malam lailatul qadar. Rasulullah SAW memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam itu.

Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?” beliau menjawab: “Ucapkanlah; ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ANNA” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)

 

4. Itikaf

Itikaf sebagai cara mendapatkan malam Lailatul Qadar saat bulan Ramadhan dijelaskan dalam hadis berikut: “Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).

 

5. Membaca Alquran

Rasulullah Saw. bersabda, “Bacalah oleh kalian Al-Qur’an. Karena sesungguhnya Al-Qur’an itu akan datang menghampiri kalian di hari kiamat sebagai syafaat.” (HR Muslim).

 

6. Perbanyak Zikir

Bahkan dalam sebuah hadis disebutkan bahwa orang yang tidak berzikir kepada Allah SWT seperti ia tidak hidup. “Perumpamaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dengan orang yang tidak berzikir kepada Tuhannya adalah seperti orang yang hidup dengan orang yang mati.” (HR. al-Bukhari).

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details